Minggu, 09 September 2018

Keluhan dan Kerusakan Pada Motor Matic dan Cara Mengatasi

1. Keluhan dan Kerusakan Pada Motor Matic Yang Sering Terjadi

1. Motor Susah Hidup

Hal yang umum terjadi pada motor matic adalah susah hidup.
Nah motor matic susah hidup disebabkan karena busi sudah tidak layak pakai sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga terdapat sisa-sisa bahan bakar yang tidak terbakar.
Untuk mengantisifasinya sobat bisa membersihkanya secara berkala namun jika busi sudah lama digunakan alangkah baiknya jika diganti dengan yang baru.

2. Motor Serasa Brebet

Untuk yang no 2, biasanya diakibatkan karena karburator sudah lama tidak di service sehingga bahan bakar yang dikeluarkan menjadi tidak setabil.
Namun jika karburator sudah dibersihkan tapi motor masih brebet, besar kemungkinan karet vacum di dalam karburator sudah rusak atau sobek.
Untuk itu sobat wajib mengganti karet vacum nya dan penulis menyarankan belilah karet vacum orginal ya jangan yang abal-abal agar hasilnya lebih maksimal.

3. CVT  Bunyi

Untuk point ke 3 kayaknya umum sekali terjadi karena jarang sekali dibersihkan.
Jika motor sobat sudah terdengar bunyi ketika kendaraan mau jalan sebaiknya secepatnya sobat membongkar dan membersihkannya.
Jangan lupa oleskan gemuk atau grace ya sob…namun jangan menggunkan gemuk sembarangan. haha.
Namun jika bunyi masih tidak hilang setelah dibersihkan berarti ada komponen yang rusak, bisa dari vant balt, loler dan masih banyak parts lainya juga.

4. Tidak Ada Hentakan / Slip

Biasa gejala yang motor matic alami adalah menurunya daya hentakan atau slip dan lebih parahya lagi jika melewati tanjakan motor sudah tidak mau naik.
Jika sobat mengalami gejala satu ini, siapkan dana sekitar 300 / 400 ribu karena hal ini sudah tidak bisa diperbaiki melainkan wajib diganti.
Karena memang hal ini bukan kerusakan namun karena parts kampas ganda sudah tipis sehingga sudah tidak mampu menyalurkan tenaga kebagian roda.

5. Motor Tiba- Tiba Mati

Nah ini yang sering terjadi pada pengguna motor matic, motor tiba-tiba mati ketika digunakan.
Dan lebih parahnya lagi ketika di selah-selah ternyata ngelos alias tidak ada kompresi.
Jika sobat menemukan gejala ini kemungkinan besar klep terganjal kotoran atau kerak di dalam ruang pembakaran. Untuk itu sobat wajib membersihkan blok maksimal 2 tahun sekali dan usahakan jangan dibiasakan kehabisan bahan bakar sebab kotoran di dalam tangki bisa tersedot ke ruang pembakaran.
Namun jika keadaan darurat, sobat bisa memasukan oli ke ruang pembakaran melalui lubang busi, untuk memasukan olinya bisa menggunakan sedotan.
Jika sudah dimsukan oli, sobat langsung selah-selah sampai kompresi muncul kembali. Setelah ada kompresi sobat bisa kembali memasang busi dan menghidupkan motornya.
Apapun tipe motor matic yang sobat gunakan, intinya perawatanlah yang membuat motor kita selalu prima dan tetap sehat untuk digunkan.
Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Keluhan dan Kerusakan Pada Motor Matic Yang Sering Terjadi dan semoga artikel kali ini bermanfaat.
Jangan lupa baca artikel lainya, seperti Cara Mengganti Oli Sil Shockbreaker Depan Honda Vario dan baca juga artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Matic Mendadak Mati. Terimakasih
sumber: https://www.otoplanet.com/keluhan-dan-kerusakan-pada-motor-matic-yang-sering-terjadi/

2. Trik Mengatasi Ketika Mesin Honda Vario Tiba-tiba Mati

Foto: dok detikOto Foto: dok detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, saya Arhy dari Makassar dan salah satu pecinta Honda Vario karena kebandelannya di segala medan. Cuma tiba-tiba Vario yang saya gunakan tiba-tiba mati dan tidak bisa nyala.

Saat diengkol maupun di double starter enggak nyala. Saya pikir aki yang bermasalah tapi setelah saya ganti dengan aki baru ternyata masih tetap tidak nyala, lampu indikator engine normal cuma sekali berkedip saat posisi on.

Terima kasih atas jawabannya:

Arhy

Jawaban
Menjawab konsultasi Anda, sebelum ke penyebab mesin mati pastikan kondisi aki baik dengan cara saat kunci kontak ON, lampu2 indikator speedometer menyala normal dan jarum bergerak normal.

Jika ada problem di sistem injeksi pasti akan ada kedipan di lampu MIL yg ada di speedometer. Dan kedipannya bukan hanya sekali namun beberapa kedipan.

Kedipan itu menandakan ada bagian di komponen injeksi yang problem, mungkin ada sambungan kabel yang putus, biasanya karena dimakan tikus.

Kalau tidak ada kedipan yang aneh, namun motor masih belum bisa menyala, pastikan bahan bakar / bensin terisi secukupnya.

Jika di stater engga mau menyala coba diengkol sambil dirasakan apakah saat di engkol terasa ringan atau berat, hal ini berguna untuk merasakan tekanan kompresi di dalam mesin. Kalau terasa ringan, ada kemungkinan kompresi lemah, jika terasa berat, berarti kompresi normal, kemudian lakukan pengecekan busi sekaligus percikan api businya.

Perhatikan kondisi businya kalo terlihat basah atau hitam, ini kemungkinan penyebab mesin mati, cukup bersihkan busi tersebut dengan di lap kain kering saja lalu coba tes api busi dengan menempelkan busi pada blok mesin atas dan menyalakannya dengan stater kalau keluar api busi berarti kondisi busi baik. Sebelum memasang kembali, gunakan lap kering tadi untuk menutup lubang busi lalu mesin diengkol 3 – 5 kali untuk membuang kotoran / karbon basah yang ada di dalam blok silinder, selanjutnya pasang kembali businya dan coba kembali nyalakan mesinnya. Jrengg… pasti hidup lagi.

Jika kondisinya demikian, kemungkinan penyebab dari masalah ini adalah karena pembakaran yang tidak sempurna sehingga busi menjadi lebih basah dan akibatnya api busi sulit menyala, ini biasanya dikarenakan pemakaian bahan bakar yang kurang baik / terkontaminasi. Atau bisa juga karena filter udara yang sudah tidak bagus / kotor sehingga menyebabkan gas yang masuk ke ruang bakar tidak bagus.

Demikian jawaban dari kami, semoga bisa membantu masalah yang mas bro Arhy alami. Terimakasih

Salam
Andriyanto – Bintang Motor
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-3411166/trik-mengatasi-ketika-mesin-honda-vario-tiba-tiba-mati 


3. Honda Vario 125 Masih Letoy Setelah Oversize Mesin

Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Hallo detikOto, saya mau bertanya soal motor Honda Vario Techno 125 milik saya. Beberapa hari yang lalu saya melakukan oversize motor ke bengkel AHASS di kota saya.

Yang ingi saya tanyakan kenapa setelah di-oversize 0,25 kok tarikan motor masih berat/letoy (tidak ada perubahan dengan tarikan motor). Pesan dari bengkel sih 1 minggu setelah pemakaian, disuruh balik lagi ke bengkel untuk pengecekan.

Sekarang belum 1 minggu, jadi belum saya bawa ke bengkel. Apakah ada masukan atau solusi untuk saya? Terima kasih.
Desiderius Paskalis

Jawaban:

Hallo juga Desiderius dan salam detikOto.

Menanggapi pertanyaan Anda, tidak ada perubahan setelah motor di-oversize, hal ini kadang terjadi kalau pada saat proses pengerjaan hanya melakukan penggantian piston dan ring saja tanpa melakukan pembersihan pada bagian intake dan exhaustnya.

Hal-hal yang perlu dilakukan juga saat melakukan oversize menurut saya adalah melakukan skir valve dan membersihkan kerak-kerak yang menempel di lubang intake dan exhaust. Hal ini bertujuan agar flow aliran bahan bakar dan udara lebih lancar sehingga terjadi pembakaran yang sempurna di dalam ruang silinder.

Namun perlu diketahui juga bahwa melakukan oversize 0,25 sebenarnya tidak banyak menambah tenaga pada motor. Kalau dirasakan secara feeling mungkin tidak begitu terasa banyak perubahannya, kecuali kalau dilakukan dynotest mungkin akan kelihatan peningkatan nol koma sekian persen saja.

Mengenai saran 1 minggu setelah pemakaian ke bengkel, saya setuju karena bertujuan untuk mengecek kondisi oli mesin setelah pembongkaran mesin dan juga mengecek sirkulasi pelumasan apakah berjalan dengan lancar atau tidak, karena biasanya setelah mesin dibongkar akan ada kotoran-kotoran bekas proses bongkar mesin sebelumnya, jadi sebaiknya datang lagi ke bengkel tempat anda melakukan bongkar mesin tadi.

Demikian tanggapan dari saya semoga bermanfaat.

Andriyanto, Bintang Motor. (ddn/ddn)
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-4120707/honda-vario-125-masih-letoy-setelah-oversize-mesin


4. Honda Vario Ngelos di Tarikan Awal

Ilustrasi Honda Vario (Foto: detikOto) Ilustrasi Honda Vario (Foto: detikOto)
Jakarta - Hallo detikOto saya memiliki Honda Vario tahun 2015, kenapa motor saya pas di tarikan awal seperti mau mati mesinnya, gejalanya sama seperti motor gigi yang giginya pake gigi tinggi di km awal, tapi kalau digas pol, gejala hampir mati itu hilang, dan motor bisa melaju normal.

Terima kasih

Robby, Tangerang Selatan

Jawaban:

Halo salam detikOto bro Robby, sekedar memastikan ini motor Honda Vario 125 FI ya bro? Kalau iya, bisa jadi ada beberapa kemungkinan penyebab, bisa dari tekanan pompa bensin sudah menurun performanya atau di bawah tekanan standar, dimana tekanan standarnya untuk Vario 125 lama di 294 Kpa sampai dengan 300Kpa, sedangkan untuk New Vario 125 FI = 263 Kpa sampai dengan 316 Kpa.



Atau penyebab lain bisa juga pada sistem pengapian yang mungkin ada yang tidak normal. Untuk pemeriksaan ini supaya lebih pasti sebaiknya di bawa ke AHASS untuk pengecekan menggunakan peralatan khusus.


Oh iya, bahan bakar yang biasa dipakai apa ya? Saran saya rutin menggunakan Pertamax 92 supaya terjamin mutu bahan bakarnya.
Demikian jawaban dari kami, terima kasih.

Andriyanto, Bintang Motor
sumber: https://montiramatiran.blogspot.com/2018/09/cara-menaikan-performa-mesin-satria-fu.html 


5. Perawatan CVT Honda BeAT

Perawatan CVT Honda BeAT Foto: Pool/AHM Perawatan CVT Honda BeAT Foto: Pool/AHM
Jakarta - Hallo detikOto, saya memiliki masalah pada motor Honda BeAT PGM FI saya. Kenapa saat motor berada pada rpm sedang sampai tinggi ada bunyi dan ada getaran yang tidak enak?

Terima kasih
Fatur Arafat
Jakarta

Jawaban:




Selamat pagi, menjawab konsultasi dari Bapak Fatur, mengenai keluhan pada CVT yang terasa bergetar dan bunyi kemungkinan berasal dari area CVT, ada beberapa yg perlu dicek untuk memastikannya, diantaranya:

- Kondisi V-belt dan roller kemungkinan kotor atau aus
- Kondisi kanvas kopling sentrifugal mungkin sudah mengalami keausan
- Kondisi rumah roller dan pully kemungkinan aus / kotor




Hal ini bisa dilakukan pengecekan sendiri atau langsung datang ke bengkel resmi terdekat supaya mendapatkan solusi perbaikan yang tepat.

Sebagai info saya berikan tips perawatan CVT biar enak dipakai:

- Pemeriksaan dan pembersihan CVT sebaiknya di lakukan setiap 8.000 km

- Penggantian roller saran terbaik maksimal pada 16.000 km

- Penggantian V-belt disarankan maksimal pada km 24.000

- Untuk penggantian kanvas kopling sentrifugal bisa di ihat kondisinya dimana tebal kanvas minimal 2 mm. Sedangkan untuk penggantian rumah roller dan pully juga dilihat kondisinya jika sudah aus baru di lakukan penggantian.

Untuk proses pengecekan dan pengerjaan kami sarankan silahkan ke AHASS terdekat kepercayaan Anda.Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Salam
Andriyanto & Team AHASS Bintang Motor (lth/ddn)
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-3999085/perawatan-cvt-honda-beat


















6. Tips Atasi Suara Motor Matic Yang Kasar


Tips Atasi Suara Motor Matic Yang Kasar – Motor Matic memang merupakan jenis motor yang begitu digemari di Indonesia dan angka penjualan motor ini memang begitu dominan dibanding motor jenis lain karena untuk harga memang relatif murah walaupun saat ini ada beberapa motor matic keluaran cukup mahal.
Tetapi walau laris dan digemari bukan berarti motor ini aman-aman saja. Ya jika para pengguna tak suka merawatnya motor matic ini lebih rentan untuk kerusakan terutama bagian mesinnya. Dan salah satu yang sering kita jumpai adalah masalah mesin yang terdengar kasar dan juga terkadang kurang bertenaga. Nah jadi semestinya kita harus rajin merawat motor ini lalu anda harus tahu Tips Atasi Suara Motor Matic Yang Kasar.
Beberapa pertanyaan muncul, dari mana suara kasar itu berasal? Nah dari penjelasan para ahli otomotif suara kasar itu berasal dari komponen CVT serta mesin. Dan Tips Atasi Suara Motor Matic Yang Kasar ini tentu harus kita cek langsung komponen CVT dan bagian mesin tersebut.
Sebelum kami membahas Tips Atasi Suara Motor Matic Yang Kasar lebih jauh mari kita membahas kenapa ada suara kasar pada CVT dan mesin. Nah Jawabannya tentu simpel karena kurangnya perawatan beberapa komponen CVT serta rollernya penyok dan untuk mesin biasanya pada bagian seher.
Untuk Tips Atasi Suara Motor Matic Yang Kasar yang pertama adalah jika sudah terlanjur berbunyi kasar berarti anda memang harus membawanya ke bengkel untuk penggantian komponen agar mesin motor matic anda kembali normal.

Sedangkan untuk Tips Atasi Suara Motor Matic Yang Kasar haruslah rajin-rajin merawat dengan cara servis rutin matic anda, minimal secara reguler mengganti oli. Penggantian oli gardan biasanya dilakukan pada tiap jarak 8 ribu km sementara servis pada CVT tiap dua atau tiga bulan sekali. CVT harus dibersihkan dan kalau ada yang rusak seperti yang kami sebutkan tadi tentu harus diganti dengan komponen yang baru dan orisinil.

Demikianlah Tips Atasi Suara Motor Matic Yang Kasar yang bisa kami berikan kepada anda semoga informasi ini bermanfaat. Sekedar saran lebih baik merawat dari pada anda harus memperbaiki motor dalam keadaan yang parah apalagi sampai mengganti komponen yang fital pada mesin tentu harganya cukup mahal.
 sumber: https://maticmotor.com/tips-atasi-suara-motor-matic-yang-kasar

















7. Cara Memperbaiki Motor Matic Tidak Bisa Di Starter

Cara Memperbaiki Motor Matic Tidak Bisa Di Starter – Dengan starter sebenarnya menyalakan motor matic jadi lebih simple dan tidak perlu repot-repot kick starter. Untuk kick starter memang motor matic harus di standar tengah tidak seperti moto jenis bebek. Repot kan kalau setiap mau menyalakan motor matic harus manual. Starter motor yang tidak berfungsi sebenarnya disebabkan banyak faktor dan harus kita cek satu persatu.
Dibawah ini kami ulas tentang mengatasi motor matic yang tidak bisa di starter. Tapi sebelum lebih jauh kita membahas permasalahan ini pastikan dulu kunci kontak kalian sudah dalam posisi on ketika di starter, kalau posisi off motor tidak bisa menyala loh sob.hehehe mari kita kembali ke bahasan utama tadi seperti berikut ini.

1.Cek Starting CVT
Kondisi bagian CVT starting yang kotor dapat menyebabkan motor tidak bisa distarter. Masalah ini muncul ketika sering terdengar suara kasar pada saat tombol motor di starter. Jadi bersihkan kotoran atau endapan yang menumpuk di starting CVT.
2. Busi tidak berfungsi
Komponen matic yang berfungsi pematik api yaitu busi bisa jadi penyebab motor sulit dinyalakan tidak hanya di starter di kick starter juga kadang sulit menyala. Jadi cek busi bersihkan bagian elektrodanya atau kalau busi sudah rusak dan berusia lama kalian bisa ganti dengan busi yang baru sehingga motor bisa di starter lagi dengan mudah.

3. Aki yang tekor atau mati
Sumber kelistrikan untuk memutar dinamo starter adalah dari aki motor. Nah jika aki motor anda tekor atau mati bagaimana dinamo akan berputar saat tombol starter ditekan. Namun kalian tidak perlu langsung mengganti aki karena kalian harus betul-betul melakukan pemerisaan lebih jauh terhadap aki tersebut.
4. Bermasalahnya Saklar kelistrikan
Selain dari aki motor, kelistrikan yang terhubung dengan tombol, putusnya kabel starter. Untuk mengetahui permasalahannya coba kalian cek tombol starter dan juga kabelnya pastikan dalam kondisinya bagus. Langsung perbaiki saja jika ada kabel yang terputus tau tombol starternya rusak bisa diperbaiki atau diganti.
5. Kiprok Bermsalah
Regulator rectifier yang biasa disebut dengan kiprok berfungsi untuk menstabilkan tekanan arus listrik yang masuk kedalam aki. Ya arus listrik yang masuk ke aki memang harus diatur agar tidak kebesaran atau kekeciclan. Jika kiprok rusak maka aki bisa rusak karena pengaruh besaran arus yang masuk dalam aki. Jika aki sudah rusak seperti yang kami bahas pada motor 3 tentu starter tidak bisa dilakukan.
Mungkin itulah penyebab dan permasalahan yang terjadi ketika motor matic kalian sulit di starter. Terakhir sebelum kami mengakhiri tulisan ini kondisi dinamo yang rusak juga jadi penyebab motor tidak bisa distarter pastikan untuk melakukan pengecekan pada dinamo starter motor matic anda. Jika kalian tidak ingin repot-repot memperbaikinya kalian bisa membawanya langsung kebengkel jangan sampai betis kamu membesar karena terus mengengkol motor matic saat mau menyalakan dan repot pula jika harus pasang standar tengah atau tunjang dua.
sumber: https://maticmotor.com/cara-memperbaiki-motor-matic-tidak-bisa-di-starter/















8. Aki Motor Matic Injeksi Tiba Tiba Mati dan Tekor

Ganti-Aki-Matic-Injeksi
Masalah aki tiba tiba mati dan ternyata memang sudah tekor acap kali sering menjadi hal yang cukup membingungkan bagi para pemiliki motor matic yang sudah menggunakan teknologi injeksi.
Biasanya tidak ada tanda tanda yang akan menunjukkan bahwa kondisi aki sudah lemah ataupun hampir rusak. Meskipun beberapa menit yang lalu motor matic kamu masih bisa di starter, jika memang aki telah tekor, dan ketika mesin sudah dimatikan maka secara konstan selanjutnya ketika kembali kamu putar kunci kontak dalam posisi on, semua control (indicator) lampu panel dashboard akan mati semua serta starter pun tidak akan bisa hidup lagi.
Jika sudah mendapati hal yang demikian maka dapat dipastikan bahwa kamu perlu segera mengganti unit aki dengan yang baru.
Memang meskipun tanpa mengganti aki baru, mesin masih dapat dinyalakan dengan menggunakan kick starter. Akan tetapi disaat sekarang motor era teknologi injeksi, maka kebutuhan suplai listrik DC yang stabil amat sangat diperlukan. Sebab semua rangkaian elektronik sangat tergantung dengan suplai tegangan DC yang aman.
sumber: https://maticmotor.com/aki-motor-matic-injeksi-mati-tekor/














9. Mengatasi Tarikan Awal Matic Bergetar


 
Mengatasi Tarikan Awal Matic Bergetar – Tentu setiap orang ingin nyaman dalam berkendara namun ada saja beberapa pengguna motor matic yang merasa terganggu dengan getaran saat tarikan awal mulai berjalan. Masalah ini sering terjadi saat berada di RPM yang rendah dan lama-lama merambat getarannya ke stang kemudi yang semakin membuat tidak nyaman.
Nah hal inilah yang akan kita bahas bersama dan kami telah menyiapkan tips atau cara Mengatasi Tarikan Awal Matic Bergetar. Nah pertama-tama kita perhatikan pada bagian rumah CVT yang terdapat fan belt, weight set, clutch housing, CVT Spring serta roller CVT itu sendiri. Perhatikan kondisi semua bagian tersebut masih bekerja dengan baik.
Namun bagian yang sering menjadi penyebab terjadinya getaran adalah kondisi kampas kopling ganda / weight set lalu mangkok /clutch housing yang sudah mulai aus. Biasanya bentuk weight set dan clutch housing tadi tidak berbentuk sempurna lagi dan inilah yang menjadi penyebab getaran saat tarikan awal. Tips pertama Mengatasi Tarikan Awal Matic Bergetar adalah bersihkan weight set dan clutch housing tersebut.

Jika cara pertama Mengatasi Tarikan Awal Matic Bergetar tadi belum berhasil setelah membersihkan dua bagian tersebut disarankan untuk mengganti dua bagian tersebut sehingga matic anda akan kembali normal. Mengganti bagian yang rusak pada kendaraan tentu cara terbaik karena motor anda akan kembali seperti baru dari sisi performa mesinnya.
Silakan ganti kedua bagian tersebut dengan spare part yang asli, untuk masalah ini tentu memang mahal namun akan lebih lama pemakaiannya. Anda bisa melakukan penggantia pada bagian tersebut atau anda juga bisa langsung datang ke bengkel kepercayaan atau bengkel resmi sesuai merek motor anda dan tentu hasilnya akan lebih baik lagi karena tips Mengatasi Tarikan Awal Matic Bergetar ini hanya sekedar tips ya mungkin saja ada bagiain lain yang juga sudah harus diganti.
Semoga informasi atau tips Mengatasi Tarikan Awal Matic Bergetar ini bisa membantu anda dan anda bisa kembali nyaman dalam mengendarai motor matic anda.
sumber:https://maticmotor.com/mengatasi-tarikan-awal-matic-bergetar/













10. Motor Matic Loyo di Tanjakan: Analisa Penyebab dan Antisipasinya

Tenaga motor matic loyo saat menanjakPersoalan tenaga motor matic terasa loyo saat ditanjakan atau ketika menanjak seringkali dialami oleh pengguna skutik Yamaha seperti Mio, Fino, dan Mio J demikian juga untuk beberapa merek pabrikan lainnya.
Kondisi seperti ini tentunya sangat riskan jika terus berlarut tanpa adanya upaya perbaikan dengan cara mencari sumber permasalahannya terlebih dahulu.

Sumber masalah tenaga motor matic loyo saat menanjak

Dituturkan oleh seorang mekanik dari bengkel resmi Yamaha yang ada dikota Malang, Jawa Timur, menyampaikan bahwa sumber masalah yang memicu hilangnya tenaga motor matic ketika sedang menanjak adalah selang vacuum karburator yang terhubung dengan intake manifold.
Komponen ini berfungsi selayaknya sebuah kran bensin yang akan membuka dan menutup proses hisapan bahan bakar menuju karburator yang akan diteruskan ke ruang bakar.
Agar proses pembakaran sempurna, maka selang ini harus kedap udara bahkan kebocoran sedikit saja akan besar sekali dampak yang ditimbulkan terhadap tenaga motor yang dihasilkan. Baca juga tentang analisa masalah motor matic bergetar.

Masalah pada komponen CVT

Sumber masalah pertama telah diketahui, berikutnya adalah menuju pada analisa kedua yang juga dapat berpengaruh pada tenaga motor loyo saat dibawa menanjak.
Didalam box CVT terdapat beberapa komponen seperti kampas ganda, mangkok ganda, v-belt, sama roller. Jika ada salah satu saja dari bagian-bagian tersebut mengalami aus, atau rusak maka sudah pasti pengaruhnya sangat besar pada tenaga motor.
Pada komponen CVT ini tidak akan pernah bisa direkayasa untuk dapat memberikan hasil optimal, jadi sebagai solusi final adalah dengan mengganti bagian yang sudah dinyatakan aus.
Harga kampas ganda sekitar Rp 270 ribu, Mangkuk ganda Rp 180 ribu, V-belt Rp 90 ribu, Roller Rp 115 ribu dan biaya servis yang dipatok biasanya kisaran antara 30 ribu sampai 50 ribu. Simak juga tentang perlunya memeriksa kopling ganda motor matic.
sumber: https://maticmotor.com/penyebab-loyo-ditanjakan-menanjak/


11. Masalah Honda Beat Bergetar Dan Kurang Tenaga












Persoalan pada motor matic Honda beat yang mengalami masalah bergetar dan tenaga kurang optimal alias ngempos kerap kali menjadi keluhan para pengguna kendaraan skutik yang terbilang murah meriah ini.
Jika dibandingkan dengan sodaranya yaitu Honda Vario, maka sesungguhnya hanya berbeda pada kapasitas cylinder mesin saja yang mana untuk mencapai power maksimum memang Vario dikatakan lebih agresif dan lebih stabil dari pada Honda Beat.

Mengatasi Motor Matic Honda Beat Bergetar

Masalah-Honda-Beat-BergetarGetaran pada Honda beat lebih sering muncul ketika motor mulai dipacu pada kecepatan sedang hingga menuju top speed. Dalam kondisi motor masih standart alisat tidak atau belum pernah di oprek, Honda beat memang terasa kurang tenaga. Simak juga tentang Kelemahan Honda Vario.
Dengan kapasitas silinder yang kecil dimana saat ini sudah jamannya motor kapasitas 125 cc keatas, sedangkan beban yang diusung Honda beat juga hampir setara dengan Vario  termasuk ukuran ban serta berat kendaraan, maka sudah tidak dapat dipungkiri kalau handling skutik yang satu ini akan kedodoran.
Belum lagi jika usia pakai motor sudah memasuki tahun ke 3, maka beberapa komponen yang sering terabaikan seperti van belt, roller serta part pendukung lainnya tidak pernah mendapatkan perhatian, jangan heran kalau Honda beat terasa semakin seperti mesin vibro.
Meminimalisir terjadinya getaran dan kurangnya tenaga pada Honda beat bisa dilakukan dengan menjaga kinerja komponen mesin selalu dalam kondisi prima dan service rutin sesuai dengan standart Honda. Jangan pernah memaksakan akselerasi pada tarikan gas mendadak karena dengan kapasitas mesin yang kecil tidak akan seimbang terhadap beban motornya.
sumber: https://maticmotor.com/honda-beat-bergetar-kurang-tenaga/












12. Cara Memperbaiki Suara Kasar Mesin Motor Matic


Cara Memperbaiki Suara Kasar Mesin Motor Matic – Suara mesin motor matic yang kasar membuat kita jadi bertanya-tanya dan mendengarnya pun jadi tidak nyaman. Jika hal ini sudah terjadi maka kita harus segera memperbaikinya sebelum semakin banyak dana yang akan kalian keluarkan untuk memperbaikinya.
Dari berbagai penjelasan yang sering kami temui dari para montir tentu suara mesin kasar ini berasal dari CVT. Namun sebelum jauh kita membahas perbaikan suara mesin yang kasar ini tentu harus kita ketahui dulu mengapa hal ini bisa terjadi? jawabnya karena kurangnya perawatan dari komponen CVT tersebut.
Cara Memperbaiki Suara Kasar Mesin Motor MaticJika sudah terlanjur terdengar suara mesin yang kasar, hal yang pertama harus kamu cek adalah bagian komponen CVT. Ganti komponen-komponen yang sudah rusak seperti v-belt yang kendur, roller yang sudah aus dan masih ada beberapa komponen lainnya. Memang kalian akan mengeluarkan biaya yang cukup untuk melakukan penggantian komponen namun jika dibiarkan saja tentu akan berdampak kepada komponen lain dan lebih besar lagi biayanya.
Cara Memperbaiki Suara Kasar Mesin Motor Matic
Untuk mengurangi atau meminimalisir kejadian mesin yang bersuara kasar ini, rutinlah merawatnya lakukan perawatan secara reguler terutama penggantian oli yang terjadwal. Penggantian oli gardan biasanya dilakukan setelah menempuh jarak 8 km sementara servis pada CVT  tiap dua atau tiga bulan sekali.
CVT ini harus dibersihkan agar tidak cepat merusakan komponen-komponen tadi. Bukan hanya bersuara kasar tetapi ada kendala lain jika komponen didalam CVT mengalami kerusakan seperti motor tidak bertenaga, mesin motor yang bergetar dan lain sebagaianya.  Selain pada CVT pada bagian mesin juga harus dirawat seperti piston, blok silender, seal katup, batang seal katup dan juga penggantian oli mesin yang rutin pula.
Agar mesin bekerja optimal dan tidak cepat rusak, lakukan penggantian komponen yang original jangan yang abal-abal atau yang bekas yang dianggap masih layak pakai. Demi menghemat dana justru nantinya akan lebih banyak lagi dana yang keluar. Merawat motor layaknya merawat diri sendiri. Bagaimana kalau jarang merawat diri bisa jadi kamu sakit begitupun dengan motor jika jarang dirawat akan cepat rusak.
Itulah tips cara memperbaiki suara mesin motor matic yang terdengar kasar. Jika kamu mampu melakukan perawatan sendiri dan tidak malas kamu akan mendapat keuntungan dari sisi biaya upah servis perawatan namun kalau kamu tidak paham mending dibawah ke bengkel motor dari pada motornya tambah parah setelah kamu bongkar sendiri.hehehe
sumber: https://maticmotor.com/cara-memperbaiki-suara-kasar-mesin-motor-matic/










13. Penyebab motor matic cepat jebol dan turun mesin

Siapapun pasti ingin motornya bisa lebih awet meskipun sudah lama dipakai. Khususnya motor jenis matic memerlukan perlakuan yang berbeda dengan model kendaraan bermotor roda dua lainnya.
Selain mudahnya operasional skutik yang tanpa ribet, tentu ada beberapa hal yang wajib kamu pahami untuk menghindari sesuatu yang dapat berakibat fatal.

Kesalahan memperlakukan motor matic yang berakibat fatal

Berikut adalah yang perlu diperhatikan bagi semua pengendara motor matic untuk menjaga kinerjanya tetap prima.

Kebiasaan memuntir gas secara spontan

Pada kendaraan skutik memang cukup memerlukan pengaturan gas dan rem ketika sedang berjalan.
Akan tetapi melakukan putaran gas yang se enaknya akan berakibat buruk pada komponen roler dan V-belt bahkan hingga bearing as roda. Sebab motor matic memang di desain tidak untuk akselerasi secara instan.
Demikin pula sebaliknya jangan menurunkan gas dengan mendadak saat kecepatan tinggi juga akan membuat deselari yang menghentak V-belt beserta komponen yang berkaitan lainnya.

Modifikasi yang berlebihan

Seperti halnya modifikasi ban yang terlalu besar akan memberatkan mesin yang mana dari pabrikan sudah dihitung koefisiennya terhadap kecepatan, borosnya bahan bakar serta beban puntir yang semakin berat.

Penggunaan oli pelumas mesin sembarangan

Sistem mesin motor matic sangat berbeda dengan mesin bertansmisi manual.
Pada motor matic memiliki 2 ruang pelumasan yaitu untuk mesin dan untuk transmisi (gear box).
Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda dan tidak dapat saling menggantikan. Simak juga tentang memilih oli yang tepat untuk motor matic.

Jangan salah pilih bahan bakar

Untuk type motor matic injeksi wajib menggunakan bahan bakar berokatan tinggi agar menghasilkan pembakaran yang sempurna dan penggunaan bahan bakar tidak menjadi boros.
Untuk pilihan saat ini di SPBU bisa menggunakan pertalite ke atas karena memiliki nilai oktan yang lebih baik dari pada jenis premium.
sumber: https://maticmotor.com/penyebab-motor-matic-turun-mesin/










14. Cara Memperbaiki Motor Matic Karburator Susah Menyala


 Cara Memperbaiki Motor Matic Karburator Susah Menyala –  Motor matic bersistem karburator memang sering sekali mogok dipagi hari saat dingin. Kejadian ini memang menyebalkan disaat kita terburu-buru motor matic kita justru susah menyala. Nah nampaknya memang kamu harus mengorbankan waktu untuk mengecek masalah dan melakukan perbaikan pada motor kalian ini. Pada kesempatan kali ini kami akan menjabarkan satu persatu permasalahan yang menyebabkan motor matic sistem karburator sulit menyala.
1. Setelan karburator
 Motor matic susah menyala disebabkan oleh kandungan bahan bakar dan kondungan udara yang tidak seimbang yang mengakibatkan busi pengapian tidak bisa mematik api secara konstan karena terus dibasahi oleh campuran bensin yang berlebih. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan penyetelan udara pada karburator. Setelan ini memang benar-benar harus tepat, suruhlah mereka yang berpengalaman untuk melakuakn penyetelan pada karburator tersebut.
2. Bensin yang tidak naik ke sistem karburator
Masalah yang menyebabkan motor susah menyala dipagi hari adalah karena bensin yang susah menyala dipagi hari. Hal bisa saja terjadi karena keran vakum yang tersumbat ataupun keadaan karburator yang kotor. Kondisi ini bisa diatasi dengan memompa karburator atau istilahnya dibekep sehingga bensin bakal turun ke dalam karburator dan mesin sanggup menyala dengan gampang. Namun pada umumnya peran tuas choke adalah sama dengan trick kerja bekep ini.
Untuk mencegah bensin yang tersumbat, rajin-rajinlah membersihkan tanki atau karburator. Karburator dicuci bersih dengan bensin lalu disemprot dengan angin kompresor sehingga kotoran-kotorannya akan hilang.
3. Busi yang sudah lemah
Selain pada karburator, bagian busi juga bisa menjadi penyebab motor matic kalian susah menyala baik dipagi hari atau kapanpun. Busi yang sudah lama akan mengalami lemah atau tidak berfungsi dengan baik. Sehingga busi yang menjadi pematik api untuk terjadinya pembakaran justru tidak menyala. Kadang walaupun busi masih mematik api tetapi apinya tidak sebesar yang busi masih bagus sehingga motor akan sulit menyala. Namun pengapian lemah bukan hanya dari busi tetapi dari komponen lainnya juga bisa,seperti Koil, CDI, ECU, AKI, MAGNET, SPULL, KIPROK, dan Kabel.

4. Karbon dan kerak sisa pembakaran menumpuk
Karbon atau sisa-sisa pembakaran yang menumpuk di sektor head mesin dapat mengakibatkan mesin sulit menyala karena kompresi yang kurang. Kerak yang menumpuk dapat menghambat penyaluran api dari busi di ruang bakar. Jadi untuk mengatasinya kita harus membersihkan kerak tersebut dengan memakai carburetor cleaner atau memanfaatkan bahan bakar beroktan 92++ yang dikhususkan untuk membersihkan kerak dan sisa-sisa hasil pembakaran di cylinder head.

Nah dari pemasalahan diatas sebenarnya langkah perawatan jadi nomor satu agar motor tidak sulit di nyalakan. Pengecekan rutin dan servis yang rutin akan membuat motor kamu terus stabil. Rajin memanaskan motor dipagi juga sangat baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang sering mengalami motor matic karburator yang susah menyala dipagi hari.
sumber: https://maticmotor.com/cara-memperbaiki-motor-matic-karburator-susah-menyala/

 







15. Cara Mengatasi Mesin Motor Matic Mati Saat Di Gas

Cara Mengatasi Mesin Motor Matic Mati Saat Di Gas – Motor matic bukan melaju kencang saat di gas justru malah mesin brebet dan mati. Kalau sudah begini rugi waktu dan rugi segalanya jika kita hendak berpergian. Lalu apa yang harus kita lakukan? Membawanya kebengkel tapi males ngedorong motor, ya mau nggak mau kita coba perbaiki sendiri dulu. Penyebab motor matic mati saat di gas tentu banyak faktornya dna sebenarnya tidak hanya motor jenis matic jenis motor lainnya juga bisa mengalami masalah yang sama.

Nah dibawah ini akan kami bahas beberapa oenyabab motor mati saat digas yang biasanya berkaitan dengan busi, karburator, koil, CDI, Spul, dan pulser. Yuk langsung kita cek permsalahannya pada komponen-komponen tersebut.
1. Cek dan perbaiki busi
Busi yang lemah atau mati bisa memang harus diganti yang baru. Hal ini akan membuat mesin brebet saat digas dan saat di gas lebih tinggi mesin motor langsung mati. Jadi pastikan bahwa busi kalian dalam keadaan masih bagus kalau hendak berpergian jauh. Jika sudah berusia lama atau memang sudah mati silahkan diganti yang baru.

2. Cek dan perbaiki karburator
Motor matic yang masih sistem karburator memang rentan mengalami hal seperti ini karena karburatornya. Karburator yang jarang melakukan servis atau pengecekan memang kadang akan mengalami hal semacam ini. Jadi ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk perbaikan karburator dibawah ini.
  • Buka karet filter, lepas dan putar ke samping untuk melihat mulut karburator
  • Tutup mulut karburator dengan telapaka tangan namun jangan terlalu rapat
  • Kick Starter sampai tangan terasa basah oleh bensin
  • Kemudian nyalakan mesin motor dan putar gas secara perlahan
  • Jika masih tersendat mesinnya maka tutuplah mulut karburator tadi ketika mesin masih hidup
  • Untuk melakukan pengecekan lebih jauh tutup mulut karburator dalam keadaan putaran mesin menurun dari angka RPM tinggi ke rendah
  • Kemudian gas secara perlahan, kalau motor sudah tidak tersendat-sendat lagi sudah dapat dipastikan memang karburator mulai kotor dan anda harus segera membersihkannya.
3. Perbaiki Koil, Pulser, CDI dan Spul
Untuk memperbaiki komponen pulser, koil dan CDI yang sudah rusak tentu dengan mengganti yang baru. Tapi jika kerusakan pada spul maka kalian lilit ulang spul ke ahlinya ke tukang servis. Namun lakukan pengecekan yang benar-benar sebelum memastikan spul yang rusak.
Itulah sedikit saran dari kami untuk mengatasi motor matic yang mati saat di gas. Sebenarnya jika kita rajin merawat, rajin melakuakn servis pada motor matic permasalahan seperti ini tidak akan terjadi. Kalian bisa melakukan perawatan sendiri pada motor matic kalian, namun jika kalian tidak kesempatan karena kesibukan atau memang kalian sangat awam untuk masalah otomotif, kaliain bisa membawanya ke bengkel serahkan pada montir.
sumber: https://maticmotor.com/cara-mengatasi-mesin-motor-matic-mati-saat-di-gas/

 






16. Solusi Otomotif: Honda BeAT Mati Mendadak Ketika Gas Ditutup








Saya mau tanya kenapa sepeda Honda BeAT tahun 2014 pas perjalanan kalau gasnya habis terkadang mati sendiri dan starter-nya harus maksa nggak bisa langsung saya minta solusinya. Terima Kasih
Liputan6.com, Jakarta - Dear Mas Sahlan,
Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan Honda Beat mati mendadak, ketika dikendarai pada saat gas ditutup :
  1. Cek kondisi langsam ( putaran stasioner )kemungkinan tidak standar (di bawah standar) standar RPM untuk SMH Beat 1.700 +/- 100 RPM. 
  2. Cek kondisi busi, baik kerenggangan busi (0.8 – 0.9 mm) maupun lama pemakaian busi (ganti busi setiap 8.000 km).
  3. Cek kerenggangan klep (kemungkinan jarak renggang klep terlalu rapat) standar celah klep beat 0.14 mm +/- 0.02 mm.
  4. Cek saringan udara (kemungkinan saringan udara mampet akibat kotor).
  5. Cek Tekanan kompresi ada kemungkinan terjadi kebocoran kompresi yang disebabkan karena adanya timbunan kerak yang berlebih di area ruang bakar yang bisa disebabkan oleh pemakaian bahan bakar dengan kualitas rendah.
  6. Cek tutup tangki bensin apakah lubang ventilator/pernapasan mampet atau tidak karena jika tersumbat akan berakibat hilang nya sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak akan mengalir.
  7. Mesin terlalu panas/over heat yang di sebabkan karena sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat sehingga ring piston menjadi kering dan mengakibatkan motor mati mendadak.
Demikian infomasi dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terima kasih.


Salam
Venus Adha
sumber: https://www.liputan6.com/otomotif/read/2598356/solusi-otomotif-honda-beat-mati-mendadak-ketika-gas-ditutup

 

17. Motor matic mati mendadak, ini cara mengatasi tanpa harus ke bengkel

ilustrasi motor mogok. © Otosia.com
Merdeka.com - Pernahkah Anda mengalami hal ini? Saat berkendara dengan motor matic kesayangan kemudian tanpa sebab yang jelas tunggangan kesayangan Anda mati. Jangan panik!
Sebenarnya ada tiga hal yang menyebabkan mengapa motor matic mati mendadak. Yang pertama adalah kelistrikan, bahan bakar habis, dan kompresi yang mengalami kebocoran.
Namun dari kebanyakan kasus, kompresi yang bocor menjadi hal yang paling sering dialami. Lantas bagaimana mengatasi motor matic yang tiba-tiba mati mendadak?
Hal pertama, Anda jangan terlalu panik dan segera tepikan motor matic ke pinggir jalan kemudian standar tengah. Matikan mesin sebentar, kemudian pastikan tidak ada masalah dengan sistem injeksinya. Caranya adalah dengan menempatkan stop kontak motor dalam kondisi "on". Coba dengarkan bunyi "ngiiing" pada sistem injeksi di bagian samping kiri jok dengan baik.
Jika Anda masih mendengar bunyi mendengung, berarti tidak ada masalah dengan sistem injeksinya. Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan menarik gas secara penuh beberapa saat. Jangan dilepas. Kemudian coba starter motor dengan kombinasi antara kick starter dan electric starter secara bergantian.
Lakukan beberapa kali hingga motor kesayangan Anda kembali menyala seperti sedia kala. Semoga tips ini bermanfaat.
sumber: https://www.merdeka.com/otomotif/motor-matic-mati-mendadak-ini-cara-mengatasi-tanpa-harus-ke-bengkel.html





18. Penyebab Motor Matic Injeksi Mati Mendadak dan Cara Menanganinya

Motorisblog.com – Motor Matic Injeksi Mati Mendadak. Cara yang paling mudah tapi paling berat untuk mengatasi motor mogok adalah, “dorong motor sampai bengkel terdekat”. Hahaha… Kampret lu!
Mtb pernah beberapa kali menjumpai penunggang matic (baik yamaha ataupun honda) yang tengah kerepotan karena mesin skuternya mogok. Termasuk Mtb sendiri pernah mengalami kejadian seperti itu. Mesin skutik Mtb tiba-tiba mati saat Mtb menutup gas.
Kadang (kalau lagi kumat) Mtb juga merasa skutik Mtb “nggak narik” saat Mtb buka gas. Di tarik gas kok rasanya malah kayak nge-rem, gitu?
Penyebab dari mogoknya skutik itu sendiri (semua motor pada umumnya) dapat beragam. Namun disini Mtb hanya akan menceritakan apa yang pernah Mtb alami.
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab yang paling umum (khususnya pada motor matic).
1. Kompresi Bocor
Hasil bertanya pada mbah gugel, Mtb mendapat pencerahan bahwa kebocoran kompresi bisa menjadi salah satu penyebabnya. Kebocoran kompresi itu sendiri bisa diakibatkan oleh penggunaan BBM yang kotor. Kotoran dari BBM terbawa masuk keruang bakar sehingga menyumbat diantara piston dan dinding selinder.
Tapi Mtb sendiri sebenarnya kurang begitu yakin. Jika memang itu masalahnya, tentu kasusnya akan terjadi disemua tipe motor, bukan hanya skutik saja.
2. Mesin Kebanjiran Bensin
Hal ini paling banyak terjadi pada motor-motor jaman dahulu. Tapi tidak tertutup kemungkinan terjadi juga pada motor-motor baru. Hal itu ditegaskan dengan adanya petunjuk penanganan “mesin kebanjiran bensin” didalam buku panduan manual Honda Spacy FI, Honda Fit X dan Yamaha Vega R.
3. Injektor dan Saluran Bahan Bakar Kotor
Setelah mengalami mesin mati mendadak, segera Mtb bawa Spacy Mtb kesalah satu bengkel resmi Honda disekitaran Banjar, Jawa Barat. Dan dari mekanik disana, Mtb mendapatkan penjelasan bahwa injektor dan saluran bahan bakar motor Mtb kotor.
4. Mesin mengalami overheat (panas berlebih)
Mtb pernah mengalami hal ini pada saat mudik lebaran tahun 2012. Dalam perjalanan dari Tangerang – Banten menuju Ciamis – Jawa Barat dengan menunggang Vega R. Mesin Vega R Mtb tiba-tiba mati saat dalam kemacetan diruas jalan Soekarno – Hatta, Bandung.
Dengan agak susah payah Mtb menepi. Agak panik sih, tapi kemudian mesin bisa menyala kembali setelah istirahat selama beberapa menit.
Nah, bagaimana menanganinya saat mesin mati mendadak?
Bawa ke rumah sakit untuk dilakukan otopsi.
Hahaha… Di kira kasus pembunuhan kali, ya?
Hasil dari membaca buku panduan manual motor Mtb, penanganan masalah ini adalah,
Cara 1
. Topang motor dengan standar utama (standar tengah),
. Putar kunci kontak ke posisi “on”,
. Tekan tombol starter elektrik selama beberapa detik (jangan lebih dari 5 detik). Jika mesin hidup, segera tutup gas,
. Jika mesin tidak hidup, cobalah menyalakannya dengan cara normal
. Jika belum bisa juga, ulangi lagi dari langkah pertama,
Cara 2
. Putar kunci kontak keposisi off,
. Buka putaran gas keposisi terbuka penuh,
. Injak pedal kick starter (selah) beberapa kali,
. Kemudian on-kan kunci kontak,
. Nyalakan mesin dengan cara normal,
. Jika belum berhasil, ulangi dari langkah pertama,
Namun jika kedua cara diatas belum berhasil setelah beberapa kali, istirahatkan dulu motor untuk beberapa saat. Ulangi lagi setelah beberapa menit. Mungkin mesin mengalami overheat seperti kejadian Mtb diatas.
Apakah cara ini bisa berhasil?
Mtb berhasil pada Vega R Mtb, Spacy FI Mtb, dan Mio Sporty milik orang tak dikenal yang Mtb tolong ketika mogok dijalan.
Kemudian, jika cara diatas tetap tidak berhasil, berarti ada masalah lain yang lebih berat dan motor harus segera dibawa kebengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Menurut artikel yang Mtb baca di www.hondacengkareng.com, berikut ini beberapa kemungkinan lain yang membuat motor mati tiba-tiba:
1. Tutup tangki tersumbat
Jika Om Bro perhatikan, ditutup tangki bahan bakar motor ada beberapa lubang kecil yang berfungsi sebagai ruang sirkulasi udara. Jika lubang-lubang tersebut mampet, maka bensin tidak akan turun dengan lancar. Om Bro harus membersihkannya menggunakan angin bertekanan (angin kompresor).
2. Filter udara kotor
Fungsi dari filter ini adalah untuk menyaring udara bersih, supaya tidak ada debu/kotoran yang ikut masuk kedalam percampuran bahan bakar dengan udara. Jika ada (banyak) kotoran yang masuk kedalam sistem pengabutan, maka hal itu dapat menyebabkan tarikan motor menjadi berat dan dapat pula mengakibatkan mesin mati mendadak.
3. Setelan klep tidak tepat
Kerenggangan klep yang terlalu rapat juga dapat mengakibatkan motor mogok.
4. Komponen pengapian mati
Ada beberapa komponen yang berhubungan dengan sistem pengapian, diantaranya:
. Busi
Untuk pemeriksaan awal, Om Bro dapat membuka busi. Kemudian dengan busi terpasang ditopi (padudnya), tempelkan kepala busi pada body mesin. Jika api busi berwarna biru, berarti busi dalam keadaan baik. Namun jika api busi berwarna merah atau bahkan tidak ada percikan api, itu berarti busi sudah tidak layak pakai. Segera ganti busi sesuai dengan spesifikasi motor Om Bro.
. Koil
. Sepul
. CDI
CDI ini adalah otak dari pengapian.
Pada dasarnya, CDI bawaan pabrikan sangat awet, jarang terjadi kerusakan (kecuali jika Om Bro sudah menggantinya dengan CDI aftermarket).
Tapi walaupun begitu, bukan berarti CDI original tidak dapat rusak.
Nah, untuk 4 poin diatas, perbaikannya membutuhkan keahlian mekanis dan peralatan yang memadai. Jadi untuk Om Bro biker golongan “user” seperti Mtb, sebaiknya bawa motor kebengkel terpercaya untuk penanganannya.

Update 30 November 2017
OLI SUSUT KARENA KEBOCORAN KOMPRESI
Setelah selama 7 bulan melakukan observasi terhadap Honda Spacy FI milik Mtb, akhirnya Mtb mendapatkan jawaban yang sangat-sangat simple namun juga sangat-sangat vital. Ternyata, hal yang paling penting namun sering dianggap sepele adalah masalah volume oli yang berkurang.
Hal ini sangat erat kaitannya dengan poin 1 diatas, yaitu perkara kebocoran kompresi. Oke, kita bahas satu-persatu,
. Kebocoran kompresi,
Secara teknis, Mtb tidak bisa menjabarkan dengan detail karena memang Mtb tidak memiliki keahlian mekanis. Namun secara sederhana, kebocoran kompresi adalah kondisi dimana ada celah antara piston dengan dinding silinder. (Jika salah, silahkan di koreksi).
. Hubungan antara kebocoran kompresi dengan volume oli mesin,
Dengan adanya kebocoran diantara piston dan dinding silinder, maka oli mesin dapat masuk keruang bakar dan ikut terbakar bersama bensin.
Tapi kok knalpot nggak ngebul?
Menurut hasil penelusuran Mtb, jika kebocorannya masih kecil, maka asap dari knalpot tidaklah tampak secara kasat mata. Namun hal itu dapat diketahui dengan susutnya volume oli mesin.
. Mitos mengenai penguapan oli,
Selama ini sudah banyak isu yang menganggap bahwa oli mesin dapat menguap. Padahal, menurut Mtb, hal itu adalah MITOS!!!
Mungkin benar oli mesin dapat menguap, tapi volumenya tidak akan signifikan. Mtb sudah belajar mengendarai motor sejak tahun 1994 dan memiliki / memelihara motor sendiri sejak tahun 2008. Artinya, sudah selama 9 tahun Mtb merawat motor. Dan selama itu, sekali pun Mtb tidak pernah mengalami yang namanya oli mesin menguap.
Bahkan, Mtb pernah mengadakan uji coba dengan cara tidak mengganti oli mesin selama 4 bulan. Nyatanya, pada saat Mtb ganti oli, penyusutannya tidak mencapai 50 ml. Dan hal itu masih lah sangat aman karena saat Mtb cek, volume oli masih berada diantara batas atas dan batas bawah stick penutup oli.
Lalu, apa yang membuat oli mesin menyusut secara drastis?
Ya itu tadi, masalah teknis semisal kebocoran kompresi.
MENGATASI MESIN MOGOK KARENA KEBOCORAN KOMPRESI
Sialnya, Mtb sangatlah lambat dalam menangkap masalah ini dari TKP. Mtb sudah sering mengalami mogok mesin dan sudah lama mengalami penyusutan oli mesin, tapi Mtb selalu ndablek. Selalu acuh…
Hingga suatu saat…
Mtb berangkat ke Jakarta dari Ciamis pada tanggal 6 September 2017 lalu, menunggang Honda Spacy 2013 kesayangan. Baru beberapa puluh kilometer perjalanan, Si Panci mogok di Tasik. Kemudian Mtb hidupkan kembali mesin Spacy dengan prosedur yang biasa Mtb lakukan seperti penjelasan diatas.
Sekira 2 bulan 12 hari di Jakarta, Mtb mengalami 2 kali mogok, tapi Mtb masih acuh saja.
Kemudian, pada tanggal 18 November beberapa hari lalu, Mtb meluncur dari Jakarta kerumah kakak di Batujaya, Karawang. Maksudnya mau mudik kembali ke Ciamis tapi kepengen mampir dulu kerumah saudara.
Esok harinya, Minggu, 19 November 2017, Mtb melanjutkan perjalanan dari Batujaya, dan… Si Panci kembali mogok di sekitar pasar Rengasdengklok.
Disini Mtb baru mulai menemukan ide…
Meskipun Mtb sudah menguasai Si Panci ketika mogok, namun Mtb juga ingin lancar serta selamat selama perjalanan. Mtb minggir, kemudian cek volume oli dan menghidupkan mesin kembali.
Saat di cek, volume oli masih berada diatas batas bawah. Artinya, seharusnya masih aman.
Mtb sempat berfikir akan melakukan service ringan (tune up) dalam perjalanan tersebut, tapi tidak jadi, mengingat jarak yang harus ditempuh masih sangat jauh. Jika Mtb service motor dulu, kemungkinan yang pasti Mtb akan kemalaman sampai Ciamis. Mana musim hujan pula…
Akhirnya Mtb hanya menyempatkan mampir ke AHASS Cemara Agung Motor dibilangan Klari, Karawang, untuk membeli sebotol oli AHM SPX2. Tanpa menunggu lama, Mtb segera isikan oli tersebut kedalam mesin hingga sekira sebanyak 200 ml, padahal saat itu volume oli masih lah cukup berada diambang batas bawah. Dan memang benar, saat Mtb cek ketinggian volumenya ternyata mencapai setengah panjang stick pengukur.
Tapi masa bodo! Mtb pengen tahu hasilnya…
Dan ternyata, Om Bro… setelah itu, Si Panci larinya ngacir luar biasa… lancar dan ringan tanpa ada gejala tersendat sedikitpun, apa lagi sampai mogok. Blabar pisan nggak ada masalah! Terap ngacir walau pun kepanasan dari Karawang sampai Padalarang dan kehujanan dari Padalarang sampai Tasikmalaya dan terus kegrimisan sampai Ciamis. Bahkan sempat menghajar banjir saat melintasi Jl.Soekarno Hatta, Bandung.
Disini ada kenyataan yang bertentangan dengan teori mekanis… Logikanya, dengan mengisikan oli terlalu banyak pada mesin, maka putaran mesin akan menjadi berat karena kurangnya ruang sirkulasi. Tapi nyatanya tidak kan? Hayo… gimana itu?
Sampai dirumah, keesokan harinya Mtb sharing sana-sini, googling sana-sini, dan semua mengatakan bahwa cara Mtb adalah salah. Tapi hingga artikel ini dibuat, Si Panci tidak ada masalah apa-apa, bahkan masalah kemogokan yang pernah ada justru hilang tanpa gejala.
Jika pun ternyata nantinya timbul masalah akibat cara melebihi volume oli ini, Mtb akan update lagi diartikel ini. Namun jika Mtb tidak update, berarti everything is ok.
Jadi, kesimpulannya… Melebihkan volume oli dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi mesin motor matic mati tiba-tiba karena kehilangan kompresi. Tentu saja ini hanya solusi sementara. Jika keuangan memadai, sebaiknya lakukan pemeriksaan yang mendalam dan tepat dibengkel terpercaya.
Nah, Om Bro / Sista. Sekian dulu dari Mtb…
Selamat menikmati mogok…
Hahaha… Maap. Maksud Mtb, selamat berkendara. Keep safety riding. (Mtb)
sumber: https://motorisblog.com/penyebab-motor-matic-injeksi-mati-mendadak-dan-cara-menanganinya/


19. Mio Brebet Saat Digas

Bagi Anda yang memiliki motor Mio, mungkin pernah mengalami motor brebet saat digas. Sudah banyak kasus yang melaporkan bahwa pengguna Mio sering mendadak brebet diputaran bawah namun terasa lancar saat diputaran atas. Maksudnya, saat Anda ingin menarik gas perlahan, motor seperti tidak ingin jalan atau menyendat-nyendat, tapi jika gasnya dipenuhkan, maka motor pun terasa lancar. Maka dari itu, motor tidak enak saat dibawa pelan-pelan dan motor juga tidak bisa stasioner.

Bukan hanya Mio saja, melainkan banyak pula pengendara motor yang mengeluhkan tentang masalah motor brebet. Gejala brebet ini sering terjadi pada RPM rendah atau putaran bawah, tengah, atau atas. Kendala ini juga dapat terjadi kapan pun dan dimanapun Anda berada. Apabila, Anda pernah atau bahkan sering mengalami masalah motor brebet ini dan bingung cara mengatasinya, maka kami akan menjelaskan mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.
Penyebab motor Mio atau motor lain brebet saat gas putaran bawah, tengah, hingga atas, biasanya ada sesuatu yang terjadi pada sistem karburator. Contohnya, air radiator yang masuk ke mesin sehingga bisa menyebabkan mesin jadi brebet. Penyebab lainnya bisa saja dari segi busi yang sudah aus, komponen CDI dan Pulser pun bisa mengakibatkan masalah brebet sehingga perlu diperiksa satu per satu.

Namun hal yang paling utama, coba Anda cek komponen busi. Biasanya busi yang sudah aus atau kotor karena penuh lumpur adalah faktor utama motor jadi brebet. Jika iya, Anda dapat membersihkan businya. Kemudian, Anda juga dapat membuang bensin yang terdapat di dalam karburator melalui baut saluran pembuangan. Dengan cara ini, kendala brebet pun dapat langsung hilang saat bensin yang ada dikarburator telah terisi dengan bensin yang baru.

Apabila gejala brebet ini Anda alami ketika di perjalanan, cobalah untuk memainkan gas hingga RPM tinggi. Namun, Anda harus hati-hati karena mengemudikan motor dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan keselamatan Anda.
Lantas bagaimana jika brebet pada motor belum hilang juga? Mungkin Anda dapat mengganti busi motor dengan yang baru. Lalu periksa juga bagian kabel setrum koil. Kemungkinan besar pada socket yang longgar juga sering menjadi masalah motor brebet di putaran atasnya. Namun jika masih saja brebet, cobalah periksa ke bagian CDI atau komponen pengapian lainnya. Anda juga bisa membongkar bagian karburator untuk dibersihkan, mungkin saja spuyer-spuyer lubangnya tertutup kotoran.
Jika ditemukan air didalam karburator sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan pada tangki bahan bakarnya. Kalau Anda menemukan bahwa tangki bahan bakar kemasukan air maka satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu dengan menguras tangki motor tersebut supaya air tidak masuk ke karburator lagi. Demikianlah artikel tentang Mio Brebet Saat Digas. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang memiliki motor Mio atau motor matic jenis lainnya.
sumber: http://motorbalap.id/mio-brebet-saat-digas/

 

20. Obat Yamaha Mio Mati Mendadak, Panjangin Kabel 5 cm!


OTOMOTIFNET - Awalnya mesin kayak mau mati. Namun setelah lewat gundukan atau polisi tidur yang ke sekian kali, mesin mati beneran. Benar-benar menyebalkan," keluh Abi Hermansyah, warga Tanah Abang, Jakpus terhadap Yamaha Mio keluaran 2007 miliknya.

Kendala yang terjadi pada tunggangannya, dikeluhkan Abi ke Iswadi, pemilik sekaligus mekanik bengkel umum Brother Midnight. Setelah dilakukan general check-up selama 1 jam, si empunya bengkel dapat kesimpulan.

"Kabel pengapiannya ada yang putus. Tepatnya kabel positif warna oranye dari CDI menuju koil (gbr.1). CDI enggak ada masalah, indikasinya saat kabel warna cokelat pada perangkat tersebut dicolok dengan tespen (gbr.2), lampu tespen menyala," kata pria yang buka praktek di Jl. KH. Mas Mansyur No. 55, Tanah Abang, Jakpus.

Bila dirunut, fisik kabel yang pendek jadi pemicu putusnya aliran listrik dari CDI. Hal tersebut disebabkan saat melewati polisi tidur, mesin Mio bergerak naik turun. Pergerakan tersebut membuat kabel ikutan tertarik.

"Secara berkala plus kabel yang kurang panjang, pergerakan mesin tersebut membuat aliran listrik tersendat dan ujung-ujungnya malah enggak ada listrik sama sekali yang mengalir alias koit," terang Iswadi.

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Bila dilihat secara kasatmata, memang kabel tersebut masih utuh. Namun bila dicek secara saksama, kendalanya akan terlihat. Miomania mau tahu cara pengecekan dan solusinya? Gampang dan bisa dilakukan sendiri kok.

Pengecekan paling awal dengan memeriksa letikan kabel busi. Caranya kabel busi didekatkan ground sambil distarter (gbr.3). "Bila ada masalah pada kondisi kabel, maka letikan api yang keluar tidak stabil. Kadang ada, kadang mati," ungkap pria akrab disapa Adi.

Oke sudah tahu penyebab mesin Mio tiba-tiba mati, sekarang tinggal solusinya. Pertama-tama potong kabel CDI yang putus, sambung dengan kabel baru. "Cukup 5 cm saja (gbr.4). Langkah ini bertujuan agar gerak kabel positif koil lebih leluasa dan tidak ketarik-tarik oleh mesin saat lewat polisi tidur," imbuh pria ramah ini.

Kelar kabel disambung, coba hidupkan mesin dan jajal Mio melibas gundukan atau polisi tidur berulang-ulang. Sekarang pastinya, suplai listrik enggak tersendat lagi. Jangan lupa, kelar sambung-menyambung, rakit kembali semua peranti yang telah dibongkar
sumber: https://otomotifnet.gridoto.com/read/02158754/obat-yamaha-mio-mati-mendadak-panjangin-kabel-5-cm?page=all#!%2F

21. 7 Penyebab Ban Belakang Motor Mio Goyang

Sepeda motor masih menjadi sebuah alat transportasi yang paling banyak dimiliki serta digunakan sebagaian besar masyarakat. Tingginya minat pasar terhadap sepeda motor menjadikan berbagai macam pabrikan otomotif mengeluarkan banyak varian motor bahkan berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dapat dengan mudah ditemukan mengaspal di jalanan. Selain minat pasar atau masyarakat, mulai berkembanganya sarana transortasi berbasis online seperti gojek, grab bike, dan uber moto juga merupakan salah satu alasan banyaknya sepeda motor yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi sehari hari.

ads
Tingginya minat masyarakat mengendarai motor juga berkaitan dengan kondisi jalanan yang identik dengan kemacetan serta masih minimnya fasilitas sarana transportasi umum. Akan tetapi, dibalik tingginya minat terhadap sepeda motor di masyarakat memunculkan sebuah fakta bahwa banyak sepeda motor yang perawatannya sangat abai sehingga memunculkan berbagai masalah teknis pada sepeda motor.
Dalam pembahasan kali ini, hargamotor.co.id akan membahas mengenai salah satu penyebab dari masalah teknis yang muncul pada sepeda motor matic mio. Masalah teknis yang akan dibahas dalam artikel ini adalah kondisi ban belakang sepeda motor matic terbaik di Indonesia yang mengalami goyang. Penyebab ban belakang motor mio goyang tersebut diantaranya adalah beberapa ulasan yang dijelaskan dibawah ini.
  1. Faktor usia dari sepeda motor mio
Salah satu penyebab yang menjadikan ban belakang motor mio goyang adalah faktor usia dari sepeda motor yang cukup tua. Sepeda motor Yamaha Mio pertama kali muncul dipasaran sejak tahun 2003. Seperti halnya pada manusia, komponen sepeda motor yang sudah tua tentu saja akan memiliki performa yang menurun karena sudah terjadi kerusakan dan keausan dari komponen tersebut. Beberapa baut maupun dudukan dari roda juga akan mengalami masalah yang dapat menjadi penyebab ban belakang motor mio goyang terutama jika cara merawat motor matic mio tidak dilakukan dengan benar.
  1. Engine mounting yang bermasalah
Penyebab ban belakang motor mio goyang dapat disebabkan juga oleh kondisi engine mounting pada motor matic mio yang bermasalah. Engine mounting merupakan komponen sepeda motor yang berfungsi sebagai peredam getaran, penyambung, dan bantalan untuk memperkecil getaran yang dihasilkan oleh sepeda motor matic mio. Meskipun jarang digunakan pada daerah maupun jalanan yang dapat menimbulkan getaran kuat, engine mounting tetap akan rusak sering semakin tuanya sepeda motor. Kondisi komponen engine mountin yang rusak ini disinyalir sebagai salah satu penyebab terjadinya ban belakang yang goyang pada sepeda motor matic mio.
  1. Bearing pada ban yang kendur
Selain masalah engine mounting yang aus akibat usia, bearing pada ban yang berhubungan dengan engine mounting juga dapat menjadi penyebab ban belakang motor mio mengalami kondisi goyang. Masalah yang terjadi pada bearing biasanya adalah kondisi bearing yang kendur sehingga ketika motor menikung atau melewati jalanan kasar maka terasa bergoyang. Menganti bearing dengan yang baru merupakan salah satu langkah mengatasi penyebab motor mio ban belakang bergoyang tersebut.
  1. Karet bos engine mounting keras
Kondisi lainnya yang juga dapat menyebabkan roda belakang sepeda motor matic mio terasa goyang adalah karet bos engine mounting yang keras. Cara pengatasan masalah ini cukup mudah yakni tinggal menganti karet lama dengan karet bos engine mountin yang baru. Namun yang menjadi rumit adalah cara pelepasan dan pemasangannya kembali yang butuh teknik khusus. Dalam proses pelepasan karet tersebut usahakan untuk tidak melakukan pemukulan karena dapat menyebabakan crankcase menjadi pecah.


Cara yang paling mudah mungkin dengan mengebor karet yang kerat tersebut sampai hancur. Mata bor yang digunakan harus lebih kecil dari lubang crankcasenya. Setelah karet bekas keluar maka hal selanjutnya adalah menganti dengan karet yang baru dengan kisaran harga pasaran 26 rbu rupiah. Ketika membeli karet ini usahakan untuk mengetahui ukurannya terlebih dahulu karena setiap motor memiliki ukuran karet yang berbeda satu sama lain.
  1. Velg yang bengkok 
Permasalahan lainnya yang dapat menyebabkan sepeda motor mio ban belakangnya goyang terletak pada velg. Velg merupakan rumah dari band sebagai sarana pengerak sepeda motor. Kondisi velg yang bengkok akan menyebabkan ban terutama ban belakang dapat mengalami kondisi goyang ketika dipacu. Bengkoknya velg ini bisa disebabkan oleh benturan yang cuku keras dan sangat sering. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan penyetelan ulang velg namun jika sudah terlalu parah maka langkah paling benar adalah dengan menganti velg yang baru.


  1. Bos swingarm yang aus
Bos swingarm merupakan komponen yang berfungsi menghubungkan roda dengan mesin dan menjaga kestabilannya. Kondisi bos swingarm yang aus dapat menyebabkan masalah pada kestabilan roda sehingga menjadikan roda sepeda motor terutama ban belakang akan mengalami kondisi yang goyang ketika motor digunakan untuk melaju.
  1. Ban yang usang dan suspensi yang bermasalah
Ban sepeda motor terbuat dari bahan karet sehingga dapat usang dan terkadang melembung karena usia pemakaian. Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan roda sepeda motor mio menjadi tidak stabil dan goyang. Selain ban, permasalahan pada komponen suspensi di roda sepeda motor wanita terbaik tersebut juga dapat menyebabkan kondisi serupa.
Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab ban belakang motor mio goyang sehingga dapat menjadi bahan pertimbang dalam cara mengatasi masalah teknis tersebut.
sumber: https://hargamotor.co.id/masalah-teknis/penyebab-ban-belakang-motor-mio-goyang
 
 
 

22. Ban Belakang Matik Goyang, Perhatikan Karet Mounting


Jangan kaget bila suatu ketika roda belakang di motor matik brother terasa goyang. Apalagi saat diajak boncengan, ban belakang seperti bergoyang kayak lagi joget dangdut.
Dari gejala itu banyak pemilik matik yang salah sangka, biasanya banyak yang mengira jika kerusakan pada bagian ban, pelek dan sokbreker.

“Kalau gejalanya seperti itu, sudah pasti deh karet bos engine mountingnya yang kena,” tegas Fujiono Maswani. Dia mekanik Rahmawati Flamboyan Motor di Jl. M. Kahfi 1 No. 67, Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Umur atau pemakain yang sudah lama menyebabkan karet bos engine mounting keras atau ‘ngebata’.
“Akibatnya ban jadi kerasa goyang saat diajak riding,” jelas Fujiono yang tidak ada hubungan dengan Mus Mujiono itu.

Menurut Uji, sapaan Fujiono, solusinya ganti saja karet bos engine mountingnya, beres perkara.
Namun dalam melepas atau memasangnya bukan perkara mudah. Agar gampang melepasnya kudu tahu tekniknya.

Terutama ketika melepasnya. Harus hat-hati, karena biasanya karet bos nempel dan susah dilepas.
“Awas jangan diketok,” wanti Uji. Sebab jika dipukul, crankcase yang pastinya akan kalah. Dudukan karet bos engine mounting di crankcase bakal pecah.

Biasanya jika melepasnya tidak diketok, karet bos dibuka dengan membongkar crankcase, itu artinya harus turun mesin.
Alternatif agar enggak overhoul, saat membukanya karet bos harus dibor hingga hancur. Seperti dicontohkan di Yamaha Mio ini.
Mata bor disesuaikan dengan ukuran bos karet itu. Lalu dorong pelan-pelan karet bos itu sampai keluar dari lubang crankcase.

Ganti karet bos dengan yang baru. Namun harus beli lebih dulu tentunya. Khusus untuk Mio dibanderol Rp 26 ribu satunya.
Karet bos itu ukurannya enggak sama satu dengan yang lain. Jadi, jika membeli bawa karet bos yang lama untuk menyamakan ukurannya,”beber mekanik bertubuh gagah itu.

Kemudian tinggal cara pasangnya. Pres dengan menggunakan baut 12 yang dimasukan ke dalam lubang karet bos.
Pada bagian belakang tahan karet bos dengan laher kode 6300 bekas, lalu kencangkan baut dengan cara memutar mur ukuran 12 yang dimasukan kedalam baut.
Tahan bagian belakang baut agar mur menekan laher dan mendorong karet bos engine mounting.
sumber: https://otomotifnet.gridoto.com/read/02147734/ban-belakang-matik-goyang-perhatikan-karet-mounting?page=all#!%2F

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar