Minggu, 09 September 2018

Cara Mengatasi Suara Knalpot Nembak

Tips dan Cara Mengatasi Suara Knalpot Racing Nembak Karburator

1. Karburator
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sektor karburator, ada baiknya sobat menyeting ulang bagian pilotjet dan mainjet sehingga bahan bakar yang keluar mampu menyuplai ruang bakar. Karena biasanya, knalpot racing nembak-nembak diakibatkan terlalu miskin bahan bakar.
2. Paking Knalpot
Ini juga hal yang wajib diperhatikan sebelum memasang knalpot racing, sebab bila paking knalpot racing sudah tipis atau jelek, kemungkinan knalpotnya akan mengalami kebocoran. hal yang dirasakan jika knalot bocor biasanya tenaga motor menjadi tidak stabil dan sudah dipastikan motor keluar bunyi nembak-nembak. Untuk itu sobat bisa membeli paking baru. Penulis sendiri menyarankan menggunakan paking dari bahan kuningan.
3. Busi 
Busi juga mempengaruhi terjadinya suara motor nembak-nembak, hal ini bisa terjadi karena diakibatkan busi yang sudah tidak maksimal atau sudah memiliki usia. Bisa juga banyak sekali kotoran menepel dikepala busi sehingga percikan busi menjadi terhambat. Sobat bisa membersihkanya dulu setelah itu coba pasang kembali, namun bila masih terdengar suara nembak berarti businya wajib diganti.
4. Menutup Lubang Ais / Air Induction System
Bila hal diatas belum manjur juga, sobat bisa mencoba menutup lubang ais. Lubang ais berfungsi untuk mengalirkan udara segar ke lubang buang sehingga motor menjadi ramah lingkungan. Di motor matic penulis sendiri sangat tokcer dengan menutup lubang ais. Penulis sendiri menutupnya menggunakan busi bekas.
5. Baud Knalpot
Baud knalpot juga wajib sobat perhatikan, biasanya lama kelaman baut akan mengendur akibat guncangan motor. Jangan sampai hal ini terjadi sebab bisa merusak dudukan baud ke blok mesin
6. Filter Udara
Filter udara memiliki masa pakai, apalagi filter motor matic tidak bisa dibersihkan sebab berbahan kertas. Minimal 6000km sobat wajib untuk menggantinya. Karena bila filter udara kotor besar kemungkinan motor akan mengalami hambatan sehigga berujung suaranya menjadi nembak-nembak.
Masalah knalpot nembak mungkin tidak bermasalah namun bagi sebagian orang hal ini sangatlah menggangu. Tips dan Cara Mengatasi Suara Knalpot Racing Nembak mudah-mudahan bermanfaat buat sobat semuanya.
sumber: https://www.otoplanet.com/tips-dan-cara-mengatasi-suara-knalpot-matic-nembak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar