Senin, 10 September 2018

Cara Mengganti Bagian Kopling pada Motor

1. Mengganti Bagian Kopling Supra X125 Helm In

Jakarta - Hallo detikOto. Saya mau bertanya mengenai spare part motor. Saya memiliki motor Supra X 125 Helm In Carbu tahun 2011, rencananya saya mau mengganti rumah kopling (mangkok kopling ganda) dan kanvas kopling ganda motor saya, tapi saya bingung dan takut salah.

1. Manakah kode yang benar untuk mangkok kopling ganda Supra X 125 Helm in ori (22530-KPH-900 atau 22535-KPH-309)

2. Kanvas kopling ganda Supra X 125 helm in sama tidak dengan Supra X 125 yang lainnya.

3. Untuk mangkok/rumah kopling ganda Supra X 125 Helm in apakah juga sama dengan Supra x 125 yang lainnya.

Mohon penjelasannya.
Terima Kasih
Muhibuddin - Palembang

Jawaban:

Selamat pagi Bro Muhibuddin, salam detikOto. Saya coba menjawab pertanyaan Anda mengenai kopling ganda Supra X 125 Helm in ya.

1. Part number mangkok kopling supra x125 helm in : 22660KYZ901
2. Untuk kode kanvas kopling gandanya adalah: 22535KPH309. dan ini berbeda dengan punya Supra x 125 lainnya. Namun jika diaplikasikan ke Supra X 125 Helm in bisa saja akan tetapi ada kemungkinan ada sedikit noise/bunyi saat oper gigi, karena part number tersebut bukan pasangan sebenarnya.

3. Mangkoknya pun part numbernya berbeda, jadi jika diaplikasikan dari Supra 125 ke tipe helm in menurut pengalaman kami akan timbul noise seperti mesin dengung.
Karena bagian kopling ini cukup sensitif sehingga tidak mudah untuk menemukan komponen yang cocok untuk saling tukar.

Kalaupun bisa kemungkinan besar ada efek samping berupa suara mesin yang tidak normal seperti biasanya.

Jadi saran terbaik kami silahkan menggunakan suku cadang sesuai dengan part number yang direkomendasikan agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan.
Demikian jawaban dari kami semoga bermanfaat.

Terimakasih.
Salam
Andriyanto - Bintangmotor
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-3445056/mengganti-bagian-kopling-supra-x125-helm-in


2. Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar


otoplanet – Halo guys apa kabarnya, mudah-mudahan dalam kondisi sehat selalu ya dan mohon maaf banget dalam beberapa hari kebelakang penulis jarang membuat artikel dikarenakan lagi hobi bikin vlog. Untuk temen-temen yang mau lihat video nya bisa dilihat di chanel otoplanet.com. Di kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar.
Kampas kopling sangat berguna bagi kendaraan bermotor, kampas kopling sendiri berguna untuk menyalurkan tenaga mesin ke transmisi. Jika kampas kopling habis akan berimbas kepada tenaga motor yang dihasilkan dan dengan kata lain sekencang apapun motor sobat jika tidak dibarengi dengan kampas kopling yang baik maka tenaga mesin tidak akan dapat disalurkan dengan baik kebagian roda.
Teman-teman penulis sendiri mengeluhkan kopling jupiter mx sering banget bermasalah, padahal penggantian kampas nya menggunakan kampas orginal atau asli. Memang masalah ini tidak satu dua yang mengeluhkan namun bisa dibilang hampir semua merasakannya termasuk temen penulis juga. Hal yang sering dirasakan jika kopling habis biasanya seperti :

Gejala Kampas Kopling Habis

  • Motor tidak bertenaga diputaran bawah.
  • Tidak ada hentakan awal.
  • Bahan bakar menjadi boros.
  • Perpindahan gigi menjadi keras.
  • Susah di selah, karena selalu ngelos ketika diselah.
Jika sobat mengalami hal diatas sebaiknya sobat cepat-cepat mengganti kampas kopling karena bisa berakibat atau dapat merusak parts lain didalam mesin motor. Namun bagi motor Jupiter Mx, penyakit kopling ini seperti mendarah daging apalagi bagi Jupiter Mx keluaran 2006 sangat seri sekali terjadi, bahkan tidak bertahan sampai 1 tahun. Namun di artikel Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar, penulis akan membahasnya secara mendalam.
Lanjut ya sob membacanya….
Namun pihak Yamaha sendiri sudah memberikan solusi yaitu dengan membuat bolongan dengan dibor dengan mata bor yang terkecil dengan ukuran 10 mili, pada bagian Primary Driven Gear, Boss Clutch dan Plate Pressure. Oni diperuntukkan untuk keluar masuknya oli mesin pada kopling,” ujarnya.
Lalu bagaimana cara untuk membuat bolongan pada Primary Driven Gear dan Boss Clutch?
“Untuk membuat bolongan pada Primary Driven Gear(rumah kopling) dan Boss Clutch itu tidak sembarangan. Pertama membuat bolongan jangan terlalu besar, hanya berukuran 10 mm. setelah itu membuat bolongan Primary Driven Gear dilakukan secara selang seling. Dan untuk membuat bolongan pada Boss Clutch ini dilakukan dalam bentuk zig-zag. Hal ini dapat mengurangi cepat habisnya kampas kopling Jupiter Mx namun tidak menghilangkan gejala mudah slipnya kopling di motor MX.
Nah jika sobat ingin mengganti kampas kopling motor MX, penulis sudah mempersiapkan tutorialnya dibawah ini. Ok sob langsung aja ya….

Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar


1. Buang Oli Mesin 
Hal yang perlu sobat lakukan adalah buang dulu oli mesinya suapaya tidak tumpah ketka membuka bak koplingnya
2. Buka baut pijakan kaki / step

Setelah oli mesin terbuang, sobat bisa membuka baut step menggunakan kunci 14, lebih baik menggunakan kunci ring supaya baut step tidak rusak. Untuk baut stepnya sendiri ada 4 baut ya.
3. Buka baut Kickstarter / Selahan
Setelah baut step terlepas, sobat bisa langsung membuka baut selahan supaya tidak menghalangi ketika sobat mau melepaskan bak kopling.

4. Buka baut blok mesin / bak kopling
Untuk membuka baut bak kopling, sobat harus menggunakan kunci t8 supaya memudahkan saat membukanya dan untuk baut blok sendiri terdapat 10 baud. Setelah baut terlepas sobat bisa mengeluarkan blok secara perlahan namun jika diarasa keras, sobat bisa menggentok nya dengan palu karet. Namun perlu hati-hati saat pemasanganya karena ukuran panjang baut nya berbeda-beda, so harus diingat ya sob jangan sampai tertukar.

5. Lepaskan baut penutup per kopling
Setelah bak kopling terlepas, sobat bisa langsung membuka baut pengunci per kopling. Untuk membukanya sobat bisa menggunakan kunci T10 agar memudahkan saat melepasnya. Namun perlu ketelitian saat melepasnya sebab penutupnya bisa mental karena memang di dalamnya ada pernya. Setelah per koplingnya lepas, sobat bisa mengecek kulaitas pernya, masih bagus apa tidak. Jika sudah tidak ngeper atau pantulanya lemah sobat wajib menggantinya agar hentakan motornya lebih responsif.

6. Lepas dan pasang kampas kopling
Setelah semuanya terlepas, sobat bisa melepaskan kampas kopling bekas dan menggantinya dengan kampas kopling baru. Untuk urutan pemasangan kampas kopling, pertama, pasang kampas kopling lalu plat kopling lalu pasang kampas kopling sampai semuanya selesai. Namun jika plat kopling sudah tipis sebaiknya sobat menggantinya supaya hasilnya lebih maksimal.
Untuk memasangnya kembali kopling Jupiter Mx, sobat bisa mengikuti tutorial diatas namun harus hati-hati ya sob suapaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak lupa juga penulis bilangin, jangan lupa pasang oli mesin nya kembali namun penulis menyarankan menggunakan oli baru dan harus sesuai takaran oli yang dianjurkan Yamaha.
Mungkin artikel tentang Cara Mengganti Kampas Kopling dan Cara Memperbaiki Kopling Jupiter Mx Dengan Benar cukup sampai disini ya sob dan mudah-mudahan artikel yang penulis sampaikan kali ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi insfirasi ketika sobat ingin membongkarnya dirumah. Jangan lupa juga baca artikel lainya seperti Tanda- Tanda Gejala Motor Harus Turun Mesin dan baca juga artikel tentang Tips dan Cara Mengatasi Knalpot Racing Nembak.
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-mengganti-kampas-kopling-dan-cara-memperbaiki-kopling-jupiter-mx-dengan-benar/
  


3. Mengganti Per Kopling Supra X 125, Biar Tarikannya Lebih Nyentak

Foto: Astra Honda Motor Foto: Astra Honda Motor
Jakarta - Hallo detikOto, motor saya Honda Supra X tahun 2011. Saya mau ganti per kopling yang lebih keras agar lebih nyentak tarikannya.

Yang ingin saya tanyakan adalah apakah koling yang baru lebih baik menggunakan per kopling racing atau per kopling dari jenis motor Honda yang berbeda. Lalu apa dampak negatifnya terhadap motor?

Terima kasih

Hasbid

Jawaban

Selamat siang bro Hasbid
Salam detikoto, untuk mendapatkan tarikan yang lebih responsif bisa menggunakan per kopling racing yang dijual di aftermarket Bro. Kalau substitusi dari motor Honda yang lebih keras enggak ada.

Untuk efek negatif kalau kanvas kopling tetap pakai yang standar kemungkinan akan lebih cepat keausannya, jadi disarankan juga ganti kampas koplingnya.

Kemudian kalau kopling tidak diubah ke manual tentu pengoperasian transmisi menjadi agak lebih keras dari biasanya.

Saran saya dicoba dulu setengah pakai per kopling racing, setengahnya pakai originalnya, supaya tidak terlalu keras oper persnelingnya.

Demikian, terima kasih.

Salam
Andriyanto-Bintang Motor
sumber: https://oto.detik.com/andriyanto/d-3366115/mengganti-per-kopling-supra-x-125-biar-tarikannya-lebih-nyentak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar