Minggu, 09 September 2018

Cara Merawat Motor Matic

1. Tips dan Trik Cara Merawat Motor Matic Dengan Mudah

  • Service karburator adalah hal wajib untuk kendaraan roda dua, biasanya karburator mudah sekali kotor apalagi bila jarang sekali ganti filter udara.
  • Filter udara sangat penting sekali untuk menjaga udara yang masuk ke ruang pembakaran, karena kebanyakan orang suka menyepelekan hal satu ini, padahal ini bisa menyebabkan kerusakan lebih parah dan memerlukan biaya cukup besar.
  • Klep juga perlu diperhatikan juga ya sob, karena lama kelamaan klep suka renggang atau kendor. Biasanya tanda-tandanya bisa terdengar dari bunyi mesin menjadi kasar atau mengeluarkan suara crek-crek, nah bila kedengeran suara mesin seperti itu mintalah bengkel untuk menyeting ulang.
  • Karena motor matic tidak menggunakan rantai tapi menggunakan vanbalt, sebaiknya periksalah secara berkala karena lama kelamaan venbalt suka retak atau getas. Ngeri kan kalau tiba-tiba dijalan vanbalt putus.
  • Kampas ganda juga berperan penting dalam melontarkan power motor, karena sekencang apapun motor namun bila kampas ganda abis ya percuma juga kan. Hal yang sangat terasa bila kampas ganda abis, motor tidak memiliki hentakan atau slip pas motor mau jalan atau pas motor di gentak.
  • Loler, nah loler juga berguna terhadap perubahan variable dari variator tentunya akan sangat berpengaruh ke performace yang akan dihasilkan motor matic. Loler juga memiliki gram yang berbeda-beda tergantung trek yang sering dilalui, seperti bila sobat sering melewati jalanan macet bisa menggunakan loler 12 atau 13 gram namun jika sobat membutuhkan top speed bisa menggunakan loler 14gram.
  • Perangkat CVT diwajibkan dibersihkan minimal 2 bulan sekali dan diwajibkan di lumasin ulang atau dikasih gemuk, awas ya gemuk nya ada khusus buat CVT. Biasanya gejala yang terdengar, dari bunyi motor atau bersuara critcrit kaya suara tikus pas pertama jalan motor.
  • Kampas rem juga wajib diperhatikan sob, apalagi kampas rem yang belakang, sangat mudah sekali kotor sehingga pengereman menjadi tidak maksimal atau menjadi tidak pakem. So, bersihkan kampas rem motor minimal 3 bulan sekali apalagi bila motor sering banget dipergunakan. Sayang sekali rem belakang motor matic belum menggunakan disc break hanya motor matic premium aja yang menggunakannya, seperti Yamaha Nmax dan Honda PCK 150
  • Air aki perlu diperhatikan juga sob, biasanya sih motor agak tua masih menggunakan aki basah. Cek secara berkala air aki dan jangan sampai kekeringan karena dapat merusak komponen pada aki dan jangan lupa juga baut aki sebaiknya diberikan gemuk biar tidak berkarat.
  • Jangan lupa juga untuk mencucinya, tentunya untuk menjaga rangka tetap bersih dan untuk menjaga agar rangka motor tidak berkarat.

mesin-kanan
Tips dan Trik Cara Merawat Motor Matic Dengan Mudah
Semakin rajin kita menjaga dan merawatnya, bisa dipastikan motor akan tetap prima dan akan selalu siap menemani aktifitas kita sehari-hari. Pokoknya rajin-rajin untuk mengganti oli mesin, jangan sampai oli mesin kehabisan karena sangat berakibat fatal terhadap kelangsungan umur parts mesin sobat.
Bila mesin sobat mengalami kerusakan pada bagian mesin tentunya sobat harus mengeluarkan biaya cukup besar. Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Tips dan Trik Cara Merawat Motor Matic Dengan Mudah.
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-merawat-motor-matic/

2. Membuat Performa Motor Matic Tetap Top Periksa 5 Komponen Ini

Agar motor matic tetap primaMeningkatkan, menambah atau membikin performa tenaga motor matic lebih kencang maksimal dan tetap stabil memerlukan setting yang tepat dan saling berhubungan diantara beberapa komponen mesinnya.
Untuk keperluan harian memang tidak perlu melakukan ubahan yang besar atau terlalu ekstrim terhadap mesin, cukup dengan beberapa tindakan kecil agar performa yang dihasilkan lebih optimal saja.
5 komponen yang sangat berperan penting untuk membuat performa motor matic lebih mantap yaitu:
[checklist]
  • Busi
  • Filter Udara
  • CVT
  • Oli (Pelumasan)
  • Ban
[/checklist]

Membuat motor matic tetap stabil dan optimal dengan tips sederhana

1. Busi

Komponen yang satu ini wajib mendapat perhatian khusus karena fungsi utama adalah sebagi pusat penyalaan (pengapian) dari bahan bakar yang sudah di suplai di dalam blok silinder.
Jangan tunggu sampai busi mati, idealnya, mengganti busi dilakukan setiap 8 ribu – 10 ribu kilometer agar pengapian tetap prima. Simak juga ulasan tentang masalah busi cepat hitam dan mati.

2. Filter udara

Sesuai dengan namanya, filter adalah penyaring. Komponen ini berperan penting untuk menghasilkan udara murni menjadi muatan segar yaitu campuran bahan bakar dengan udara yang bebas dari debu atau material lainnya.
Jika udara yang terhisap kedalam ruang bakar bercampur dengan debu atau kotoran maka sangat beresiko akan mempengaruhi proses pembakaran dan tentunya akan meninggalkan kerak.
Indonesia dengan iklim tropis tentu saja membuat komponen filter udara pada motor jadi perhatian. Apabila kotor, filter udara bisa dibersihkan menggunakan kompresor.
Tapi, sebagaimana aturan pabrikan, gantilah filter udara motor matik setiap mencapai jarak tempuh 15.000 kilometer.

3. CVT Unit

Bila pada motor manual menggunakan gear dan rantai sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang, maka motor matik menggandalkan CVT untuk mentransfer tenaga menjadi putaran roda belakang.
Kotornya area CVT berpengaruh pada performa motor matik. Biasanya, komponen yang perlu diperhatikan adalah roller, v-belt, dan kampas kopling. Baca juga tentang tanda kerusakan V-belt dan komponen CVT.

4. Oli (pelumasan)

Sudah menjadi kebutuhan pokok pada setiap mesin bermotor agar dapat meredam semua bentuk gesekan menjadi lebih minim serta membuat suhu mesin tetap stabil.
Oli mesin untuk motor telah dibedakan menjadi bermacam jenis dan type sesuai dengan fungsi dan zat adiktif pelengkapnya. Simak lebih lengkap pada artikel tentang memilih oli terbaik untuk motor matic.

5. Ban

Ban merupakan komponen yang langsung berhubungan dengan jalan. Kerusakan pada karet bundar ini beragam. Bisa bocor, kurang angin, hingga tapak ban yang sudah gundul.
Memilih ban tidak boleh sembarangan karena juga memiliki karakter yang beragam sesuai dengan fungsinya.
sumber: http://maticmotor.com/bikin-performa-tenaga-lebih-top-kencang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar