Senin, 10 September 2018

Cara Mengatasi Keluhan dan Kerusakan Honda Supra

1. Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih pada Kecepatan Tinggi

Honda Supra X 125 (Foto: dok. Honda) Honda Supra X 125 (Foto: dok. Honda)
Jakarta - Hallo detikOto, saya Kumbang dari Makassar. Ada keluar asap putih dari knalpot motor Supra X saya padahal motornya sudah diover size ganti piston yang baru dan juga ganti rumah kopling.

Kampas kopling dan juga kampas ganda tapi tetap saja berasap. Kalau dipanaskan tidak keluar asapnya hanya pada saat menggeber di kecepatan 80 km ke atas mulai mengeluarkan asap putih, terlebih lagi pada saat membonceng.
Mohon solusinya

Terima kasih

Kumbang
Makassar


Jawaban

Hallo Bro Kumbang, salam detikOto. Berikut ini saya bantu sharing analisa penyebab knalpot mengeluarkan asap putih setelah bongkar mesin.

Asap berwarna putih timbul karena ada oli yang ikut terbakar di dalam ruang bakar/blok silinder, dan seharusnya ini tidak terjadi.

Tapi kalau memang anda menjumpai ini pada motor yang baru dibongkar mesin, berarti ada beberapa hal yang harus dicek ulang, diantaranya penyebab oli bisa masuk ke ruang bakar bisa melalui seal klep, dan melalui dinding silinder.

Pertama periksa apakah oil seal klep sudah di ganti baru setelah bongkar mesin? Karena setiap pembongkaran head silinder di sarankan untuk mengganti seal klep dan skir klep.

Jika memang sudah diganti baru coba periksa apakah batang klep ada baret-baret atau aus? Ini bisa dicek dengan di raba dan di lihat pada batang klep biasanya ada garis-garis keausan. Karena keausan pada batang klep bisa membuat oli dari head silinder masuk ke dalam ruang bakar, jadi kalau masalahnya itu harus ganti klepnya.

Pemeriksaan selanjutnya adalah kemungkinan oli yang kebakar karena:

1. Hasil boring/korteran blok silinder kurang halus/masih ada baret di dinding silinder,

2. Pemasangan Ring Piston yang tidak tepat sehingga oli dari crankshaft / bawah piston bisa menyusup keatas piston. Pemasangan ring piston ini ada aturanya jadi tidak boleh kebalik atau asal di pasang saja. Dan mekanik Honda pastinya tahu cara pemasangan yang benar.

Silakan untuk pemeriksaan di atas kami sarankan dilakukan oleh ahlinya, supaya tidak terjadi kesalahan analisa. Mudah-mudahan sharing ini bermanfaat bagi Anda dan teman-teman semua.

Terimakasih
Andriyanto-Bintang Motor (ddn/ddn)
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-3527331/penyebab-knalpot-motor-mengeluarkan-asap-putih-pada-kecepatan-tinggi 

2. Mengganti Bagian Kopling Supra X125 Helm In

Jakarta - Hallo detikOto. Saya mau bertanya mengenai spare part motor. Saya memiliki motor Supra X 125 Helm In Carbu tahun 2011, rencananya saya mau mengganti rumah kopling (mangkok kopling ganda) dan kanvas kopling ganda motor saya, tapi saya bingung dan takut salah.

1. Manakah kode yang benar untuk mangkok kopling ganda Supra X 125 Helm in ori (22530-KPH-900 atau 22535-KPH-309)

2. Kanvas kopling ganda Supra X 125 helm in sama tidak dengan Supra X 125 yang lainnya.

3. Untuk mangkok/rumah kopling ganda Supra X 125 Helm in apakah juga sama dengan Supra x 125 yang lainnya.

Mohon penjelasannya.
Terima Kasih
Muhibuddin - Palembang

Jawaban:

Selamat pagi Bro Muhibuddin, salam detikOto. Saya coba menjawab pertanyaan Anda mengenai kopling ganda Supra X 125 Helm in ya.

1. Part number mangkok kopling supra x125 helm in : 22660KYZ901
2. Untuk kode kanvas kopling gandanya adalah: 22535KPH309. dan ini berbeda dengan punya Supra x 125 lainnya. Namun jika diaplikasikan ke Supra X 125 Helm in bisa saja akan tetapi ada kemungkinan ada sedikit noise/bunyi saat oper gigi, karena part number tersebut bukan pasangan sebenarnya.

3. Mangkoknya pun part numbernya berbeda, jadi jika diaplikasikan dari Supra 125 ke tipe helm in menurut pengalaman kami akan timbul noise seperti mesin dengung.
Karena bagian kopling ini cukup sensitif sehingga tidak mudah untuk menemukan komponen yang cocok untuk saling tukar.

Kalaupun bisa kemungkinan besar ada efek samping berupa suara mesin yang tidak normal seperti biasanya.

Jadi saran terbaik kami silahkan menggunakan suku cadang sesuai dengan part number yang direkomendasikan agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan.
Demikian jawaban dari kami semoga bermanfaat.

Terimakasih.
Salam
Andriyanto - Bintangmotor
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-3445056/mengganti-bagian-kopling-supra-x125-helm-in

3. Penyebab Motor Supra Ngeden dan Cara Mengatasinya

Bagi para pecinta otomotif motor masalah teknis yang di temui adalah nikmat berupa pengetahuan. Pemahamanmu tentang sepeda motor akan meningkat seiring dengan keberhasilanmu dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Motor supra juga sama seperti 6 jenis sepeda motor di seluruh dunia  lainnya.

Motor supra juga rentan mengalami permasalahan seperti berasap, tenaga berkurang, mesin berisik dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui penyebab motor berasap hitam, Motor kurang tenaga dan Penyebab mesin motor ngelitik.
Kali ini kita akan membahas penyebab sepeda motor Supra ngeden. Motor ngeden adalah peristiwa di mana kecepatan sepeda motor melambat meskipun sudah di gas dengan maksimal. Hati-hati karena ini merupakan salah satu penyebab motor turun mesin.
Untuk mengetahui penyebab motor supra ngeden, berikut beberapa penyebabnya
1. Kanvas Kopling Aus
Kanvas kopling yang digunakan pada sepeda motor supra adalah tipe kopling basah. Jika kanvas kopling sudah bermasalah maka satu-satunya solusi adalah mengganti kanvas kopling dengan yang baru. Hal ini dikarenakan kanvas kopling yang sudah aus sudah tidak bisa bekerja dengan optimal.
Kerusakan kanvas kopling bisa menjadi lebih cepat jika oli yang digunakan daya lumasnya sudah tidak prima lagi. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik sepeda motor supra untuk mengetahui ciri-ciri motor harus ganti oli. Selain itu, oli yang sudah buruk juga bisa menjadi penyebab ampere motor tinggi. Bahkan juga bisa menjadi penyebab motor mati mendadak saat jalan.
2. Motor Sudah tua
Masalah sepeda motor ngeden pasti akan terjadi pada setiap motor. Terlebih lagi jika sepeda motor sudah tua. Hal ini dikarenakan setiap komponen mesin memiliki usia produktif masing-masing. Sepeda motor yang sudah berusia 5 tahun ke atas, meskipun di rawat dengan baik pasti akan mengalami penurunan kinerja juga.
Jika ingin sepeda motor anda tetap dalam kondisi prima, maka onderdil-onderdil mesin perlu di ganti dengan yang baru. Sehingga mau tidak mau, suka tidak suka pada suatu hari nanti kita perlu menghadapi peristiwa turun mesin. Sehingga sangat perlu bagi para pemilik sepeda motor termasuk motor supra untuk mempersiapkan budget tersebut.
Para pemilik kendaraan sepeda motor termasuk motor supra perlu mengetahui penyebab aki tidak mengisi. Hal ini dikarenakan aki tidak mengisi merupakan salah satu penyebab aki  motor tekor.
Ketika sepeda motor supra anda mengalami kerusakan pada aki, anda bisa menggunakan engkol. Engkol merupakan kick starter yang merupakan alternatif untuk menghidupakan mesin sepeda motor. Para pemilik sepeda motor perlu mengetahui penyebab engkol motor keras. Hal ini diperlukan ketika anda menggunakan engkol sebagai starter utama. 
sumber: https://hargamotor.co.id/masalah-teknis/penyebab-motor-supra-ngeden
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar