Minggu, 23 September 2018

Oli yang Bagus untuk Honda Beat

Oli Yang Bagus Untuk Motor Matic Honda Beat

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, oli atau pelumas mesin mempunyai fungsi untuk memperhalus gesekan antar komponen di dalamnya sehingga membuat mesin lebih mudah dalam mencapai suhu ideal. Selain itu, oli juga berguna sebagai fluida yang dapat memindahkan panas ruang pembakaran ke bagian lain mesin yang bersuhu lebih dingin.

Saat ini, peningkatan pengguna motor matic semakin besar sehingga menandai jika motor jenis ini semakin menarik simpati pengendara motor di Indonesia. Maka dari itu, para produsen pun berlomba-lomba memproduksi motor matic dengan berbagai jenis dan tipe untuk memenuhi permintaan masyarakat Tanah Air. Salah satu motor matic yang ramai wara-wiri di jalanan adalah Honda Beat.
Baca juga: Cara Membedakan Oli Motor Asli atau Palsu.
Karena semakin banyaknya motor Honda Beat yang beredar, maka semakin banyak pula penyedia spare part motor dan berbagai perlengkapan perawatannya termasuk oli. Ternyata, tidak semua jenis dan merk oli dapat digunakan untuk Honda Beat. Ada beberapa jenis oli yang memang diperuntukkan oleh motor matic ini. Jika sampai salah pilih, maka performa laju motor pun dapat berkurang.
Namun, sebelum membahas tentang oli, ada baiknya kita simak dulu spesifikasi mesin pada Honda Beat. Kenapa? Karena untuk membantu kita dalam mengetahui kebutuhan jenis oli pada mesin pasti berdasarkan spesifikasinya terlebih dahulu supaya oli yang digunakan nantinya sesuai dengan spesifikasi yang diusung pada motor.
Loading...
Berikut ini spesifikasi mesin Honda Beat:

Tipe mesin 4 Langkah SOHC
Sistem pendinginanPendinginan udara, eSP
Diameter x langkah50 x 55,1 mm
Volume langkah108,2 cm3
Perbandingan kompresi9,5 : 1
Daya maksimum6,38 kw (8,68 ps / 7.500 rpm
Torsi maksimum9,01 N.m (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm
KoplingOtomatis, sentrifugal, tipe kering
StarterACG starter, pedal dan elektrik
BusiNGK MR9C-9N / DENSO U27EPR-N9
Sistem bahan bakarInjeksi (PGM-FI)
TransmisiFull transisterized, Baterai
Sistem pengapianInjeksi (PGM-FI)
Pada tabel di atas, Anda sudah tahu jika kopling pada motor Beat ialah tipe kopling basah dan merupakan motor matic. Maka dari itu, oli motor matic yang bagus untuk Honda Beat yang dilihat dari spesifikasi mesin di atas adalah SPX2 dan MPX2. Memang pilihan oli ada dua, namun pasti Anda bingung bukan, apa bedanya antara SPX dan MPX?

Yang menjadi perbedaan utamanya adalah bahan dari oli itu sendiri. Jika SPX2 adalah Fully Synthetic, sedangkan oli MPX2 tidak terbuat dari bahan itu, meskipun keduanya diperuntukkan untuk motor matic.
Jika motor Anda Honda Beat keluaran terbaru, contohnya tahun 2015-2017, maka oli yang berbahan dasar fully synthetic-lah yang paling bagus untuk digunakan. Namun jika motor Honda Beat Anda keluaran lama, misalnya tahun 2008, maka oli yang cocok adalah MPX2. Ada pula oli yang cocok untuk Honda Beat keluaran tahun 2013-an yaitu Shell Advance AX7 Scooter 10W-40, Repsol Moto 4T 10W30 Matic, Repsol Moto 4T Smart 20W40 Matic, dan Pertamina Enduro Matic 10W30.
sumber: http://motorbalap.id/oli-yang-bagus-untuk-motor-matic-honda-beat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar