Senin, 10 September 2018

Cara Mengatasi Keluhan dan Kerusakan Honda Beat

1. Perawatan CVT Honda BeAT

Perawatan CVT Honda BeAT Foto: Pool/AHM Perawatan CVT Honda BeAT Foto: Pool/AHM
Jakarta - Hallo detikOto, saya memiliki masalah pada motor Honda BeAT PGM FI saya. Kenapa saat motor berada pada rpm sedang sampai tinggi ada bunyi dan ada getaran yang tidak enak?

Terima kasih
Fatur Arafat
Jakarta

Jawaban:




Selamat pagi, menjawab konsultasi dari Bapak Fatur, mengenai keluhan pada CVT yang terasa bergetar dan bunyi kemungkinan berasal dari area CVT, ada beberapa yg perlu dicek untuk memastikannya, diantaranya:

- Kondisi V-belt dan roller kemungkinan kotor atau aus
- Kondisi kanvas kopling sentrifugal mungkin sudah mengalami keausan
- Kondisi rumah roller dan pully kemungkinan aus / kotor




Hal ini bisa dilakukan pengecekan sendiri atau langsung datang ke bengkel resmi terdekat supaya mendapatkan solusi perbaikan yang tepat.

Sebagai info saya berikan tips perawatan CVT biar enak dipakai:

- Pemeriksaan dan pembersihan CVT sebaiknya di lakukan setiap 8.000 km

- Penggantian roller saran terbaik maksimal pada 16.000 km

- Penggantian V-belt disarankan maksimal pada km 24.000

- Untuk penggantian kanvas kopling sentrifugal bisa di ihat kondisinya dimana tebal kanvas minimal 2 mm. Sedangkan untuk penggantian rumah roller dan pully juga dilihat kondisinya jika sudah aus baru di lakukan penggantian.

Untuk proses pengecekan dan pengerjaan kami sarankan silahkan ke AHASS terdekat kepercayaan Anda.Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Salam
Andriyanto & Team AHASS Bintang Motor (lth/ddn)
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-3999085/perawatan-cvt-honda-beat




2. Masalah Honda Beat Bergetar Dan Kurang Tenaga

Persoalan pada motor matic Honda beat yang mengalami masalah bergetar dan tenaga kurang optimal alias ngempos kerap kali menjadi keluhan para pengguna kendaraan skutik yang terbilang murah meriah ini.
Jika dibandingkan dengan sodaranya yaitu Honda Vario, maka sesungguhnya hanya berbeda pada kapasitas cylinder mesin saja yang mana untuk mencapai power maksimum memang Vario dikatakan lebih agresif dan lebih stabil dari pada Honda Beat.

Mengatasi Motor Matic Honda Beat Bergetar

Masalah-Honda-Beat-BergetarGetaran pada Honda beat lebih sering muncul ketika motor mulai dipacu pada kecepatan sedang hingga menuju top speed. Dalam kondisi motor masih standart alisat tidak atau belum pernah di oprek, Honda beat memang terasa kurang tenaga. Simak juga tentang Kelemahan Honda Vario.
Dengan kapasitas silinder yang kecil dimana saat ini sudah jamannya motor kapasitas 125 cc keatas, sedangkan beban yang diusung Honda beat juga hampir setara dengan Vario  termasuk ukuran ban serta berat kendaraan, maka sudah tidak dapat dipungkiri kalau handling skutik yang satu ini akan kedodoran.
Belum lagi jika usia pakai motor sudah memasuki tahun ke 3, maka beberapa komponen yang sering terabaikan seperti van belt, roller serta part pendukung lainnya tidak pernah mendapatkan perhatian, jangan heran kalau Honda beat terasa semakin seperti mesin vibro.
Meminimalisir terjadinya getaran dan kurangnya tenaga pada Honda beat bisa dilakukan dengan menjaga kinerja komponen mesin selalu dalam kondisi prima dan service rutin sesuai dengan standart Honda. Jangan pernah memaksakan akselerasi pada tarikan gas mendadak karena dengan kapasitas mesin yang kecil tidak akan seimbang terhadap beban motornya.
sumber: https://maticmotor.com/honda-beat-bergetar-kurang-tenaga/

3. Honda BeAT Mati Mendadak Ketika Gas Ditutup


Saya mau tanya kenapa sepeda Honda BeAT tahun 2014 pas perjalanan kalau gasnya habis terkadang mati sendiri dan starter-nya harus maksa nggak bisa langsung saya minta solusinya. Terima Kasih
Liputan6.com, Jakarta - Dear Mas Sahlan,
Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan Honda Beat mati mendadak, ketika dikendarai pada saat gas ditutup :
  1. Cek kondisi langsam ( putaran stasioner )kemungkinan tidak standar (di bawah standar) standar RPM untuk SMH Beat 1.700 +/- 100 RPM. 
  2. Cek kondisi busi, baik kerenggangan busi (0.8 – 0.9 mm) maupun lama pemakaian busi (ganti busi setiap 8.000 km).
  3. Cek kerenggangan klep (kemungkinan jarak renggang klep terlalu rapat) standar celah klep beat 0.14 mm +/- 0.02 mm.
  4. Cek saringan udara (kemungkinan saringan udara mampet akibat kotor).
  5. Cek Tekanan kompresi ada kemungkinan terjadi kebocoran kompresi yang disebabkan karena adanya timbunan kerak yang berlebih di area ruang bakar yang bisa disebabkan oleh pemakaian bahan bakar dengan kualitas rendah.
  6. Cek tutup tangki bensin apakah lubang ventilator/pernapasan mampet atau tidak karena jika tersumbat akan berakibat hilang nya sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak akan mengalir.
  7. Mesin terlalu panas/over heat yang di sebabkan karena sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat sehingga ring piston menjadi kering dan mengakibatkan motor mati mendadak.
Demikian infomasi dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terima kasih.


Salam
Venus Adha
sumber: https://www.liputan6.com/otomotif/read/2598356/solusi-otomotif-honda-beat-mati-mendadak-ketika-gas-ditutup

4. Tips Service Honda Beat Injeksi

Saat ini, motor injeksi semakin banyak peminat dan terus semakin bertambah di setiap tahunnya. Banyak orang yang mendambakan motor injeksi karena keunggulan utamanya yaitu irit, dan salah satu motor injeksi yang paling sering digunakan adalah Honda Beat. Bagi Anda yang memiliki kendaraan Honda Beat injeksi mungkin mengetahui bahwa perawatan motor dengan sistem injeksi lebih mudah jika dibandingkan dengan motor yang masih mengusung sistem karburator. Karena motor yang menggunakan karburator harus membersihkan karburator tersebut setiap beberapa bulan sekali.

Berbeda pula dengan motor injeksi, jenis motor ini hanya dilakukan perawatan rutin biasa seperti membersihkan atau mengganti saringan udara, mengganti oli, dan perawatan lainnya. Bagi Anda yang memang hobi membongkar pasang atau mengotak-atik motor injeksi Anda, pastinya tidak kesulitan lagi bagaimana cara servis motor injeksi sendiri tanpa harus membawanya pergi ke bengkel agar lebih hemat biaya.
Meskipun demikian, servis injektor pada motor Beat injeksi sangat perlu dilakukan karena untuk melihat kualitas dan kebersihan bahan bakar yang dijual saat ini bagus atau tidak. Hal tersebut disebabkan kebanyakan bensin yang dijual masih bercampur dengan kotoran, walau sedikit, tapi terkadang tetap membuat sistem kerja injeksi mengalami kendala terutama bagian injektornya.
Pabrikan besar seperti Honda pun sering mengatakan hal yang sama yakni jika motor sering menggunakan bahan bakar dengan kualitas jelek, maka secara otomatis, komponen injeksi rentan terdapat kerak sehingga mengakibatkan kualitas semprotan bensin jadi tidak bagus. (Baca juga: Cara Memperbaiki Motor injeksi yang Kehabisan Bensin)


Kemudian, jika diberikan terus-menerus, maka akan semakin menurunkan performa mesin. Oleh sebab itu sangat disarankan supaya selalu dibersihkan komponen secara berkala, baik itu servis motor injeksi di bengkel umum atau di bengkel resmi.
Untuk produk Honda, biasanya kerak akan muncul karena di akibatkan oleh hasil pembakaran sehingga tidak perlu membersihkan injektornya secara rutin, kecuali jika motor tersebut sering digunakan cukup lama. Bahkan, motor yang jarang digunakan pun juga dapat mengakibatkan dampak timbulnya kerak pada injektor. Hal ini dikarenakan sisa bahan bakar di tangki sudah lama tidak dipakai jalan, sehingga menempel pada saluran bahan bakar dan berubah karatan.
Hal ini dibuktikan sendiri dari pengakuan Honda yang sudah cukup banyak menyervis Beat injeksi. Mereka juga telah cukup lama memasarkan motor injeksi tersebut dibandingkan merk lainnya. Oleh sebab itu, umumnya motor injeksi Honda mendapatkan garansi pada sistem injeksinya selama 5 tahun pemakaian dan jarak tempuh paling jauh 50 ribu km. Jika injektornya bermasalah atau rusak, dapat ditangani dan diganti langsung selama dalam garansi motor masih berlaku.
Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki motor Beat, pastikan motor selalu dalam keadaan baik dan lakukanlah servis rutin supaya lajunya tetap awet dan prima tanpa ada kendala sedikitpun.
sumber: http://motorbalap.id/tips-service-honda-beat-injeksi/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar