Senin, 10 September 2018

Cara Mengatasi Tarikan Honda Vario Berat atau Letoy

Honda Vario 125 Masih Letoy Setelah Oversize Mesin

Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Hallo detikOto, saya mau bertanya soal motor Honda Vario Techno 125 milik saya. Beberapa hari yang lalu saya melakukan oversize motor ke bengkel AHASS di kota saya.

Yang ingi saya tanyakan kenapa setelah di-oversize 0,25 kok tarikan motor masih berat/letoy (tidak ada perubahan dengan tarikan motor). Pesan dari bengkel sih 1 minggu setelah pemakaian, disuruh balik lagi ke bengkel untuk pengecekan.

Sekarang belum 1 minggu, jadi belum saya bawa ke bengkel. Apakah ada masukan atau solusi untuk saya? Terima kasih.
Desiderius Paskalis

Jawaban:

Hallo juga Desiderius dan salam detikOto.

Menanggapi pertanyaan Anda, tidak ada perubahan setelah motor di-oversize, hal ini kadang terjadi kalau pada saat proses pengerjaan hanya melakukan penggantian piston dan ring saja tanpa melakukan pembersihan pada bagian intake dan exhaustnya.

Hal-hal yang perlu dilakukan juga saat melakukan oversize menurut saya adalah melakukan skir valve dan membersihkan kerak-kerak yang menempel di lubang intake dan exhaust. Hal ini bertujuan agar flow aliran bahan bakar dan udara lebih lancar sehingga terjadi pembakaran yang sempurna di dalam ruang silinder.

Namun perlu diketahui juga bahwa melakukan oversize 0,25 sebenarnya tidak banyak menambah tenaga pada motor. Kalau dirasakan secara feeling mungkin tidak begitu terasa banyak perubahannya, kecuali kalau dilakukan dynotest mungkin akan kelihatan peningkatan nol koma sekian persen saja.

Mengenai saran 1 minggu setelah pemakaian ke bengkel, saya setuju karena bertujuan untuk mengecek kondisi oli mesin setelah pembongkaran mesin dan juga mengecek sirkulasi pelumasan apakah berjalan dengan lancar atau tidak, karena biasanya setelah mesin dibongkar akan ada kotoran-kotoran bekas proses bongkar mesin sebelumnya, jadi sebaiknya datang lagi ke bengkel tempat anda melakukan bongkar mesin tadi.

Demikian tanggapan dari saya semoga bermanfaat.

Andriyanto, Bintang Motor. (ddn/ddn)
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-4120707/honda-vario-125-masih-letoy-setelah-oversize-mesin
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar