Jumat, 14 September 2018

Cara Mengatasi Lampu Sein Motor Tidak Berkedip


1. Memperbaiki Lampu Sein Menyala Tapi Tidak Berkedip

Lampu sein tidak berkedip

Lampu sein tidak berkedipMasalah lampu sein bisa menyala akan tapi tidak berkedip mungkin pernah dialami oleh beberapa pemilik motor yang mengira ada kerusakan pada bagian rangkaian elektronikanya.
Meskipun kadang seringkali diacuhkan, namun keberadaan lampu sein ini sangat berarti agar bisa memberikan tanda atau isyarat kepada pengendara lain tentang arah yang akan kita tuju.

Mengatasi masalah lampu sein tidak mau berkedip

Bagaimana cara memperbaiki lampu sein yang tidak bisa berkedip biasanya bersumber dari 2 persoalan yaitu:
[checklist]
  • Salah satu bohlam putus
  • Memeriksa Flasher

Salah satu bohlam pada sein ada yang putus adalah (mati) merupakan gejala paling mudah diketahui apabila sein tiba tiba tidak berfungsi dengan normal alias tidak berkedip.
Hal ini juga akan di tandai oleh panel indicator sein yang ada di dashboard tidak berkedip seperti biasanya.

Memeriksa flasher

Jika sudah dipastikan semua lampu sein (ke empatnya) dapat menyala terang, namun tetap saja belum menunjukkan bisa berkedip maka ada kemungkinan persoalan timbul dari perangkat flasher.
Pertama periksa soket soket yang menancap jangan sampai ada yang terlepas ataupun koneksinya terhambat akibat kerak dan kotoran.
Jika masih dalam kondisi normal, flasher ini akan mengeluarkan suara ketika switch sein posisi on.
Apabila sudah tidak ada tanda tanda suara dari platina flasher (switch elektromagnetik) maka dapat dipastikan komponen ini rusak. Jika kebetulan ada motor yang sejenis milik sodara atau teman, bisa dicoba dulu untuk memastikan bagaimana reaksinya.
Harga unit flasher tergolong murah yaitu kisaran antara Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribu dan banyak tersedia di toko onderdil sepeda motor.
sumber: https://maticmotor.com/lampu-sein-menyala-tidak-berkedip/

2. Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

Pada sistem kelistrikan yang terdapat pada motor, termasuk lampu sein, merupakan salah satu bagian yang tentunya berfungsi sangat penting untuk menunjang keselamatan pengendara. Apabila lampu sein mengalami gangguan, maka bukan hanya pemilik motor yang disalahkan, tapi juga pengendara dibelakangnya bisa dibuat bingung. Maka dari itu, kali ini kami akan menjelaskan penyebab lampu sein motor tidak berkedip yang pastinya banyak dialami oleh Sobat Motor Balap.

Apabila lampu sein tidak berkedip, maka resikonya sangat berbahaya karena pengendara bisa mengalami kecelakaan atau tabrakan dari belakang maupun depan. Ada kalanya juga lampu sein menyala tapi tidak berkedip yang disebabkan oleh flasher rusak.
Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena lampu sein yang seharusnya berkedip, terdapat masalah yang timbul sehingga kedipan pada lampu sein bisa berubah, contohnya cahaya bohlam hanya diam, lambat, tempo kedipannya terlalu cepat, bahkan bisa mati total ketika saklar sein diaktifkan.
Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip
Apabila lampu sein mengalami hal tersebut, maka sebaiknya di cek darimana penyebabnya. Biasanya hal seperti ini disebabkan dari flasher sein. Namun bisa juga dari faktor lainnya seperti listrik kuran atau beban arus kebesaran. Dari semua itu, paling mudah diliat dari kedipannya.


Contohnya, jika kedipan lampu sein temponya lebih cepat dari biasanya, maka penyebab bisa disebabkan oleh arus yang kebesaran, seperti halnya pada ukuran bohlam sein lebih besar dari ukuran standar.
Dengan hal seperti itu, pastinya akan membuat kinerja flasher didalamnya yang didukung oleh kumparan magnet, turut bergerak cepat pada saat menerima beban arus yang berlebihan, dan mengalirkannya ke bohlam sein. Sebaliknya, jika kedipan lampu sein bekerja cukup lambat dari biasanya, maka hal ini disebabkan oleh arus dari aki berkurang atau massa bohhlam lampu tidak bagus.
Untuk memastikannya, Anda bisa mencoba pengecekan ampere aki, apakah listriknya tidak soak, serta apakah kebel massa pada bohlam lampu sein benar-benar telah terpasang dengan benar atau tidak. Selain itu, ada pula gejala yang ditimbulkan apabila flasher telah mengalami kerusakan fatal sehingga lampu sein tidak mau berkedip sama sekali ataupun mati total.
Komponen flasher ini didukung oleh gulungan kawat kumparan pada bagian dalam alat. Apabila alat ini mengalami konslet, dan konsletnya ini dalam posisi terhubung, maka kondisi listrik bisa tetap mengalir atau tidak sama sekali. Maka dari itu, lampu sein bisa saja menyala terang atau malah bisa mati total.
Cara lain untuk memastikan apakah kabel kelistrikan pada lampu sein tidak putus atau hanya sakelar dalam kondisi yang baik, karena arus positif aki digunakan sebagai pembangkit daya lampu sein yang tergantung pada saklar setelah dikirim oleh flasher maka terminal kabel pada flasher juga jangan sampai terbalik agar lampu sein bisa berkedip.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat, terima kasih sudah mengunjugi artikel ini.
sumber: http://motorbalap.id/penyebab-lampu-sein-motor-tidak-berkedip/

3. Lampu Sein Menyala Tapi Tidak Berkedip

Memang terlihat sepele, akan tetapi keberadaan lampu sein sangat penting dalam hal keselamatan berkendara. Saat akan motor ingin berbelok ke kiri atau ke kanan, lampu sein akan memberikan sinyal ke pengendara lainnya mau ke arah mana kita belok sehingga bisa berhati-hati dalam mengerem. Namun, ada kalanya lampu sein tidak bisa bekerja dengan normal, salah satunya adalah lampu sein menyala tapi tidak berkedip. Bagaimana hal itu terjadi?

Jika Anda telah mengetahui tentang cara mudah membuat lampu sein dan lampu senja berkedip, mungkin Anda belum tahu mengenai lampu sein yang ternyata tak bisa berkedip padahal lampunya sudah menyala. Jika sudah begini, maka pasti ada yang tidak beres pada sistem kelistrikan motor Anda. Ada salah satu bagian yang perlu segera diperbaiki.
Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip
Jangan sampai membuat pengendara di depan atau di belakang Anda kebingungan lantaran lampu sein tidak berkedip. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui setidaknya dua penyebab kenapa bisa hal itu terjadi yaitu salah satu bohlam putus dan memeriksa Flasher.
Jika salah satu bohlam pada lampu sein ada yang putus, maka gejala yang paling mudah dikenali ialah cahaya sein tidak berfungsi dengan normal, alias tidak bisa berkedip. Hal ini juga ditandai oleh panel indikator sein yang ada di dekat speedometer tidak berkedip seperti biasanya.

Memeriksa Flasher
Jika sudah dipastikan semua lampu sein mampu menyala terang, tapi tetap saja belum menunjukkan adanya kedipan, maka kemungkinan masalah timbul dari perangkat flasher. Cara memeriksanya yaitu periksa soket-soket yang menancap. Jangan sampai ada yang terlepas atau koneksinya terhambat karena kerak dan kotoran.
Apabila flasher masih dalam kondisi normal, maka flasher ini akan mengeluarkan suara saat switch sein posisi ON. Jika sudah tidak ada tanda suara dari platina flasher, maka bisa disimpulkan bahwa komponen tersebut sudah rusak. Maka dari itu, Anda perlu menggantinya. Flasher juga mudah dibeli di toko-toko onderdil motor dengan kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribuan.
Berikut ini cara memperbaiki lampu sein yang tidak berkedip akibat flasher rusak:
· Pertama, Anda perlu menyiapkan perlengkapan seperti obeng untuk membuka body motor supaya mudah menemukan flasher.
· Setelah membuka body motor, maka Anda bisa melihat letak flasher yang biasanya terdapat di sebelah kiri.
· Ketika menemukan flasher, buka dan periksa soket penghubung arusnya. Mungkin aliran arus ini mengalami gangguan seperti kabel pada soket terputus. Jika iya, maka Anda dapat langsung mengganti flasher tersebut.
· Lepaskan flasher lama dari dudukannya dan gantilah dengan flasher yang baru.
· Kemudian, Anda bisa mengetes flasher tersebut dengan cara menyalakan mesin motor dan menekan tombol sein.
sumber: http://motorbalap.id/lampu-sein-menyala-tapi-tidak-berkedip/
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar