Minggu, 09 September 2018

Ciri-Ciri Komstir Motor Rusak dan Cara Mengatasinya


Ciri-Ciri Komstir Rusak dan Cara Mengatasi Komstir Rusak


Komstir adalah komponen pedukung agar motor sobat nyaman saat berbelok namun kadang kala motor sobat tiba-tiba berat atau serasa ngebanting ketika berbelok.
Namun sebelum sobat menjudge atau mengambil keputusan bahwa komstirnya rusak ada baiknya cek kondisi angin atau bearing sobat.
Jika masih bingung baca artikel Ciri-Ciri Komstir Rusak dan Cara Mengatasi Komstir Rusak.
Komstir rusak bisa diakibatan karena pemilik motor kurang berhati-hati ketika melewati jalanan rusak atau bisa juga karena terkena lubang di jalanan.
Jika hal ini terjadi lam kelamaan bola-bola di dalam komstir mulai aus apalagi jika jarang diberikan gemuk atau dibersihkan.
Namun sebelum sobat mengganti komstir baru ada baiknya di kencangkan dahulu namun jika malah bertambah berat lebih baik menggantinya.
Namun bagi sobat yang masih bingung dengan ciri-ciri komstir rusak, sobat bisa melihatnya dibawah ini agar lebih paham dan bisa sobat pastikan bahwa memang komstir nya yang rusak. Yuk lanjut yak sob membaca nya,,,,

Ciri-Ciri Komstir Rusak

  • Belok Terasa Berat – Gejala yang umum terjadi stang motor terasa berat saat berbelok dan bila sudah parah motor terasa goyang dan serasa negbanting.
  • Stang Terasa Goyang – Point kedua, bila hal pertama sudah terasa lama kelamaan akan timbul gejala stang terasa goyang dan terasa mau copot. Biasanya sebelum menggati komstir, kebanyakan orang akan mengencangkannya dahulu namun jika malah tambah berat berarti memang komstirnya rusak.
  • Getaran Ban Semakin Terasa – Getaran ban semakin terasa di tangan. Semakin terasanya gataran ban di motor akibat stang yang seharusnya statis menjadi tidak stabil. Sehingga getaran semakin terasa.
  • Terdengar Bunyi Dug-dug – Sewaktu melewati jalan bergelombang sering terdengar bunyi duk-duk pada bagian depan stang dan terasa oblak.
  • Rem kurang pakem –  Akibat dari komstir rusak rem jadi kurang pakem. Penjelasannya, ketika di lakukan pengereman akan ada sedikit jeda sebelum roda berhenti.
Jika sobat mengalami hal-hal yang penulis sebutkan diatas berarti besar kemungkinan komstir sobat rusak.
Namun sebelum sobat menggatinya alangkah baiknya coba bongkar dahulu siapa tau rumah komstirnya tidak luka dan bisa juga karena cuma kuran grase atau gemuk saja.
Namun jika setelah sobat sudah membersihkan dan sudah memberikan gemuk, akan tetapi masih terasa gejala hal diatas berati memang sudah waktunya untuk menggantinya.
Untuk komstirnya sediri sangat banyak pilihan di pasaran dan malahan ada tipe komstir model bambu. Katanya sih lebih tahan lama model ini.
Namun penulis sendiri belum pernah mencobanya. Masih percaya komstir orginal pabrikan.
Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Ciri-Ciri Komstir Rusak dan Cara Mengatasi Komstir Rusak dan semoga artikel kali ini bermanfaat.
Jangan lupa baca artikel menarik lainya, seperti Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat dan baca juga artikel tentang Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar. Terimakasih
sumber: https://www.otoplanet.com/ciri-ciri-komstir-rusak-dan-cara-mengatasi-komstir-rusak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar