1. Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat

otoplanet – Kendaraan roda dua sudah menjadi hal yang umum untuk saat ini tidak seperti jaman dahulu jarang sekali yang memilikinya. Namun hal ini tidak terlepas dari kesibukan pemiliknya sehingga perawatan m otor menjadi terbengkalai. Sehingga masalah-masalah kerusakan pun menjadi hal yang sering terjadi. Untuk itu penulis akan membahas artikel tentang Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat dan untuk itu simak artikel ini sampai tuntas ya sob.
Untuk merawat motor yang baik tidak selalu harus berurusan dengan bengkel atau tempat service namun bisa dilakukan sendiri dirumah. So, tidak ada alasan untuk tidak merawatnya, banyak hal yang perlu sobat perhatikan agar motor yang sobat gunakan selalu sehat dan prima untuk menemani aktifitas sehari-hari. Untuk itu penulis merangkumnya dibawah ini ya sob……
Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
1. Mencuci Motor
Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mencuci motor, hal ini sangat penting sekali untuk menjaga agar rangka motor tidak berkarat apalagi jika kena hujan sebaiknya sobat mencucinya sebab jika menunggu hari esok takutnya kotoran tanah menempel dan tidak mau dibersihakan. Tidak lupa juga, sobat wajib membersihkan as shock depan dan belakang supaya tidak ada kerikil menempel. Jika hal ini terjadi akan berakibat asnya luka atau baret sehingga oli shock menjadi bocor.
2. Ganti Oli

3. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

4. Service Karburator

5. Saringan Karburator


7. Tangki Bahan Bakar

8. Aki / Accu
9. Minyak Rem

10. Kondisi Ban dan Tekanan Angin

Seperti yang penulis tulis diatas, hal-hal itu sangat mempengaruhi sekali untuk kesehatan motor. Untuk itu sobat wajib melakukannya supaya kondisi motor tetap prima dan mampu menemani aktivitas sobat sehari-hari. Nah ok sob mungkin itu sedikit artikel tentang Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat dan semoga artikel ini bermanfaat ya sob.
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-mudah-merawat-motor-agar-tetap-prima-dan-sehat/
2. Tips dan Trik Cara Merawat Motor Matic Dengan Mudah
- Service karburator adalah hal wajib untuk kendaraan roda dua, biasanya karburator mudah sekali kotor apalagi bila jarang sekali ganti filter udara.
- Filter udara sangat penting sekali untuk menjaga udara yang masuk ke ruang pembakaran, karena kebanyakan orang suka menyepelekan hal satu ini, padahal ini bisa menyebabkan kerusakan lebih parah dan memerlukan biaya cukup besar.
- Klep juga perlu diperhatikan juga ya sob, karena lama kelamaan klep suka renggang atau kendor. Biasanya tanda-tandanya bisa terdengar dari bunyi mesin menjadi kasar atau mengeluarkan suara crek-crek, nah bila kedengeran suara mesin seperti itu mintalah bengkel untuk menyeting ulang.
- Karena motor matic tidak menggunakan rantai tapi menggunakan vanbalt, sebaiknya periksalah secara berkala karena lama kelamaan venbalt suka retak atau getas. Ngeri kan kalau tiba-tiba dijalan vanbalt putus.
- Kampas ganda juga berperan penting dalam melontarkan power motor, karena sekencang apapun motor namun bila kampas ganda abis ya percuma juga kan. Hal yang sangat terasa bila kampas ganda abis, motor tidak memiliki hentakan atau slip pas motor mau jalan atau pas motor di gentak.
- Loler, nah loler juga berguna terhadap perubahan variable dari variator tentunya akan sangat berpengaruh ke performace yang akan dihasilkan motor matic. Loler juga memiliki gram yang berbeda-beda tergantung trek yang sering dilalui, seperti bila sobat sering melewati jalanan macet bisa menggunakan loler 12 atau 13 gram namun jika sobat membutuhkan top speed bisa menggunakan loler 14gram.
- Perangkat CVT diwajibkan dibersihkan minimal 2 bulan sekali dan diwajibkan di lumasin ulang atau dikasih gemuk, awas ya gemuk nya ada khusus buat CVT. Biasanya gejala yang terdengar, dari bunyi motor atau bersuara critcrit kaya suara tikus pas pertama jalan motor.
- Kampas rem juga wajib diperhatikan sob, apalagi kampas rem yang belakang, sangat mudah sekali kotor sehingga pengereman menjadi tidak maksimal atau menjadi tidak pakem. So, bersihkan kampas rem motor minimal 3 bulan sekali apalagi bila motor sering banget dipergunakan. Sayang sekali rem belakang motor matic belum menggunakan disc break hanya motor matic premium aja yang menggunakannya, seperti Yamaha Nmax dan Honda PCK 150
- Air aki perlu diperhatikan juga sob, biasanya sih motor agak tua masih menggunakan aki basah. Cek secara berkala air aki dan jangan sampai kekeringan karena dapat merusak komponen pada aki dan jangan lupa juga baut aki sebaiknya diberikan gemuk biar tidak berkarat.
- Jangan lupa juga untuk mencucinya, tentunya untuk menjaga rangka tetap bersih dan untuk menjaga agar rangka motor tidak berkarat.

Bila mesin sobat mengalami kerusakan pada bagian mesin tentunya sobat harus mengeluarkan biaya cukup besar. Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Tips dan Trik Cara Merawat Motor Matic Dengan Mudah.
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-merawat-motor-matic/
3. Cara Merawat Motor Dengan Benar

otoplanet – Di zaman sekarang kendaraan roda dua sudah menjadi kendaraan masal, hampir setiap orang memiliki kendaraan tersebut, mungkin alasan sederhana dikarenakan harganya yang terbilang murah dan biaya perawatan nya juga tergolong ramah di kantong. Aplagi di kota-kota besar roda dua menjadi pilihan yang sangat bijak dikarenakan jalanan yang semakin padat sehingga bisa meminimalisir waktu tempuh.
Walapun biaya service yang terjangkau ada baiknya kendaraan sobat di cek secara berkala, untuk meminimalisir biaya service atau penggantian parts yang seharusnya atau belum waktunya untuk diganti. karena banyak sekali faktor terjadinya kerusakan diakibatkan kesalahan atau keteledoran pengguna. Apa aja sih parts yang harus rutin di cek , mari simak sedikit pengalaman dari teman-teman yang pernah mengalami nya.
Parts yang harus rutin dicek
Mengganti Oli – Ini yang sering terjadi akibat kesalahan pengguna kadang menyepelekan waktu penggantian oli padahal jarak tempuh sudah wajib untuk mengganti oli, berapa sih waktu atau jarak yang pas untuk mengganti oli? Pada dasarnya untuk petunjuk pemakaian biasanya 1500/km-4000/km . Untuk jarak tempuh 200-500km sebaiknya anda mengganti oli setiap 1,5 bulan . Apabila jarak yang anda tempuh diatas 500 km per bulannya maka syarat ganti oli yaitu setiap sebulan sekali.Berbeda lagi jika jarak tempuh yang terlalu jauh hingga 200 km / hari sebaiknya anda mengganti oli motor setiap dua minggu sekali atau setiap 1200 km dan untuk motor matic untuk penggantian oli gardan maksimal 2 banding 1. Bila sobat ingin mengganti oli sendiri di rumah sebaiknya dalam kondisi mesin dingin dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal buanglah oli ketika sobat beristirahat di malam hari, biarkan oli yang kotor di dalam mesin menetes sampai pagi hari.

Service Karburator – Nah ini juga tidak kalah penting dengan pengantian oli pada motor sobat. Karburator bisa di ibaratkan jantung pada manusia gak kebayangkan kalau tiba-tiba peredaran darah tersumbat. Nah untuk karburator di motor juga kalau misalkan tersumbat pasokan bahan bakarnya yang ada motor brebet dan lebih patal nya motor tidak bisa hidup.
Jaga kondisi kelistrikan pada kendaraan, seperti control kelayakan batrey/aki, busi, dan jangan merubah perkabelan /(menambah konsumsi daya untuk kebutuhan yang lain seperti membesarkan watt pada lampu, dsb). Jadi biarkanlah kendaraan anda sesuai standard pabrikan saja.
Kampas Rem – Berbicara masalah rem pasti sudah kepikiran dengan masalah keselamatan padahal di balik itu juga ada sesuatu hal yang sangat penting penting, kadang orang suka menyepelekan mengganti kampas rem padahal harganya tidak seberapa dibandingkan mengganti piringan cakram, so periksalah secara rutin kampas rem sobat.
Rantai dan Gear – Pernah mengalami putus rante di jalan? pasti pernah kan? penulis juga pernah mengalaminya ”sakit nya tuh disini”.
Kenapa sih bisa terjadi hal seperti itu dan sebenernya banyak banget faktor yang mengakibatkan hal itu terjadi, seperti kondisi rantai sudah tua, setelan rantai tidak pas atau terlalu kencang dan atau tidak memakai pelumas sehingga rantai menjadi panas, untuk lebih baiknya seringlah mencuci atau membersihkan rantai lalu berikanlah chain lube, penulis sendiri sih memakai minyak sayur alasanya sih lebih mudah untuk dibersihkan.
Bearing – Menurut penulis ini parts yang tidak kalah penting, karena dia mengatur perputaran roda, kebayang kan kalau roda ban berputar tapi bearing nya rusak atau goyang, untuk lebih baiknya bisa diberikan gemuk / grease. So sering-sering lah periksa bearing kendaraan sobat.

Service Besar – Nah ini yang wajib atau harus dilakukan minimal setahun sekali, apa sih sebenernya yang disebut service besar, service besar meliputi, head, noken as, klep/katup blok dan seher+ ring , semua parts dibersihkan dan untuk ring seher semestinya di ganti untuk mejaga masalah yang kerap muncul seperti keluarnya asap dari kenalpot. Umumnya, jika asap putih yang keluar, maka masalahnya adalah ada oli yang bocor ke ruang bakar diakibatkan ring seher melemah atau ada luka di dinding slinder blok. Dan yang gak kalah pentingnya adalah skir klep karena hal ini pun dapat mengakibatkan terjadiany kebocoran kompresi pada motor sobat. Untuk biaya perbaikannya sih tergantung kebijakan bengkel dan parts apa aja yang perlu diganti.
Mungkin itu sedikit tips dan trik yang penulis bisa bagikan ke sobat semuanya, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa feedbacknya untuk kemajuan blog ini. Terimakasih
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-merawat-motor/
4. Membuat Performa Motor Matic Tetap Top Periksa 5 Komponen Ini
Untuk keperluan harian memang tidak perlu melakukan ubahan yang besar atau terlalu ekstrim terhadap mesin, cukup dengan beberapa tindakan kecil agar performa yang dihasilkan lebih optimal saja.
5 komponen yang sangat berperan penting untuk membuat performa motor matic lebih mantap yaitu:
[checklist]
- Busi
- Filter Udara
- CVT
- Oli (Pelumasan)
- Ban
Membuat motor matic tetap stabil dan optimal dengan tips sederhana
1. Busi
Komponen yang satu ini wajib mendapat perhatian khusus karena fungsi utama adalah sebagi pusat penyalaan (pengapian) dari bahan bakar yang sudah di suplai di dalam blok silinder.Jangan tunggu sampai busi mati, idealnya, mengganti busi dilakukan setiap 8 ribu – 10 ribu kilometer agar pengapian tetap prima. Simak juga ulasan tentang masalah busi cepat hitam dan mati.
2. Filter udara
Sesuai dengan namanya, filter adalah penyaring. Komponen ini berperan penting untuk menghasilkan udara murni menjadi muatan segar yaitu campuran bahan bakar dengan udara yang bebas dari debu atau material lainnya.Jika udara yang terhisap kedalam ruang bakar bercampur dengan debu atau kotoran maka sangat beresiko akan mempengaruhi proses pembakaran dan tentunya akan meninggalkan kerak.
Tapi, sebagaimana aturan pabrikan, gantilah filter udara motor matik setiap mencapai jarak tempuh 15.000 kilometer.
3. CVT Unit
Bila pada motor manual menggunakan gear dan rantai sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang, maka motor matik menggandalkan CVT untuk mentransfer tenaga menjadi putaran roda belakang.Kotornya area CVT berpengaruh pada performa motor matik. Biasanya, komponen yang perlu diperhatikan adalah roller, v-belt, dan kampas kopling. Baca juga tentang tanda kerusakan V-belt dan komponen CVT.
4. Oli (pelumasan)
Sudah menjadi kebutuhan pokok pada setiap mesin bermotor agar dapat meredam semua bentuk gesekan menjadi lebih minim serta membuat suhu mesin tetap stabil.Oli mesin untuk motor telah dibedakan menjadi bermacam jenis dan type sesuai dengan fungsi dan zat adiktif pelengkapnya. Simak lebih lengkap pada artikel tentang memilih oli terbaik untuk motor matic.
5. Ban
Ban merupakan komponen yang langsung berhubungan dengan jalan. Kerusakan pada karet bundar ini beragam. Bisa bocor, kurang angin, hingga tapak ban yang sudah gundul.Memilih ban tidak boleh sembarangan karena juga memiliki karakter yang beragam sesuai dengan fungsinya.
sumber: http://maticmotor.com/bikin-performa-tenaga-lebih-top-kencang/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar