Minggu, 09 September 2018

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup

Tips dan Trik Mengatasi Motor Susah Hidup Terbaru 2016

rangkaian-mesin-motor-e1412983538301
Sistem Kerja Motor
Dijaman sekarang ini, orang semakin sibuk dengan pekerjaanya sehingga kadang untuk merawat kendaraannya pun tidak ada waktu. Padahal namanya kendaraan bila tidak di service atau tidak dirawat dengan baik tentunya bisa mengalami kerusakan yang bisa mengakibatkan motor susah hidup. Kali ini penulis mau share artikel tentang Tips dan Trik Mengatasi Motor Susah Hidup Terbaru 2016.
Kalau menurut penulis merawat motor itu sangat mudah, bisa kita rawat sendiri di rumah tanpa harus mengantri dibengkel. Bila kita merawat sendiri kendaraan yang sering kita gunakan tentunya memiliki kelebihan seperti tidak memakan waktu, tidak menambah biaya dan tentunya memberikan kepuasan tersendiri. Untuk itu kita harus paham apa aja yang  perlu diperhatikan supaya kendaraan kita selalu prima untuk diajak beraktivitas .
Sesuai judul artikel diatas, kali ini penulis mau membahas dulu penyebab terjadinya motor susah hidup. Kebanyak motor susah hidup itu diakibatkan pemilikinya jarang merawat atau menjaga kondisi motor nya. Untuk lebih jelasnya penulis sudah merangkumnya dibawah ini.
screenshot_3
Isi Slinder Motor

Gejala Motor Susah Hidup

  • Pembakaran Tidak Sempurna – Ini biasanya gejala awal motor sobat susah hidup, dikarenakan pengeluaran bahan bakar tidak seimbang dengan pembakaran, sehingga terjadi penumpukan sisa pembakaran diruang bakar.
  • Busi – Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada bagian tengah busi terdapat elektroda yang dihubungkan dengan kabel ke coil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground dibawah busi, membentuk suatu celah percikan di dalam silinder. Busi tentunya memiliki peran penting dalam sistem pebakaran, bila kita jarang mengecek komponen ini tentunya ini menjadi pemicu utama terjadinya motor susah hidup. Sebab busi sendiri memiliki waktu masa pakainya dan apalagi bila tidak didukung dengan sering membersihkannya, tentunya busi mudah sekali mati.
  • Cdi – Capacitor Discharge Ignition atau CDI berpungsi untuk mengatur waktu/timing untuk meletikan api pada busi yang sudah dibesarkan oleh coil untuk memicu pembakaran pada ruang bakar mesinDengan menggunakan Cdi yang baik tentunya lontaran api menjadi lebih cepat sehingga pembakaran di mesin menjadi lebih sempurna.
  • Karburator – Untuk yang satu ini pasti sobat udah pada taukan sistem kerjanya, nah bila komponen ini tidak berpungsi seperti semestinya tentunya bahan bakar menjadi tersumbat, sudah bisa dipastikan motor tidak akan hidup.
  • Kompresi – Fungsi kompresi pada motor adalah proses penekanan udara oleh piston dari TMB menuju TMA yang  telah bercampur dengan bahan bakar. Udara yang telah di kompresi jelas volumenya akan berubah menjadi lebih kecil. Pada proses ini diharapkan udara dan bahan bakar menjadi homogen sehingga ketika busi memercikan api akan mendapatkan kualitas pembakaran yang sempurna. Udah tau kan gimana kerja kompresi pada motor sobat, bila kompresi kita tidak didukung dengan komponen yang baik seperti, seher, ring seher dan klep tentunya motor sobat akan mengalami susah hidup atau tidak mau hidup sama sekali.
  • Koil – Fungsi koil pada sistem pengapian kendaraan sangat sederhana, yaitu menaikkan tegangan listrik dari aki yang cuma 12 volt, menjadi ribuan volt. Arus listrik yang besar ini disalurkan ke busi, sehingga busi mampu meletikkan pijaran bunga api. Nah bila koil tidak bekerja dengan baik tentunya sistem pembakaran di motor sobat menjadi tidak sempurna, berakibat penumpukan sisa bahan bakar di busi sehingga busi menjadi basah dan tentunya motor susah hidup dan busi sangat mudah mati.
  • Pilot Jet dan Mainjet – Pilot jet itu berfungsi mengalirkan bahan bakar dari mesin dalam posisi stasioner sampai rpm menengah dan untuk pungsi Main Jet juga dipakai sebagai part pendukung karbu untuk mensuplai bahan bakar ke ruang bakar. Walau fungsinya sama, namun main jet akan bekerja mengalirkan bahan bakar saat putaran mesin sudah ada di tengah sampai atas. Nah kebanyakan orang salah kaprah mengganti parts yang satu ini. Penulis kasih contoh, biasanya orang sehabis ganti knalpot pasti disuruh mengganti pilot jet dan mainjet nya. Namun kebanyak, ukuran pilot jet dan mainjet tidak seimbang sama kebutuhan mesin dan yang terjadi malahan bahan bakar terlalu besar sehingga terjadi penumpukan bahan bakar di mesin.Yang terjadi bahan bakar menjadi boros dan sudah dipastikan busi menjadi cepet mati.
Nah gimana sob, udah pada tau kan kenapa motor sering mengalami kendala susah hidup, nah kali ini penulis mau ngasih Tips dan Trik Mengatasi Motor Susah Hidup Terbaru 2016. Sebenernya kendala ini terjadi diakibatkan kelalaian pemilikinya karena tidak rutin merawat motor secara berkala. Untuk tips dan trik nya sendiri penulis merangkumnya dbawah ini, baca sampai tuntas ya.
karburator
Mekanik Karburator

Tips dan Trik Mengatasi Motor Susah Hidup

  • Sebelum melangkah lebih jauh cek dulu kondisi api di ujung kabel busi, buka dulu padud busi lalu kontak dalam posisi on terus coba tempelin kabel busi ke bodi motor sambil di selah-selah, perhatikan apakah api busi keluar warna biru bila busi berwarna biru berarti pengapian gak ada masalah.
  • Lanjut buka busi, cek kondisi busi apakah kepala busi basah, bila busi basah coba di keringkan dulu sambil di cek kerapatan businya. setelah itu masukan busi ke padud busi terus tempelkan busi ke bodi motor, bila percikan api berdada dipingiran berarti busi mengalami kerusakan namun bila percikan busi berada ditengah berarti busi gak ada masalah.
  • Karburator tentunya perlu di cek, ditakutkan ada air masuk ke karburator sehingga bahan bakar tidak mau turun ke ruang pembakaran. Untuk kondisi penanganan pertama coba buang dulu bensin melalui pembuangan bensin menggunakan obeng + sampai kering, udah selesai coba hidupkan motor sambil tuas cup di posisi on.
  • Namun bila mengalami kendala motor hidup lalu dipakai beberapa meter mesin mati kemungkinan CDI udah lemah, jadi sebaiknya pinjem CDI motor temen untuk mencobanya, sebab banyak sekali kemungkinan, koil atau spul yang udah lemah.
  • Namun penulis mengalami pada motor Mio, lagi enak-enak jalan tiba-tiba mesin mati, di cek api bagus, busi bagus dan bahan bakar juga stabil. Usut punya usut ternyata di motor mio penulis tidak ada kompresi, untuk pertolongan pertama buka busi lalu masukan oli mesin kedalam lubang busi lebih baiknya menggunakan sedotan. Ingat jangan terlalu banyak tapi secukupnya aja setelah itu coba selah-selah sampai kompresi kembali. Penyebab tidak ada kompresi diakibatkan klep terganjal kotoran sehingga kompresi menjadi bocor.
  • Untuk lebih lanjut, cek juga kabel bodi pada motor sobat ditakutkan ada yang putus atau lepas. Sebab bila motor udah mempunyai umur kabel bodi sangat rentan putus. Untuk mengeceknya bisa menggunakan peniti lalu di urut mulai dari Kabel CDI dengan cara ditusukan ke kabel lalu motor diselah-selah sambil ujung peniti ditempelkan ke rangka motor. Bila ada percikan berarti kabel CDI ga ada masalah. Setelah itu urut terus dari spul, koil sampai kabel busi. Jangan lupa juga cek kabel kunci kontak siapa tau ada yang lepas di bagian soketnya.

Mudah-mudahan Tips dan Trik Mengatasi Motor Susah Hidup Terbaru 2016 ini bermanfaat untuk sobat semuanya dan jangan lupa untuk merawat motor walau secara sederhana. Untuk lebih baiknya sobat bisa membongkarnya dirumah, tentunya dimulai dari yang ringan-ringan dulu. Nah penulis sendiri sudah merangkum tips dan trik merawat motor dirumah, sehingga motor selalu dalam kondisi prima untuk menemani soba beraktifitas sehari-hari.
cvt
CVT Matic

Tips dan Trik Merawat Motor

  • Biasakan mengganti oli mesin secara berkala, supaya parts-parts dalam mesin selalu terlindungi dari kotoran oli yang sudah kotor. Bila sobat mengganti oli dirumah, usahakan buang oli pada malam hari biarkan oli sampai pagi hari menetes sehingga oli yang kotor benar-benar bersih dari mesin.
  • Bersihkan busi dari kotoran sisa pembakaran minimal 2 bulan sekali sambil mengecek hasil pembakaran motor sobat, untuk membersihkanya bisa menggunakan amplas halus.
  • Bersihkan karburator minimal 2 bulan sekali menggunakan Carbucleaner, untuk tutorialnya nanti penulis buatkan sesuai motor sobat gunakan, jadi tinggal bilang saja.
  • Untuk yang menggunakan aki basah jangan lupa ditambahkan air aki namun jangan terlalu penuh. Jangan lupa juga baud aki + sama – dikasih gemuk atau grase supaya tidak berkarat.
  • Bila musim hujan datang bisanya grip gas dan kopling suka berkarat sehingga menyebabkan gas atau kopling menjadi seret. Untuk membersihkanya bisa menggunakan bensin dulu setelah itu dikasih minyak sayur, Insyallah gas dan kopling kembali lancar.
  • Untuk yang menggunakan motor matic jangan lupa untuk rutin mengganti oli gearbox nya dan tentunya harus rajin membersihkan dan selalu menambahkan gemuk atau grease pada parts-parts di dalam CVT. Biasanya bila CVT sudah kotor pasti mengeluarkan bunyi yang lumayan berisik.
  • Kampas rem tentunya harus di cek secara berkala untuk memberikan keamanan saat berkendara dan tentunya untuk menjaga disc supaya tidak baret. Jangan lupa juga untuk menambah minyak rem untuk yang menggunakan disc break.
  • Tidak lupa juga lumasi dan atur kekencangan rantai supaya menjaga dari terjadinya putus rantai dijalan.
Tentunya dengan kita sering merawat motor secara berkala pastinya motor akan tetap bekerja secara maksimal. Sehingga parts-parts didalam mesin selalu dalam kondisi yang baik dan minimal selama 3 tahun motor sobat tidak perlu mengganti parts. Penulis sendiri memiliki beberapa kunci-kunci untuk menunjang ketika ingin membongkar motor dirumah. Kepuasan mungkin hal yang pertama ketika kita bisa membongkar sendiri namu tidak sampai disitu tentunya kita bisa menghemat pengeluaran setiap bulanya.
sumber: https://www.otoplanet.com/tips-dan-trik-mengatasi-motor-susah-hidup-terbaru-2016/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar