Minggu, 09 September 2018

Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling


Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar


otoplanet – Halo guys apa kabarnya, mudah-mudahan dalam kondisi sehat selalu ya dan mohon maaf banget dalam beberapa hari kebelakang penulis jarang membuat artikel dikarenakan lagi hobi bikin vlog. Untuk temen-temen yang mau lihat video nya bisa dilihat di chanel otoplanet.com. Di kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar.
Kampas kopling sangat berguna bagi kendaraan bermotor, kampas kopling sendiri berguna untuk menyalurkan tenaga mesin ke transmisi. Jika kampas kopling habis akan berimbas kepada tenaga motor yang dihasilkan dan dengan kata lain sekencang apapun motor sobat jika tidak dibarengi dengan kampas kopling yang baik maka tenaga mesin tidak akan dapat disalurkan dengan baik kebagian roda.
Teman-teman penulis sendiri mengeluhkan kopling jupiter mx sering banget bermasalah, padahal penggantian kampas nya menggunakan kampas orginal atau asli. Memang masalah ini tidak satu dua yang mengeluhkan namun bisa dibilang hampir semua merasakannya termasuk temen penulis juga. Hal yang sering dirasakan jika kopling habis biasanya seperti :

Gejala Kampas Kopling Habis

  • Motor tidak bertenaga diputaran bawah.
  • Tidak ada hentakan awal.
  • Bahan bakar menjadi boros.
  • Perpindahan gigi menjadi keras.
  • Susah di selah, karena selalu ngelos ketika diselah.
Jika sobat mengalami hal diatas sebaiknya sobat cepat-cepat mengganti kampas kopling karena bisa berakibat atau dapat merusak parts lain didalam mesin motor. Namun bagi motor Jupiter Mx, penyakit kopling ini seperti mendarah daging apalagi bagi Jupiter Mx keluaran 2006 sangat seri sekali terjadi, bahkan tidak bertahan sampai 1 tahun. Namun di artikel Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar, penulis akan membahasnya secara mendalam.
Lanjut ya sob membacanya….
Namun pihak Yamaha sendiri sudah memberikan solusi yaitu dengan membuat bolongan dengan dibor dengan mata bor yang terkecil dengan ukuran 10 mili, pada bagian Primary Driven Gear, Boss Clutch dan Plate Pressure. Oni diperuntukkan untuk keluar masuknya oli mesin pada kopling,” ujarnya.
Lalu bagaimana cara untuk membuat bolongan pada Primary Driven Gear dan Boss Clutch?
“Untuk membuat bolongan pada Primary Driven Gear(rumah kopling) dan Boss Clutch itu tidak sembarangan. Pertama membuat bolongan jangan terlalu besar, hanya berukuran 10 mm. setelah itu membuat bolongan Primary Driven Gear dilakukan secara selang seling. Dan untuk membuat bolongan pada Boss Clutch ini dilakukan dalam bentuk zig-zag. Hal ini dapat mengurangi cepat habisnya kampas kopling Jupiter Mx namun tidak menghilangkan gejala mudah slipnya kopling di motor MX.
Nah jika sobat ingin mengganti kampas kopling motor MX, penulis sudah mempersiapkan tutorialnya dibawah ini. Ok sob langsung aja ya….

Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar


1. Buang Oli Mesin 
Hal yang perlu sobat lakukan adalah buang dulu oli mesinya suapaya tidak tumpah ketka membuka bak koplingnya
2. Buka baut pijakan kaki / step
Setelah oli mesin terbuang, sobat bisa membuka baut step menggunakan kunci 14, lebih baik menggunakan kunci ring supaya baut step tidak rusak. Untuk baut stepnya sendiri ada 4 baut ya.
3. Buka baut Kickstarter / Selahan
Setelah baut step terlepas, sobat bisa langsung membuka baut selahan supaya tidak menghalangi ketika sobat mau melepaskan bak kopling.

4. Buka baut blok mesin / bak kopling
Untuk membuka baut bak kopling, sobat harus menggunakan kunci t8 supaya memudahkan saat membukanya dan untuk baut blok sendiri terdapat 10 baud. Setelah baut terlepas sobat bisa mengeluarkan blok secara perlahan namun jika diarasa keras, sobat bisa menggentok nya dengan palu karet. Namun perlu hati-hati saat pemasanganya karena ukuran panjang baut nya berbeda-beda, so harus diingat ya sob jangan sampai tertukar.

5. Lepaskan baut penutup per kopling
Setelah bak kopling terlepas, sobat bisa langsung membuka baut pengunci per kopling. Untuk membukanya sobat bisa menggunakan kunci T10 agar memudahkan saat melepasnya. Namun perlu ketelitian saat melepasnya sebab penutupnya bisa mental karena memang di dalamnya ada pernya. Setelah per koplingnya lepas, sobat bisa mengecek kulaitas pernya, masih bagus apa tidak. Jika sudah tidak ngeper atau pantulanya lemah sobat wajib menggantinya agar hentakan motornya lebih responsif.

6. Lepas dan pasang kampas kopling
Setelah semuanya terlepas, sobat bisa melepaskan kampas kopling bekas dan menggantinya dengan kampas kopling baru. Untuk urutan pemasangan kampas kopling, pertama, pasang kampas kopling lalu plat kopling lalu pasang kampas kopling sampai semuanya selesai. Namun jika plat kopling sudah tipis sebaiknya sobat menggantinya supaya hasilnya lebih maksimal.
Untuk memasangnya kembali kopling Jupiter Mx, sobat bisa mengikuti tutorial diatas namun harus hati-hati ya sob suapaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak lupa juga penulis bilangin, jangan lupa pasang oli mesin nya kembali namun penulis menyarankan menggunakan oli baru dan harus sesuai takaran oli yang dianjurkan Yamaha.
Mungkin artikel tentang Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar cukup sampai disini ya sob dan mudah-mudahan artikel yang penulis sampaikan kali ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi insfirasi ketika sobat ingin membongkarnya dirumah. Jangan lupa juga baca artikel lainya seperti Tanda- Tanda Gejala Motor Harus Turun Mesin dan baca juga artikel tentang Tips dan Cara Mengatasi Knalpot Racing Nembak.
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-mengganti-kampas-kopling-dan-cara-memperbaiki-kopling-jupiter-mx-dengan-benar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar