Minggu, 09 September 2018

Penyebab Motor Mogok dan Cara Mengatasinya


1. Cek 4 Hal Penyebab Motor Mogok Tiba-Tiba




Liputan6.com, Cibinong - Salah satu yang dikhawatirkan para pengendara sepeda motor yaitu mogok. Tentu saja, mogok secara tiba-tiba tanpa sebab akan menjengkelkan terlebih tidak tahu apa sumber masalahnya.
Namun menurut Kepala Bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, jika sepeda motor Anda mogok, maka hal yang paling penting adalah tak perlu panik.

“Biasanya ada empat hal yang perlu dilakukan pengecekan. Pertama, cek bagian bahan bakar. Sebab, orang kerap panik, padahal setelah dicek bahan bakar habis atau kosong. Itu karena jarum di odometer mati,” ucap Herman kepada Liputan6.com di bengkel AHASS Daya Motor Cibinong di Jl Raya Bogor, Nanggewer, Cibinong, Senin (18/9/2017).
Pengecekan kedua, kata Herman, bisa dilihat dari jalur suplai bahan bakar. Sebab, tidak menutup kemungkinan aliran bahan bakar bisa tersumbat, apakah karena kualitas bahan bakar atau kotoran dari karat.
Ketiga cek bagian kabel busi. Kabel busi berfungsi menghantarkan aliran listrik dari koil ke busi agar diubah menjadi bunga api oleh busi. Kabel busi yang baik tentu akan mengeluarkan listirk.

Yang terakhir atau keempat, pengecekan bisa dilakukan pada bagian busi itu sendiri.
Hal yang paling sering terjadi pada bagian busi adalah salah seting bahan bakar. Ini biasanya (terjadi pada motor karburator) terjadi dalam kondisi karburator menjadi banjir yang mengakibatkan ruang mesin terlalu banyak bensin sehingga menjadi lembap dan cepat kotor.
Busi yang kotor dapat mengakibatkan korsleting dan membuatnya cepat mati. Namun tidak menutup kemungkinan, busi menjadi rusak karena pemasangan busi yang kurang tepat ataupun longgar.
“Busi itu standarnya bisa dipakai per 6 ribu kilometer atau delapan bulan. Tetapi busi juga tidak bisa diprediksi, karena ada juga yang baru lima bulan pakai mati,” ujarnya.
Jika Anda orang awam dalam hal otomotif, Herman menyarankan tidak perlu repot gegabah membongkar bagian mesin. Sebab, keempat hal itu kerap menjadi akar masalah sepeda motor mogok tiba-tiba.
“Jika memang semuanya lengkap dan tidak bisa dilakukan perbaikan, ada baiknya langkah terakhir bawa saja ke bengkel terdekat,” tutupnya.

Salah satu penyebab sepeda motor tiba-tiba mogok adalah air merembes di busi. Hal ini karena air merembes ke dalam cangklong busi. Ini juga tanda bahwa cangklong busi motor tidak benar-benar rapat.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi masalah ini. Pada dasarnya caranya adalah dengan memastikan bahwa cangklong busi, atau yang juga disebut "cop", tertutup rapat sehingga tidak memungkinkan air masuk.
"Pilih cop yang karet pelindung body busi dan sambungan ke kabel koilnya tertutup rapat. Ada produk aftermarket-nya, atau bisa juga pakai punya motor lain," ujar Eko Safitrianto, mekanik Clinic Motor, Jakarta Selatan kepada Liputan6.com.
Khusus untuk motor bebek, Eko mengatakan bahwa cop standar bisa diganti dengan punya Yamaha Mio atau Honda Beat. Sebab menurutnya, cop busi dari skutik populer itu cukup baik. Harganya berkisar antara Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu.
Selain mengganti dengan cop lain, cara selanjutnya adalah memodifikasi sedikit cop standar. Untuk memastikan bagian itu kedap air, maka dapat dilakukan dengan cara menutup sambungan antara kabel dan kelapa busi dengan isolasi dan kabel tis (cable ties).
Sambungan inilah yang kerap jadi tempat air merembes. Dengan cara ini, motor tidak mudah mogok meski melintasi banjir sekalipun, apalagi modalnya sama sekali tidak mahal, mungkin tidak lebih dari Rp 10 ribu saja.
"Bisa juga busi standar, diikat sambungannya pakai kabel tis. Itu bikin busi lebih kuat, lebih rapat," tutup Eko.
sumber: https://www.liputan6.com/otomotif/read/3099670/cek-4-hal-penyebab-motor-mogok-tiba-tiba


2. Motor Sering Mogok Mendadak Di Jalan ? Periksa 6 Hal Ini


Motor Sering Mogok Mendadak Di Jalan ? Periksa 6 Hal IniMotor sering mogok di jalan pastilah merupakan pengalaman yang amat tidak menyenangkan. Tidak hanya itu, motor yang mogok mendadak bisa membahayakan keselamatan anda sebagai pengemudi dan sesama pengguna jalan. Namun untuk mengatasi motor yang mogok secara mendadak pada saat berkendara, kerap menjadikan sebagian orang kebingungan dimana masih banyak orang yang kurang mengetahui tentang penyebab yang bisa menjadikan motor sampai bisa mogok mendadak.
Di artikel ini kami ingin memberikan beberapa alasan paling umum mengapa motor anda bisa sering mati mendadak di jalan. Ketahuilah bahwa artikel ini tidak berlaku apabila motor anda mati total (dalam arti tidak bisa distarter lagi). Apabila motor anda mati total maka anda perlu membawanya ke AHASS (bengkel resmi motor Honda) karena kemungkinan ada problem lebih rumit yang harus dibereskan.
Berikut adalah 6 penyebab motor sering mogok mendadak dan cara mengatasinya yang perlu anda ketahui apabila motor anda mogok di jalan.

1. Penggunaan Bahan Bakar Beroktan Rendah

Pemilihan jenis bahan bakar berpengaruh besar pada proses pembakaran setiap motor. Pemakaian oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas menyumbat klep sehingga motor mendadak mati. Seperti premium yang memiliki harga yang murah padahal kadar oktannya 88 yang termasuk kategori oktan rendah.
Pilihan Bahan Bakar
Pilihan Bahan Bakar

Cara Mengatasi

Pilihlah bahan bakar dengan kadar oktan tinggi diatas 92 seperti Pertamax. Dengan tingkat oktan yang tinggi proses pembakaran lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan juga kecil.
Untuk lebih tepatnya, pilihlah bahan bakar yang ideal untuk motor Honda anda.

2. Filter Udara Yang Kotor

Fungsi filter udara adalah untuk menyaring agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel partikel kotoran dan debu agar campuran udara dan BBM lebih sempurna. Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan motor akan mendadak mati atau mogok. Filter udara menjadi kotor dapat disebabkan karena usia pemakaian yang sudah lama.
Filter Udara Honda Scoopy FI
Filter Udara Honda Scoopy FI

Cara Mengatasi

Pastikan anda sering cek kondisi saringan udara. Motor Matic Honda sekarang sudah menggunakan filter udara jenis basah dimana filter udara ini tidak bisa dibersihkan dan harus langsung diganti. Sisi positifnya adalah filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering yang harus dibersihkan secara berkala.

3. Setelan Klep Tidak Tepat

Penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi terlampau kurang. “Kerenggangan klep ini sangat penting, maka dari itu setiap motor diberikan rentang ukuran yang sudah di standarkan sesuai spesifikasi mesin.
Klep Honda Vario 125 FI
Klep Honda Vario 125 FI

Cara Mengatasi

Ketidak cocokan setingan klep in dan ex bisa memperpendek masa pakai dari komponen tersebut. Selain ikuti celah standar pabrikan, penyetelan harus dilakukan ketika mesin dingin. Segera bawa motor anda ke bengkel terpercaya untuk diseting sesuai standar motor karena satuan yang digunakan adalah milimeter. contoh standar klep MegaPro adalah 0,10 (in) dan 0,10 (ex).
Untuk mengetahui jarak renggang standar klep bisa dilihat di halaman Tabel Jarak Renggang Klep Motor Honda Yang Ideal

4. Mesin Terlalu Panas atau Overheat

Penyebab overheat pada motor adalah sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antra piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet padaliner boring.
Piston Honda Vario 125 FI
Piston Honda Vario 125 FI

Cara Mengatasi

Tunggu mesin sampai benar-benar dingin. Setelah itu, lepaskan busi kemudian masukkan oli yang baru melalui lubang busi. Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat. Setelah mesin dingin dan oli telah dimasukkan, nyalakan motor menggunakan starter elektrik.

5. Komponen Pengapian Mati

Salah satu penyebab sepeda motor mendadak mati adalah hilangnya pengapian. Percikan api dalam pengapian ini berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Di ruang pembakaran inilah motor bisa memperoleh daya gerak. Jika api hilang maka akan berdampak tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari penyebab hilangnya api harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor, mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan lainnya.

Cara Mengatasi

Harus dilakukan pengecekan satu per satu mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan bagian lain motor untuk memastikan komponen pengapian mana yang mati.
    • Busi
      Lepas dan dekatkan busi pada blok mesin, kemudian tekan tombol starter. Jika busi memercikan api dengan warna biru, artinya busi sehat. Jika percikan apinya merah, ganti dengan busi baru sesuai spesifikasi motor.
      Busi Rusak
      Busi Rusak
    • Koil
      Tempelkan kabel koil ke badan mesin lalu starter mesin, bila terdapat percikan api jangan terburu-buru menyimpulkan koil masih bagus. Cek ulang dengan memasang busi, bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil tidak berfungsi optimal. Karena fungsi koil untuk memperbesar arus listrik kalau ternyata arus di busi tidak ada maka komponen itu tidak berfungsi lagi. Alangkah lebih baik bawa ke bengkel terdekat supaya bisa dicek dengan multitester.
      Koil Honda Vario 125 FI
      Koil Honda Vario 125 FI
    • CDI
      Komponen ini adalah otaknya sistem pengapian. Sama halnya dengan koil, CDI bawaan sepeda motor jarang rusak kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket. Jika pakai CDI aftermarket, ganti dulu dengan CDI standar. Jika mesin hidup, masalah ada pada CDI aftermarket Anda.
      CDI Honda BeaT
      CDI Honda BeaT

6. Tutup Tangki Tersumbat

Pada tutup tangki terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilator  atau pernafasan. Apabila lubang kecil tersebut tersumbat akan berakibat hilangnya sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak turun atau tidak mengalir.
Tutup Tangki Honda Vario 125
Tutup Tangki Honda Vario 125

Cara Mengatasi

Pastikan lubang ventilator tutup tangki bersih dan tidak tersumbat. Gunakan udara bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.

Penutup

6 Hal diatas adalah hal paling umum yang menyebabkan motor anda sering mogok di jalan. Ingat bahwa artikel ini tidak berlaku apabila motor anda mati total dalam arti tidak bisa distarter lagi.
Dari penyebab diatas, apabila motor anda yang mogok masih tidak dapat diperbaiki, sebaiknya bawa motor anda ke bengkel resmi terdekat agar dapat dicek secara langsung oleh mekanik. Semoga membantu.
sumber: https://www.hondacengkareng.com/faq/motor-sering-mogok-mendadak-di-jalan/

3. New Megapro Mendadak Mogok

New Megapro anda suka mati mendadak ?
              Gambar diatas saya coret-coret buat referensi cutting stiker

  Ternyata penyakit NMP yang satu ini sudah menjadi bawaan motor ini dari pabriknya. Yaitu penyakit Mogok/mbrebet/ngempos. Istilah tersebut pastinya sudah familiar dikalangan para biker NMP. Karena penyakit ini menjadi penyakit NMP yang sangat mengganggu . Tetapi jangan khawatir karena penyakit ini sudah tidak mengganggu lagi pada New Megapro terbaru sehingga anda bisa menikmati tenaga dari NMP ini yang mak nyus hehe. Tak lepas dari nilai pasti sebuah prosuk ada kelebihan dan kekurangan. Kali ini saya mengupas tentang kekurangan NMP yaitu penyebab Ngempos NMP.
  Saya yang juga selaku pengguna NMP telah beberapa kali mengalami hal tersebut, maka tibalah hari dimana NMP ku kubawa ke ASTRA (induk) disana kualitas pelayanannya memang jauh berbeda dari Ahass karena secara gitu tempatnya yang luas serta pusatnya gitu loh. Oke langsung saja setelah tiba di Astra kira2 pukul 08:30 saya langsung parkir dan mendaftar. Saya memperoleh no urut 38 itu bukan no urut yang sedikit karena saat mendaftar mereka bilang selesainya siang mas, Benar saja motor saya baru diservice sekitar pukul 12:00 siang. Rasa lama menunggu sebenarnya tidak terasa karena pelayanan dan juga ruang tunggu yang saya rasakan sangat bagus.
  Saat motor saya diservice salah seorang mekanik memanggil saya dia berkata bahwa karet Vakum NMP saya sudah aus dan harus diganti dengan karet vakum yang baru seharga Rp 203Rb. Setelah beberapa saat melakukan perbincangan dapat disimpulkan bahwa biang Mbrebet/mogok/ngempos itu berasal dari karet vakum NMP yang sudah Aus. Sebenarnya sih memang kualitas karet vakum NMp bawaan yang kualitasnya jelek. jadi saya putuskan deh untuk mengganti alias beli karena recomended dari mekanik disana juga buat keamanan dijalan.....
ini dia penampakan, biang masalah NMP


materi referensi :
http://skullsmokers.wordpress.com/
sumber: http://randi-31.blogspot.com/2013/04/new-megapro-mendadak-mogok.html
 
 

1 komentar:

  1. motor mio ku sering mati mendadak di jalan. klau sudah mati susah buat di nyalain

    Jasa Sewa Gudang Jakarta

    BalasHapus