Minggu, 09 September 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Mendadak Mati

1. Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Matic Mendadak Mati
otoplanet – Banyak yang mengeluhkan motor matic kesayang tiba-tiba mati, padahal sebelumnya tidak ada gejala apapun. Hal ini bisa saja terjadi jika sobat jarang menservice kendaraan nya. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Matic Mendadak Mati. Banyak faktor terjadinya motor matic tiba-tiba mati namun sobat tidak perlu khawatir sebab semuanya bisa diatasi dengan mudah.
Biasanya hal yang umum terjadi diakibatkan karena kondisi busi sudah tidak layak digunakan namun bisa juga karena banyak kotoran sisa-sisa pembakaran yang menempel pada sektor kepala busi sehingga arus listrik menjadi tidak stabil atau tertahan. Untuk antisipasinya, sobat bisa membersihkanya namun jika percikan bunga api keluar dari samping sebaiknya sobat mengganti dengan yang baru.
Namun jika kondisi busi baik-baik saja berarti ada hal lain yang mengakibatkan motor matic mendadak mati. Sobat bisa mengecek bagian karburator, coba sobat bersihkan dahulu karburatornya namun jika sudah dibersihkan motor tidak juga mau hidup berarti vacum di dalam karburator sudah rusak atau sobek. Karena jika itu terjadi bahan bakar tidak akan stabil masuk keruang pembakaran sehingga motor tidak mau hidup atau mendadak mati.
Faktor lainya juga bisa diakibatkan CDI sudah lemah atau mendekati kematian, namun jika kendala CDI mau mati biasanya bila kondisi mesin motor panas dia akan mendadak mati namun jika di dinginkan beberapa saat motor akan kembali hidup. Untuk mengeceknya sobat bisa mengetes CDInya dengan meminjam CDI punya teman untuk menghindari salah beli ditakutakn bukan CDI nya yang rusak. Karena biasanya spul mati atau lemah gejalanya akan sama seperti CDI mau mati.
Yang terakhir, hal ini banyak sekali di eluhkan pengguna motor matic, hal ini diakibatkan dari penumpukan sisa-sisa pembakaran atau kerak motor yang berada di ruang pembakaran. Kerak tadi menghalangi atau mengganjal klep sehingga kompresi menjadi bocor. Jika sobat mengalami hal ini, sobat tidak perlu panik dan hal pertama yang harus dilakukan adalah buka dulu businya lalu sobat bisa memasukan sedikit demi sedikit oli mesin ke dalam lubang busi lalu coba selah selah sambil di tutup lubang businya. Jika kompresi motor masih ngelos sobat bisa mengulang kembali hal tadi. Untuk memasukan oli kedalam lubang busi bisa menggunakan sedotan.
Biasanya bila kompresi sudah ada motor akan kembali hidup seperti sedia kala namun untuk menjaga hal itu kembali terjadi sobat bisa mebersihkan head dan wajib skir ulang klep motornya. Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Matic Mendadak Mati yang bisa penulis sampaikan.

sumber: https://www.otoplanet.com/penyebab-dan-cara-mengatasi-mesin-motor-matic-mendadak-mati/


2. Trik Mengatasi Ketika Mesin Honda Vario Tiba-tiba Mati

Foto: dok detikOto Foto: dok detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, saya Arhy dari Makassar dan salah satu pecinta Honda Vario karena kebandelannya di segala medan. Cuma tiba-tiba Vario yang saya gunakan tiba-tiba mati dan tidak bisa nyala.

Saat diengkol maupun di double starter enggak nyala. Saya pikir aki yang bermasalah tapi setelah saya ganti dengan aki baru ternyata masih tetap tidak nyala, lampu indikator engine normal cuma sekali berkedip saat posisi on.

Terima kasih atas jawabannya:

Arhy

Jawaban
Menjawab konsultasi Anda, sebelum ke penyebab mesin mati pastikan kondisi aki baik dengan cara saat kunci kontak ON, lampu2 indikator speedometer menyala normal dan jarum bergerak normal.

Jika ada problem di sistem injeksi pasti akan ada kedipan di lampu MIL yg ada di speedometer. Dan kedipannya bukan hanya sekali namun beberapa kedipan.

Kedipan itu menandakan ada bagian di komponen injeksi yang problem, mungkin ada sambungan kabel yang putus, biasanya karena dimakan tikus.

Kalau tidak ada kedipan yang aneh, namun motor masih belum bisa menyala, pastikan bahan bakar / bensin terisi secukupnya.

Jika di stater engga mau menyala coba diengkol sambil dirasakan apakah saat di engkol terasa ringan atau berat, hal ini berguna untuk merasakan tekanan kompresi di dalam mesin. Kalau terasa ringan, ada kemungkinan kompresi lemah, jika terasa berat, berarti kompresi normal, kemudian lakukan pengecekan busi sekaligus percikan api businya.

Perhatikan kondisi businya kalo terlihat basah atau hitam, ini kemungkinan penyebab mesin mati, cukup bersihkan busi tersebut dengan di lap kain kering saja lalu coba tes api busi dengan menempelkan busi pada blok mesin atas dan menyalakannya dengan stater kalau keluar api busi berarti kondisi busi baik. Sebelum memasang kembali, gunakan lap kering tadi untuk menutup lubang busi lalu mesin diengkol 3 – 5 kali untuk membuang kotoran / karbon basah yang ada di dalam blok silinder, selanjutnya pasang kembali businya dan coba kembali nyalakan mesinnya. Jrengg… pasti hidup lagi.

Jika kondisinya demikian, kemungkinan penyebab dari masalah ini adalah karena pembakaran yang tidak sempurna sehingga busi menjadi lebih basah dan akibatnya api busi sulit menyala, ini biasanya dikarenakan pemakaian bahan bakar yang kurang baik / terkontaminasi. Atau bisa juga karena filter udara yang sudah tidak bagus / kotor sehingga menyebabkan gas yang masuk ke ruang bakar tidak bagus.

Demikian jawaban dari kami, semoga bisa membantu masalah yang mas bro Arhy alami. Terimakasih

Salam
Andriyanto – Bintang Motor
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-3411166/trik-mengatasi-ketika-mesin-honda-vario-tiba-tiba-mati

 

3. Motor matic mati mendadak, ini cara mengatasi tanpa harus ke bengkel

ilustrasi motor mogok. © Otosia.com
Merdeka.com - Pernahkah Anda mengalami hal ini? Saat berkendara dengan motor matic kesayangan kemudian tanpa sebab yang jelas tunggangan kesayangan Anda mati. Jangan panik!
Sebenarnya ada tiga hal yang menyebabkan mengapa motor matic mati mendadak. Yang pertama adalah kelistrikan, bahan bakar habis, dan kompresi yang mengalami kebocoran.
Namun dari kebanyakan kasus, kompresi yang bocor menjadi hal yang paling sering dialami. Lantas bagaimana mengatasi motor matic yang tiba-tiba mati mendadak?
Hal pertama, Anda jangan terlalu panik dan segera tepikan motor matic ke pinggir jalan kemudian standar tengah. Matikan mesin sebentar, kemudian pastikan tidak ada masalah dengan sistem injeksinya. Caranya adalah dengan menempatkan stop kontak motor dalam kondisi "on". Coba dengarkan bunyi "ngiiing" pada sistem injeksi di bagian samping kiri jok dengan baik.
Jika Anda masih mendengar bunyi mendengung, berarti tidak ada masalah dengan sistem injeksinya. Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan menarik gas secara penuh beberapa saat. Jangan dilepas. Kemudian coba starter motor dengan kombinasi antara kick starter dan electric starter secara bergantian.
Lakukan beberapa kali hingga motor kesayangan Anda kembali menyala seperti sedia kala. Semoga tips ini bermanfaat.
sumber: https://www.merdeka.com/otomotif/motor-matic-mati-mendadak-ini-cara-mengatasi-tanpa-harus-ke-bengkel.html

4. Penyebab Motor Vixion Mati Mendadak

Seperti yang sudah diketahui, motor Yamaha Vixion yang sudah dibekali mesin dengan tipe sohc berkapasitas silinder 150 cc ini memang cukup banyak penggemarnya di Tanah Air. Bahkan hampir di setiap kota, sudah memiliki beberapa komunitas Vixion yang tersebar di beberapa kota besar maupun pinggiran. Namun kita tidak akan tentang komunitas Vixion, melainkan permasalahan yang sering terjadi pada motor ini yaitu mati mendadak. Kira-kira apa saja penyebab motor Vixion mati mendadak tersebut?

Pada kesempatan sebelumnya, kami telah memberitahukan berbagai informasi seputar Motor Vixion, seperti cara membersihkan saringan udara yang bisa Anda jadikan sebagai patokan saat ingin membersihkan komponen filter udara tersebut. Tapi kali ini, kita akan membahas kenapa motor Vixion sering mati mendadak dan setelah itu sangat sulit di starter.
Penyebab Motor Vixion Mati Mendadak
1. Aki Soak atau Rusak
Aki soak bisa menjadi salah satu penyebab dari motor Vixion yang tidak mau menyala setelah mati mendadak. Dari beberapa referensi dari beberapa pengguna motor Yamaha Vixion, jika aki sudah soak, maka Anda harus menggantinya dengan aki yang baru. Untuk mengetahui kalau aki motor sudah soak atau belum, Anda bisa langsung memeriksanya dengan menggunakan multitester atau Anda bisa bertanya dengan ahlinya.

2. Spul Motor Rusak
Bagi Anda yang belum tahu, spul memiliki dua fungsi yaitu untuk mengatur bagian kelistrikan, terutama untuk bagian lampu yang menempel pada seluruh bagian body motor. Hal ini dikarenakan spul berfungsi untuk mengaliri arus listrik dari aki ke seluruh lampu motor. Kedua, spul mempunyai fungsi di bagian pengapian yaitu untuk menguatkan arus listrik yang akan diperlukan agar ruang pembakaran bisa bergerak. Jadi, jika spul rusak, maka Anda bisa datang ke dealer resmi untuk melakukan service pergantian spul.
3. Sekring Mati atau Putus
Jika motor Vixion Anda mati mendadak dan tidak bisa hidup lagi setelah itu, maka bisa jadi penyebabnya ialah sekring putus. Cara mengatasinya yaitu Anda perlu mengganti sekring yang baru agar motor bisa menyala lagi.
4. Kehabisan Oli Mesin
Pengaruh terbesar kenapa motor Vixion bisa mati mendadak dan tak dapat distarter ialah karena kehabisan oli mesinnya yang membuat motor menjadi overheat, sehingga mengakibatkan mesin motor brebet. Jangankan untuk distarter, ditekan engkolnya saja, mesin tidak akan berputar. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati karena jika oli mesin habis, maka motor bisa mati mendadak dan butuh biaya banyak untuk mengatasinya.
5. Selang Saluran Bensin Tersumbat
Kemungkinan lain yang menjadi penyebab motor Vixion mati mendadak yaitu selang saluran bensinnya tersumbat. Untuk melakukan pemeriksaan, Anda bisa mengecek selang saluran bensin dari tangki motor menuju ke karburator atau injeksi. Usahakan perjalanan minyak bensin tetap lancar karena jika tersumbat, laju motor bisa brebet dan akhirnya mati total.
sumber: http://motorbalap.id/penyebab-motor-vixion-mati-mendadak/


5. Obat Yamaha Mio Mati Mendadak, Panjangin Kabel 5 cm!


OTOMOTIFNET - Awalnya mesin kayak mau mati. Namun setelah lewat gundukan atau polisi tidur yang ke sekian kali, mesin mati beneran. Benar-benar menyebalkan," keluh Abi Hermansyah, warga Tanah Abang, Jakpus terhadap Yamaha Mio keluaran 2007 miliknya.

Kendala yang terjadi pada tunggangannya, dikeluhkan Abi ke Iswadi, pemilik sekaligus mekanik bengkel umum Brother Midnight. Setelah dilakukan general check-up selama 1 jam, si empunya bengkel dapat kesimpulan.

"Kabel pengapiannya ada yang putus. Tepatnya kabel positif warna oranye dari CDI menuju koil (gbr.1). CDI enggak ada masalah, indikasinya saat kabel warna cokelat pada perangkat tersebut dicolok dengan tespen (gbr.2), lampu tespen menyala," kata pria yang buka praktek di Jl. KH. Mas Mansyur No. 55, Tanah Abang, Jakpus.

Bila dirunut, fisik kabel yang pendek jadi pemicu putusnya aliran listrik dari CDI. Hal tersebut disebabkan saat melewati polisi tidur, mesin Mio bergerak naik turun. Pergerakan tersebut membuat kabel ikutan tertarik.

"Secara berkala plus kabel yang kurang panjang, pergerakan mesin tersebut membuat aliran listrik tersendat dan ujung-ujungnya malah enggak ada listrik sama sekali yang mengalir alias koit," terang Iswadi.

Gbr 1


Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Bila dilihat secara kasatmata, memang kabel tersebut masih utuh. Namun bila dicek secara saksama, kendalanya akan terlihat. Miomania mau tahu cara pengecekan dan solusinya? Gampang dan bisa dilakukan sendiri kok.

Pengecekan paling awal dengan memeriksa letikan kabel busi. Caranya kabel busi didekatkan ground sambil distarter (gbr.3). "Bila ada masalah pada kondisi kabel, maka letikan api yang keluar tidak stabil. Kadang ada, kadang mati," ungkap pria akrab disapa Adi.

Oke sudah tahu penyebab mesin Mio tiba-tiba mati, sekarang tinggal solusinya. Pertama-tama potong kabel CDI yang putus, sambung dengan kabel baru. "Cukup 5 cm saja (gbr.4). Langkah ini bertujuan agar gerak kabel positif koil lebih leluasa dan tidak ketarik-tarik oleh mesin saat lewat polisi tidur," imbuh pria ramah ini.

Kelar kabel disambung, coba hidupkan mesin dan jajal Mio melibas gundukan atau polisi tidur berulang-ulang. Sekarang pastinya, suplai listrik enggak tersendat lagi. Jangan lupa, kelar sambung-menyambung, rakit kembali semua peranti yang telah dibongkar
sumber: https://otomotifnet.gridoto.com/read/02158754/obat-yamaha-mio-mati-mendadak-panjangin-kabel-5-cm?page=all#!%2F

6. Satria FU Mati Mendadak
Pernah ngalamin gak bro? Satria FU bermasalah mati mati mendadak. Masalah Satria FU mati mendadak ini gejalanya kayak motor telat bensin. Padahal bensin full, karburator juga baru diservis. Busi baru ganti. Anehhh. Nahh ternyata penyebabnya gak selalu masalah gede bro sis. Bisa jadi soal sepele tuh. 
Masalah Satria FU jalannya stop and go, mati idup mati idup ini bukan stop and go yang gaya balap yaa. Tapi masalah bensin macet ngalir ke karbu di Suzuki Satria FU 150. Mesin start, terus mendadak mati setelah jalan beberapa meter. Berulang terus sampai akhirnya tidak sampai tujuan. Masalahnya sederhana, tapi kalau kejadiannya begini berlangsung lama, tetap aja bikin capek hati.
Sepintas, problemnya ada di karburator. Tapi bukan itu sebenarnya yang terjadi! Persoalan muncul karena karet di tutup tangki Satria F-150 melar. Karena melar, celah udara di pinggir lubang tangki tertutup. Akibatya terjadi kevakuman di dalam tangki. “Dampaknya bensin ogah turun atau telat ke karburator,” bilang Yong Setiady, pemilik bengkel Yonk’s Motor di Jl. Kenari, Bandung.
Solusi buat kondisi mendesak bisa dilakoni lewat cara melubangi tutup tangki. Lubangi pakai mata bor 3 mm (gbr. 1). Posisinya nggak jauh dengan posisi celah udara di pinggir lubang tangki. “Masalahnya cuma di karet yang gampang melar. Diganti pun enggak bisa karna menempel di tutup tangki,” ulas Yong. 
Cara lain yang seandainya masih banyak waktu bisa mengganti tutup tangki. Pakai punya Suzuki Smash atau Shogun 125 (gbr. 2). Harga Rp 15.000. “Tinggal pasang. Saya sudah ganti tutup tangki lebih dari dua unit Satria F-150. Kejadiannya sama persis,” timpal Hasan Basri, pemilik dan mekanik bengkel Hasan Motor, Kelapa Dua Raya, Jakarta Barat.


Nah itu tadi kemungkinan solusi masalah satria fu mati mendadak. Hal sepele tapi kadang kelupaan gak dicheck bro sis. Sebelum buang duit ke bengkel, lebih baik dicheck dulu tips diatas.
Sumber: motorplus
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar