Minggu, 23 September 2018

Cara Mengganti Bohlam Motor yang Rusak

Cara Mudah Mengganti Bohlam Vixion Advance Yang Rusak

Setiap motor pasti ada saja gangguan atau masalah yang menghampiri, baik itu motor gigi, motor matic, hingga moge alias motor gede. Berbagai masalah itu pun bisa berasal dari komponen bagian dalam hingga bagian terluar seperti lampu utama yang berguna menerangi jalan saat motor melintas di malam hari. Salah satu motor yang sering mengalami masalah lampu mati atau rusak adalah pada Yamaha Vixion Advance. Motor ini kerap terjadi trouble pada sistem penerangannya dimana bohlam lampu utama mati.

Ketika Anda ditemui oleh kasus seperti di atas, pastinya merasa kesal, takut, dan jengkel apalagi saat Anda mengendarai motor di malam hari dan ditambah oleh keadaan jalan yang sepi. Bahkan, jika bohlam lampu utama yang mati juga sering mempengaruhi lampu jauh atau high beam menjadi ikutan mati. Jika sudah begitu, tidak ada pilihan lagi bahwa Anda harus mengganti bohlam Yamaha New Vixion. (Baca juga: Tips Membersihkan Injektor Vixion Sendiri)
Cara mengetahui bohlam motor yang mati atau hidup yaitu dengan melihat langsung filamen atau bunga bohlam yang terdapat di dalam kaca lampu. Pada bohlam yang mati, jarak bagian filamen dan lampu sendiri sudah dekat karena telah putus, sedangkan filamen lampu dekat dan filamen lampu jauh masih terhubung dengan baik sehingga artinya bohlam masih normal atau hidup.

Jika bohlam lampu utama Yamaha Vixion Advance Anda benar-benar mati, maka Anda dapat membeli 1 bohlam original tipe motor tersebut yaitu Osram model H4 yang harganya hanya Rp 40 ribuan. Pada kemasan bohlam, terdapat kode 1PA yang mana itu maksudnya kode produksi Yamaha New Vixion Lightning dengan suku cadangnya commant part dengan Yamaha NVA (2PV).
Berikut ini cara mengganti bohlam Yamaha Vixion Advanced yang rusak:
· Persiapkan alat dan bahan yakni obeng plus (+) dan 1 buah bohlam original NVA tipe H4 berkode 1PA.
· Bukalah baut pada headlamp Yamaha New Vixion Advance dengan cara melepaskan keempat baut dengan obeng plus. Terdapat 2 buah baut yang berada di bagian bawah dan dua baut lagi di atas dekat dengan housing lampu sein.
· Setelah baut sudah terlepas semua, tariklah ke depan secara perlahan-lahan headlamp-nya agar terbuka.
· Kemudian, perhatikanlah dengan benar dimana lampu bohlam akan dipasang. Diproses ini juga Anda dapat langsung melepaskan bohlam yang mati dengan cara mencabut konektor kemudian melepas karet pelindung headlamp.
· Lepaskan bohlam yang mati itu dengan perlahan dan hati-hati kemudian masukkan bohlam yang baru ke dalam rumah lampu. Lalu kunci lagi.
· Lalu, pasanglah karet pelindung dan konektor lampu.
· Coba Anda cek apakah bohlam sudah nyala atau belum dengan cara memegang headlamp terlebih dahulu pakai tangan kiri kemudian tangan kanan Anda memutar kunci kontak ke posisi ON.
· Jika sudah menyala, pasang kembali headlamp ke komponen penyangganya dan pasang lagi keempat baut yang dilepas tadi.
· Selesai. Bersihkan jika ada kotoran bekas perbaikan.
sumber: http://motorbalap.id/cara-mudah-mengganti-bohlam-vixion-advance-yang-rusak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar