Minggu, 23 September 2018

Cara Mengatasi Permasalahan Stang Motor


1. Cara Memperbaiki Stang Stir Longgar

Cara Memperbaiki Stang Stir Yang Longgar – Kalau kemarin kami telah menjelaskan ciri-ciri stang stir yang terasa berat atau tidak stabil karena terdapat beberapa kemungkinan kerusakan namun pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberi tahukan cara bagaimana memperbaiki stang stir yang longgar.
Ya stang stir motor yang longgar tentu akan membuat pengendara tidak nyaman dalam berkendara dan bisa jadi fatal. Nah stang yang longgar memang sering dialami oleh pengendara yang sering melalui jalan-jalan yang rusak atau tidak rata. Nah untuk memperbaikinya maka kalian harus mengetahui penyebabnya dan penyebab utamanya ya karena mur setelan pada leher stang mulai kendur. Lalu bagaimana Cara Memperbaiki Stang Stir Yang Longgar
Namun sebelumnya kami hanya mengingatkan sebelum jauh kita membahas tentang Cara Memperbaiki Stang Stir Yang Longgar seharusnya pastikan lagi memang yang menyebabkan stang terasa longgar memang karena murnya setelan yang kendur bukan karena yang lain, karena bisa jadi ada kerusakan lain. Mungkin saja stang terasa longgar dan goyang alias tidak stabil karena ada kerusakan komponen lain seperti komstir, segitiga bengkok dll.
Jika memang sudah dipastikan bahwa  mur setelan pada leher stang yang kendur atau berubah setelah maka kalian harus mengikuti ulasan Cara Memperbaiki Stang Stir Yang Longgar dibawah ini.
Berikut Cara Memperbaiki Stang Stir Yang Longgar :

  1. Yang pertama anda harus membuka batok bola lampu dan speedometer
  2. Kemudian buka baut pengunci dan angkat stang
  3. Coba perhatikan dulu, akan nampak mur setelan
  4. Kendurkan dulu mur yang atas dan kencangkan yang bawah
  5. Setelah pas maka kencangkan mur yang diatas untuk menguncinya.
  6. Ulangi lagi langkah 4 dan 5 jika dirasa stir masih agak longgar.
  7. Itulah Cara Memperbaiki Stang Stir Yang Longgar dan silahkan pasang kembali semua komponen yang dilepas tadi seperti semula
Demikianlah Cara Memperbaiki Stang Stir Yang Longgar, cara diatas kami peruntukan khusus motor bebek atau matic ya sob. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob. Sampai jumpa lagi.
sumber: https://maticmotor.com/cara-memperbaiki-stang-stir-yang-longgar/


2. 3 Penyebab Setang Motor Bergetar

Foto: dok detikOto Foto: dok detikOto
Jakarta - Selamat siang, motor saya Honda Kharisma X 125 cc. Kenapa ya kalau dipakai ngebut khususnya kecepatan di atas 100 km/jam, setangnya getar dan susah dikendalikan?

Solusinya bagaimana ya?
Terima kasih
Surya

Jawaban:
Hallo bro Surya,

Menanggapi konsultasi Anda mengenai stang getar dan susah dikendalikan bisa jadi penyebabnya dari 3 hal seperti pelek oleng, ban luar/dalam tidak rata, atau kombstir terlalu longgar.

Pelek oleng bisa diperbaiki dengan membawanya ke tukang press pelek. Untuk ban luar yang tidak rata ini karena kembang ban yang tidak rata sedangkan ban dalam bisa jadi karena ada bekas tambalan ban yang terlalu nonjol sehingga saat diisi angin jadi tinggi sebelah, sehingga solusinya harus ganti ban.

Sedangkan untuk kombstir yang longgar bisa dicek dahulu kondisi con race / steel ball kombstir apakah masih bagus atau engga, kalau masih bagus bisa disetel saja agak kencang.

Silakan di coba cek poin-poin di atas dan pastikan isi angin ban sesuai dengan standar

Demikian, pendapat saya, semoga bermanfaat.



Terimakasih

Salam - Andriyanto
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-3367041/3-penyebab-setang-motor-bergetar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar