Cara Menaikan Performa Mesin Satria Fu 150 Tanpa Bore Up

Bagi anak muda, kecepatan yang dimiliki Satria FU ini masih dirasa kurang greget padahal kalau dipikir tenaga yang dihasilkan sudah sangat mumpuni apalgi cuma digunakan untuk harian. Perlu sobat pahami, meningkatan performa motor tidak selalu harus bore up atau hal extrime lainya. Memang sih hal itu sangat menunjang sekali supaya cc motor bertambah.
Namun bore up motor memiliki resiko yang sangat fatal kecuali hanya untuk digunakan buat balap mungkin tidak masalah. Namun jika digunakan harian lama kelaman mesin motor semakin lemah dan ujung-ujungnya motor minta jajan. Tapi tenang saja sob, menaikan performa motor tanpa bore up bukan hal yang mustahil loh malahan jika bosan sobat bisa menggantinya dengan orginalnya.
Lalu apa sih parts yang mampu meningkatkan performa Satria FU 150…? tenang-tenang….yang pasti biayanya tidak mahal dan pastinya tidak merusak mesin sobat sehingga sangat aman untuk digunakan harian. Ok deh bro…cekibrot dibawah ini ya….
Cara Menaikan Performa Mesin Satria Fu 150 Tanpa Bore Up
1. KNALPOT FREEFLOW

Mengganti knalpot standar dengan knalpot racing ternyata mampu mendongkrak performa motor loh sob. Walau tidak terlalu signifikan namun jika dibarengi dengan settingan yang pas, penulis jamin tenaga motor lebih mantap daripada standarnya. Untuk harga knalpot Satria Fu memang cukup menguras kantong namun jika tidak memiliki dana lebih sobat bisa membeli knalpot handmade. Knalpot handmade sangat bagus ko asal dibuatkan denga orang ahlinya.
2. CDI RACING UNLIMITER

Sebagaian orang mengganti CDI biasa dengan CDI racing supaya motor menjadi tidak ada limiter alias plong, padahal pungsi limter pada sebuah motor sangat penting loh. Bayangkan jika motor tanpa limiter, sobat memang asik menarik gas sampai pool namun jika terlalu extrime yang ada motor bisa rontok. Untuk itu sobat mesti perhitungkan kembali untung ruginy menggunakan CDI racing.
Namun seiring perkembangan jaman, CDI pun semakin canggih. Bagai mana tidak sekarang CDI Racing bisa diatur maksimal Limter yang diinginkan. Lihat saja di dunia balapan, baik grasstrack atau roadrace. Semuanya menggunakan limiter namun settinganya di sesuaikan dengan kemampuna mesin. Jadi intinya motor kencang namun tetap aman dan saran penulis beli lah CDI racing yang bisa diatur tingkat limiter yang diinginkan. Walau lebih mahal namun lebih aman.
3. Karburator Skep / Konvensional

Karbu vakum Fu memang cukup mumpuni dibanding karburator ‘bebek’ pada umumnya, namun rasanya masih kurang nampol mengeluarkan potensi mesin 150cc FU yang sesungguhnya. Lihat saja CBR150 lama, karbu standar nya sudah ukuran 28 walau sama – sama vakum (klepnya juga lebih gede sih ). Jadi memang rasanya tak berlebihan kalo fu rider aplikasi karbu 28 di FU nya. Berasa banget bedanya.
Selain Keihin PE28 thailand, penulis juga pernah menggunakan karburator PWK 28 dan Sudco. Hasilnya bikin tangan gemeteran, pokonya nampol abis deh. Untuk urusan bahan bakar kayaknya tidak terlalu boros loh. Kalau menurut penulis sebelas duabelas lah sama karburator bawaan motor. Namun untuk menyeting karburatornya serahkan ke yang ahli ya sob agar hasilnya lebih maksimal.
Dengan pengalaman mengunakan knalpot racing / freeflow, CDI racing dan karburator skep akhirnya motor Satria penulis mampu bersaing dengan motor 225cc. Apalagi jika ketemu motor 150cc DOHC standar kayaknya hal yang mudah untuk menaklukanya dijalanan.
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-menaikan-performa-mesin-satria-fu-150-tanpa-bore-up/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar