Minggu, 09 September 2018

Penyebab dan Tanda-Tanda Motor Harus Turun Mesin

Tanda-Tanda dan Penyebab Motor Harus Turun Mesin

otoplanet- Mencegan daripada mengobati itu mugkin kata yang pantas dari artikel yang penulis buat kali ini. Karena sudah jelas lebih mahal dan bisa jadi tidak sesempurna dan tidak sebaik sebelum rusak atau sakit setelah diobati. Sebanyak apapun harta yang dimiliki atau sehebat apapun pangkat atau jabatan sobat bila kondisi bandan tidak sehat tentunya tidak bisa dinikmati. Nah samahalnya dengan kendaraan yang kita gunakan sehari-hari, bila tidak dijaga dan tidak dirawat dengan baik pastinya akan rusak dan tentunya memerulkan biaya yang sangat besar. Baca ya artikel tentang Tanda-Tanda dan Penyebab Motor Harus Turun Mesin.
Kendaraan roda dua dibagi menjadi dua model yaitu 4-tak dan 2-tak, tipe yang penulis sebutkan memiliki kelebihan masing-masing. Namun sayang kendaraan dengan tipe 2-tak sudah tidak di produksi lagi karena terkait emisi gas buang yang tidak ramah lingkungan. Sangat disayangkan banget ya padahal motor 2 langkah ini memiliki tenaga yang sangat mumpuni.
Lanjut sesuai subject atau judul diatas, banyak sekali faktor terjadinya kerusakan atau penyebab terjadinya motor harus turun mesin. Namun kebanyakan yang penulis lihat penyebabnya diakibatkan kelalaian penggunanya. Bila sudah rusak sudah bisa dipastikan motor wajib di service besar atau turun mesin. Penulis sendiri sudah merangkum penyebab motor harus turun mesin dibawah ini….
20160227_120120
Tanda-Tanda dan Penyebab Motor Harus Turun Mesin

Penyebab Motor Harus Turun Mesin

  • Telat ganti oli atau kehabisan oli mesin – Ini yang sering terjadi dikalangan pengguna kendaraan roda dua, kebanyakan orang selalu menyepelekan untuk mengganti oli padahal  oli sangat berguna sekali untuk melumasi parts-parts dalam mesin.
  • Tidak pernah Service besar – Ini salah satu penyebabnya yang sering terjadi, karena kendaraan diwajibkan service besar minimal setahun sekali untuk membersihkan kerak-kerak yang menumpuk dipembakaran dan untuk mengecek kondisi parts di dalam mesin, baik ring seher, klep dll.
  • Cara menggunakan motor – Faktor yang satu ini biasanya sering juga terjadi, biasanya anak-anak muda jaman sekarang yang sering mengalaminya, menggunakan motor seenaknya aja geber-geber tidak menggunakan aturan sehingga parts mesin cepet aus atau lemah walau motor di desain semaksimal mungkin.
  • Tune up mesin – Hayo siapa yang pernah tune up mesin atau bore up mesin? ini juga faktor atau penyebab motor cepat sekali turun mesin. Alasanya sederhana banget, motor dipaksa di naikan kecepatan atau cc nya sehingga parts-parts di dalam mesin bekerja extra sehingga menyebabkan mesin cepet rusak atau cepet menurun kualitanya.
  • Air Radiator – Untuk yang menggunakan atau memakai raditor pada motor nya, sering sekali tidak pernah mengontrol kondisi cairan pendinginnya, padahal ini sangat berguna untuk menjaga mesin tetap dingin. Namun jika air radiator habis mesin menjadi panas dan terjadi operheat dan pastinya seher bisa ngunci atau ngejim.
Nah itu sedikit penyebab harus turun mesin, lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu tanda-tanda motor harus turun mesin. Baca samapai selesai ya sob….hehe
sumber: https://www.otoplanet.com/gejala-motor-harus-turun-mesin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar