Minggu, 23 September 2018

Cara Memasang Lampu HID Pada Motor Beat

Cara Memasang Lampu HID Pada Motor Beat

Lampu merupakan modal utama berkendara di malam hari, karena jika tidak ada lampu maka pasti kesulitan membawa motor atau mobil ditengah jalanan yang gelap gulita. Apalagi untuk kendaraan roda dua, sangat diwajibkan untuk menyalakan lampu di malam hari demi keselamatan diri Anda sendiri.

Namun, semakin berkembangnya teknologi, semakin maju pula perkembangan di sektor penerangan kendaraan. Bukan hanya roda empat saja, melainkan motor pun sudah banyak sekali inovasi- inovasi baru. Sebut saja lampu LED Projie yang sudah kami posting beberapa hari lalu mengenai cara pasang kabel projie LED di motor. Sekarang bukan lampu Projie saja yang banyak dipasang oleh pengendara roda dua, namun juga lampu HID atau High Intensity Discharge juga sudah banyak dipasang oleh motor-motor di Indonesia.
Lampu HID memang sedang booming di dunia modifikasi motor. Banyak sekali pengguna motor yang menggunakannya, baik motor sport hingga motor matic. Lampu ini mempunyai tingkat penerangan yang dapat bersinar layaknya disiang hari dengan bersumber dari satu titik cahaya saja yang kemudian menyebar ke segala arah. Tetapi, jika pemasangannya kurang maksimal, lampu HID dapat berakibat menyilaukan mata pengendara lain saat berpapasan.
Kelebihan dari lampu HID sendiri ialah lampu ini mempunyai kualitas yang sangat baik, sehingga cocok digunakan dalam waktu yang lama. Kemudian, tidak menimbulkan panas yang berlebihan sehingga tidak akan merusak reflektor motor. Namun kekurangannya sendiri ialah lampu HID dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, serta tidak memancarkan cahaya yang terlalu terang jika hujan deras.

Apabila Anda ingin memasang lampu HID dan ternyata motor Anda hanyalah motor matic, contohnya motor Beat injeksi PGM-Fi, Anda tidak perlu khawatir karena pemasangan lampu HID pada motor Beat tersebut tidak memerlukan perubahan pada Spull, Kiprok Tiger dan Accu dari motor itu sendiri.
Namun Anda pula Beat injeksi yang harus diubah sistem kelistrikannya menjadi fullwave. Perubahan sistem ini harus hati-hati karena berkaitan erat dengan ECU dan ECM. Apalagi jalur output spull dari Beat FI hanya satu, berbeda dengan motor lain yang memiliki dua output yaitu charging dan lighting.
Langkah pertama, untuk pemasangan HID pengambilan arus haruslah langsung ke accu/aki tidak seperti lampu ori standar yang masih mengikuti putaran mesin. HID ada bermacam-macam, mulai dari satuan kelvinnya. Kebanyakan para pengendara motor memakai HID 6000K (H4) warna putih. Masalah aki, cukup pakai yang standar saja alias tidak perlu diganti.
Selanjutnya pasang lampu HID langsung dari aki, merah ke (+), hitam ke (-) ground. Jangan lupa memasang agar aki tidak boros. Kemudian cabut kiprok yang semula untuk cas aki dan pengisian lampu standar. Lalu, lepaskan kabel warna kuning dari kiprok. Setelah proses tersebut, jangan lupa membungkus kabel dengan isolasi. Selesai.
sumber: http://motorbalap.id/cara-memasang-lampu-hid-pada-motor-beat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar