Minggu, 23 September 2018

Cara Mengatasi Motor Matic Brebet Saat Di Gas

Mio Brebet Saat Digas

Bagi Anda yang memiliki motor Mio, mungkin pernah mengalami motor brebet saat digas. Sudah banyak kasus yang melaporkan bahwa pengguna Mio sering mendadak brebet diputaran bawah namun terasa lancar saat diputaran atas. Maksudnya, saat Anda ingin menarik gas perlahan, motor seperti tidak ingin jalan atau menyendat-nyendat, tapi jika gasnya dipenuhkan, maka motor pun terasa lancar. Maka dari itu, motor tidak enak saat dibawa pelan-pelan dan motor juga tidak bisa stasioner.

Bukan hanya Mio saja, melainkan banyak pula pengendara motor yang mengeluhkan tentang masalah motor brebet. Gejala brebet ini sering terjadi pada RPM rendah atau putaran bawah, tengah, atau atas. Kendala ini juga dapat terjadi kapan pun dan dimanapun Anda berada. Apabila, Anda pernah atau bahkan sering mengalami masalah motor brebet ini dan bingung cara mengatasinya, maka kami akan menjelaskan mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.
Penyebab motor Mio atau motor lain brebet saat gas putaran bawah, tengah, hingga atas, biasanya ada sesuatu yang terjadi pada sistem karburator. Contohnya, air radiator yang masuk ke mesin sehingga bisa menyebabkan mesin jadi brebet. Penyebab lainnya bisa saja dari segi busi yang sudah aus, komponen CDI dan Pulser pun bisa mengakibatkan masalah brebet sehingga perlu diperiksa satu per satu.

Namun hal yang paling utama, coba Anda cek komponen busi. Biasanya busi yang sudah aus atau kotor karena penuh lumpur adalah faktor utama motor jadi brebet. Jika iya, Anda dapat membersihkan businya. Kemudian, Anda juga dapat membuang bensin yang terdapat di dalam karburator melalui baut saluran pembuangan. Dengan cara ini, kendala brebet pun dapat langsung hilang saat bensin yang ada dikarburator telah terisi dengan bensin yang baru.

Apabila gejala brebet ini Anda alami ketika di perjalanan, cobalah untuk memainkan gas hingga RPM tinggi. Namun, Anda harus hati-hati karena mengemudikan motor dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan keselamatan Anda.
Lantas bagaimana jika brebet pada motor belum hilang juga? Mungkin Anda dapat mengganti busi motor dengan yang baru. Lalu periksa juga bagian kabel setrum koil. Kemungkinan besar pada socket yang longgar juga sering menjadi masalah motor brebet di putaran atasnya. Namun jika masih saja brebet, cobalah periksa ke bagian CDI atau komponen pengapian lainnya. Anda juga bisa membongkar bagian karburator untuk dibersihkan, mungkin saja spuyer-spuyer lubangnya tertutup kotoran.
Jika ditemukan air didalam karburator sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan pada tangki bahan bakarnya. Kalau Anda menemukan bahwa tangki bahan bakar kemasukan air maka satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu dengan menguras tangki motor tersebut supaya air tidak masuk ke karburator lagi. Demikianlah artikel tentang Mio Brebet Saat Digas. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang memiliki motor Mio atau motor matic jenis lainnya.
sumber: http://motorbalap.id/mio-brebet-saat-digas/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar