Minggu, 23 September 2018

Cara Membersihkan Injektor Motor

1. Cara Mudah Membersihkan Injektor Motor

Di zaman yang semakin modern ini, hampir semua produsen otomotif sudah tidak lagi meluncurkan kendaraan yang masih menggunakan sistem karburator, melainkan sistem full injection. Namun, pada motor yang menggunakan sistem injeksi sering mengalami masalah yang umum, contohnya performa motor mulai menurun yang disebabkan oleh kotornya pada bagian injektor.

Di setiap motor injeksi, pasti ada bagian injektor yang mempunyai peranan dan fungsi sangat penting. Komponen ini berguna untuk menyemprotkan atau mengabutkan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran. Melihat fungsinya itu, Anda bisa membayangkan jika komponen injektor ini mengalami kerusakan, maka proses pengabutan tersebut bakal terganggu atau tidak maksimal, sehingga performa dan laju motor pun akan menurun.
Apabila injektornya kotor akibat dari konsumsi bensin yang kurang bagus, akan bisa mempengaruhi kualitas semprotan bensinnya. Maka dari itu, beberapa pabrikan motor terus menganjurkan supaya komponen injektor ini selalu dicek dan diservis setiap periode waktu tertentu. (Baca juga: Cara Memperbaiki Motor Injeksi yang Kehabisan Bensin)
Namun, untuk servis injektor tersebut tentunya akan mengeluarkan biaya tambahan di luar servis rutin tiap beberapa bulan sekali. Hal ini dikarenakan prosesnya membutuhkan alat khusus. Contohnya pada bengkel resmi Suzuki, biasanya akan dibanderol seharga Rp 30 ribu sekali service, sedangkan di Yamaha sekitar Rp 50 ribu.


Jika Anda ingin berhemat, mungkin Anda bisa membersihkan injektor sendiri di rumah dengan menggunakan alat bantuan seperti carbon cleaner, infus atau injektor cleaner. Cara-cara pengerjaannya pun cukup mudah dan dapat Anda praktekkan tanpa membutuhkan keahlian khusus. Ada pun cara untuk membersihkan injektor pada motor injeksi adalah:
1. Membersihkan Injektor dengan Carbon Cleaner
Cara pertama yang paling sederhana adalah dengan menggunakan carbon cleaner, contohnya Yamalub carbon cleaner. Anda hanya mencampurkan cairan kimia tersebut dalam tangki bensin motor, maka kotoran yang berada pada injektor akan lama-lama terkikis dan hilang.
2. Membersihkan Injektor dengan Infus
Kini, sudah banyak sekali bengkel motor resmi yang menawarkan pembersihan injektor dengan cara infus. Prosesnya yakni menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar yang kemudian di injek oleh alat khusus seperti infus. Selang tangki bensin di lepaskan, lalu disambungkan dengan tabung yang telah di isi oleh carbon cleaner.
Di dalam tabung itu diberi udara bertekanan dari kompresor untuk memasukkan carbon cleaner ke ruang pembakaran. Setelah itu, mesin motor dihidupkan sambil terus digas-gas. Cara ini dapat Anda lakukan setiap 10.000 km sekali.
3. Membersihkan Injektor dengan Injektor Cleaner
Cara membersihkan injektor satu ini memang cukup rumit dan hanya dapat dilakukan di bengkel motor resmi. Hal ini disebabkan injektor harus dilepaskan dan dimasukkan ke dalam alat injektor cleaner & tester. Setelah dimasukkan, maka Anda akan mengetahui berapa debit dari injektor tersebut. Jika kurang dari standar, kemungkinan bisa disebabkan oleh kotornya injektor.
sumber: http://motorbalap.id/cara-mudah-membersihkan-injektor-motor/


2. Tips Membersihkan injektor Vixion Sendiri

Mungkin sampai sekarang masih banyak pengendara motor yang belum paham mengenai fungsi komponen atau part-part di motor injeksi. Salah satunya yaitu komponen injektor dimotor injeksi. Hal itu tidak heran karena selama ini motor di Indonesia hanya bertipe karburator selama puluhan tahun sehingga komponen itu memang tidak ada. Apalagi saat ini, sudah banyak sekali motor injeksi yang beredar dipasaran Tanah Air, contohnya Yamaha Vixion.

Secara simpelnya, fungsi injektor berguna untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran dengan merubah partikel menjadi kabut. Lubang kecil pada injektor itulah yang berperan dalam mengubah bahan bakar menjadi kabut dengan proses pengkabutan bensin menjadi mudah terbakar sehingga motor pun dapat melaju dengan kencang?
Tetapi, motor dengan sistem injeksi bahan bakar dengan seperangkatnya pasti lama-kelamaan pasti kotor. Kotoran pada throttle body dan injector dapat dirasakan dari putaran mesinnya yang tidak stabil saat perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan oleh butterfly atau skep di dalam throttle body yang terendap dengan penumpukan karbon sehingga tidak dapat ditutup dengan sempurna. (Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Injektor Motor)

Menurut M Abidin, Assistant GM Technical, Yamaha Indonesia menyarankan untuk setiap produk Yamaha yang memiliki sistem injeksi, injektor harus dibersihkan beserta throttle body dilakukan setiap 10 ribu km. Khusus di Yamaha, ada cara khusus yang tentunya disesuaikan dengan kondisi motor dan si pengendara motor. Jika tidak terlalu kotor dan tidak mau repot terlalu lama melakukan pembongkaran injektor, Anda dapat melakukan cara ini.

Cara membersihkan injektor pada Yamaha Vixion tanpa perlu membongkar adalah dengan menggunakan PEA Carbon Cleaner. Cairan ini telah direkomendasikan sendiri oleh Yamaha dengan cara dicampurkan ke dalam tangki bensin. Hal ini diklaim mampu mengurangi kadar karbon dengan mudah dan simpel. Lebih menariknya lagi, perawatan satu ini dapat Anda lakukan setiap 3 ribu km. Tapi, Anda hanya dapat membeli PEA Carbon Cleaner dibengkel resmi Yamaha.
Apakah Anda masih kurang puas? Anda boleh lakukan cara kedua yakni paket service dan pembersihan dengan 3M Throttle Body Cleaner dan Fuel Injection Cleaner. Kalau cara yang ini harus dilakukan dibengkel resmi Yamaha dan dilakukan setiap 10 ribu km. Dalam prosesnya sendiri, throttle body akan dibersihkan dengan cara melepas komponen injektor lalu disemprot 3m Throttle Body Cleaner. Setelah throttle body bersih, tahapan berikutnya adalah membersihkan injektor. Untuk bagian ini, Anda dapat menggunakan 3M FI Cleaner, cairan pembersih pengganti bahan bakar.
Jika Anda ingin melakukan cara tersebut, maka Anda akan membutuhkan tool khusus untuk memasukkan cairan ke throttle body. Special tools ini hampir serupa preasure regulator, namun sudah dirancang khusus untuk motor Yamaha dan cuma dimiliki oleh jaringan bengkel resmi Yamaha.
sumber: http://motorbalap.id/tips-membersihkan-injektor-vixion-sendiri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar