Minggu, 23 September 2018

Cara Pasang Lampu LED Motor Mio

Cara Pasang Lampu LED Motor Mio

Saat ini, lampu LED sudah cukup banyak digunakan pemilik kendaraan, tidak terkecuali bagi para pengendara motor matic. Berbagai kelebihan lampu LED dibandingkan lampu motor standar memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain bisa dipasang di bengkel resmi, sebenarnya Anda sendiri sebagai pemilik motor juga dapat memasang lampu LED-nya sendiri. Bahkan, hanya perlu hitungan menit saja untuk memasangnya.

Menurut Yoga, selaku salah satu staf Ovvio, produsen di gelar GIIAS 2015 lalu, cara memasang lampu LED di motor sangatlah mudah, tinggal plug and play saja. Ia juga menjelaskan bahwa tahap pertama yang mesti dilakukan ialah membongkar rumah lampu, kemudian melepaskan lampu standarnya. Cara ini bahkan sama dengan cara memang lampu lainnya baik lampu projie hingga HID. Bedanya hanya di jenis lampu saja.
Namun, sebelum Anda memasang lampu LED pada motor Mio, ada baiknya Anda memperhatikan soal sistem kelistrikan motor tersebut. Biasanya jika memasang lampu tambahan yang bukan bawaan motor, maka aki bisa boros bahkan langsung cepat drop. Oleh sebab itu, kiprok motornya diganti saja agar pengisiannya lebih besar.
Loading...
Bukan hanya itu, penggunaan lampu LED atau HID pada motor sebenarnya lebih rumit dibandingkan pada mobil karena motor masih menggunakan sistem kelistrikan AC atau Alternating Current atau sistem semi DC atau Direct Current, bisa juga sistem yang arusnya tetap meski belum keseluruhan. Walaupun sudah disokong dengan sistem kelistrikan DC, pengguna lampu HID pada motor harus diganti kiprok karena memiliki daya yang cukup besar. Oleh sebab itulah, pengguna motor lebih memilih lampu LED yang lebih kecil dari segi daya (watt).

Sebelum melakukan pemasangan lampu LED pada motor Mio, ada baiknya Anda harus memperhatikan kondisi kendaraan terlebih dahulu. Komponen yang harus diperhatikan diantaranya ialah kondisi aki harus masih bagus, pastikan kondisi kiprok aslinya masih beroperasi dengan baik, dan kenali serta cari posisi kiprok motor.
Jika semua komponen masih dalam kondisi bagus, maka Anda persiapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan yaitu obeng, kunci pas untuk buka bodi motor, obeng (-) atau benda runcing, kabel AWG dan solusi lisrik. Apabila semua sudah siap, maka beginilah cara memasang lampu LED pada motor Mio:
· Bukalah bodi dibelakang yang terdapat kiprok pada motor
· Buka juga soket kiprok asli yang ada di motor
· Lepaskan dan cabut kabel warna kuning di soket kiprok memakai obeng (-). Kabel ini lalu dibungkus dengan solasi
· Carilah kabel dari spull motor Mio Anda, kemudian lepas kabel pengisian ke lampu yang dari atas.
· Lalu sambungkan kabel tersebut dengan kabel tambahan yang sudah dipersiapkan dari awal
· Setelah disambung, pasanglah kabel tambahan tersebut ke kabel kontak berwarna merah bergaris hitam motor Mio Anda.
· Pastikan sambungan kabel tadi dibungkus dengan rapi menggunakan solasi listrik.
· Selesai.
sumber: http://motorbalap.id/cara-pasang-lampu-led-motor-mio/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar