Minggu, 09 September 2018

Cara Merawat Motor Agar Tetap Prima




1. Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat


otoplanet – Kendaraan roda dua sudah menjadi hal yang umum untuk saat ini tidak seperti jaman dahulu jarang sekali yang memilikinya. Namun hal ini tidak terlepas dari kesibukan pemiliknya sehingga perawatan m otor menjadi terbengkalai. Sehingga masalah-masalah kerusakan pun menjadi hal yang sering terjadi. Untuk itu penulis akan membahas artikel tentang Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat dan untuk itu simak artikel ini sampai tuntas ya sob.
Untuk merawat motor yang baik tidak selalu harus berurusan dengan bengkel atau tempat service namun bisa dilakukan sendiri dirumah. So, tidak ada alasan untuk tidak merawatnya, banyak hal yang perlu sobat perhatikan agar motor yang sobat gunakan selalu sehat dan prima untuk menemani aktifitas sehari-hari. Untuk itu penulis merangkumnya dibawah ini ya sob……

Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat

1. Mencuci Motor



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mencuci motor, hal ini sangat penting sekali untuk menjaga agar rangka motor tidak berkarat apalagi jika kena hujan sebaiknya sobat mencucinya sebab jika menunggu hari esok takutnya kotoran tanah menempel dan tidak mau dibersihakan. Tidak lupa juga, sobat wajib membersihkan as shock depan dan belakang supaya tidak ada kerikil menempel. Jika hal ini terjadi akan berakibat asnya luka atau baret sehingga oli shock menjadi bocor.

2. Ganti Oli



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
Untuk menjaga kinerje mesin agar tetap prima, sobat wajib mengganti oli setiap satu bulan sekali namun untuk lebih baiknya sobat mengganti setiap 2000km. Untuk menggantinya sobat tidak perlu pergi ke bengkel namun bisa dilakukan di rumah dan untuk memberikan hasil yang maksimal, sobat bisa membuang oli di malam hari lalu biarkan sampai pagi agar oli kotornya benar-benar bersih dari dalam mesin. Namun jangan lupa ya pagi-pagi isi kembali olinya
3. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
Bahan bakar sangat mempengaruhi kesehatan mesin loh sob, karena biasanya bahan bakar premium tidak memiliki oktan cukup tinggi untuk motor dan lebih parahnya lagi banyak menggandung timbal. Nah jika sobat menggunakan bahan bakar yang banyak menggandung timbal tentunya akan mempengaruhi kinerja mesin sebab kerak pada sisa pembakaran akan menumpuk di ruang pembakaran. Jika ini terjadi akan berakibat ruang pembakaran menjadi tidak stabil bahkan akan berakibat klep motor terganjal oleh kotoran sehingga kompresi menjadi hilang.
4. Service Karburator



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
Karburator adalah komponen penting untuk menyalurkan pembakaran ke ruang bakar, untuk itu minimal 3 bulan sekali wajib membersihkannya agar kerja karburator tetap terjaga kualitasnya. Jika tidak dibersihkan dalam jangka waktu cukup lama tentunya akan berakibat pada tenaga motor menjadi tidak stabil karena banyak kotoran menempel pada lubang pilotjet dan mainjet. Untuk membersihkanya bisa dilakukan dirumah ya sob…namun jika tidak memiliki waktu yang cukup, sobat bisa menyemprotkan pembersih karburator. Untuk menyemprotkanya, sobat bisa membuka saringan karburatornya lalu hidupkan motornya setelah itu semprotkan cairan pembersihnya sambil di gas-gas.
5. Saringan Karburator



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
Saringan karburator berpungsi untuk menyaring kotoran yang masuk keruang pembakaran. Namun jika tidak pernah diganti, kotoran akan menumpuk di saringan sehingga udara bersih yang masuk keruang pembakaran menjadi terhambat. Gejala yang dirasakan jika saringan karburator kotor biasanya tenaga motor ngempos, brebet dan lebih parahnya lagi motor akan mati jika di rpm tinggi. Untuk itu sebaiknya rajin membersihakan atau menggantinya, namun biasanya jika motor keluaran terbaru saringannya terbuat dari bahan kertas sehingga tidak dapat dibersihkan sehingga harus menggantinya.
6. Kampas Rem



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
Kampas rem juga jangan sampai terlewatkan, karena pungsi kampas rem ini sangat vital. Jika kampas rem habis tentunya akan merusak piringan cakramnya dan lebih parahnya lagi akan beresiko terhadap keselamatan dalam berkendara. Namun jika kampas remnya masih bagus sobat bisa membersihkannya, supaya kotoran yang menempel tidak merusak lapisan piringan apalagi jika hujan datang kotoran akan mudah sekali menempel pada piston cakram.
7. Tangki Bahan Bakar



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
Mungkin ini hal yang begitu sepele namun jika di biarkan akan berakibat merusak karburator walau ada saringan karburator namun tidak ada salahnya untuk dibersihkan. Di samping itu kadang air masuk ke dalam tangki bahan bakar sehingga lama kelamaan akan menjadikan karat pada tangkinya. Jika hal ini terjadi akan berakibat tangki bahan bakar menjadi bocor. Untuk itu, minimal 6 bulan sekali sobat wajib mengurasnya dan cek juga seal pada tutup tangkinya, jika sudah jelek sebaiknya diganti ya sob biar air tidak masuk ke dalam tangki.
8. Aki / Accu



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
Umur dan kesehatan Accu diukur dari perawatan pemiliknya, kenapa bisa begitu…..? iya berpengaruh banget, sebab jika tidak di jaga dengan baik akan berakibat Accu cepat rusak dan apalagi jika sampai kekeringan hal ini akan merusak kemponen di dalam Accu. Untuk itu ada baiknya sobat rajin mengeceknya agar tidak sampai kehabisan. Namun jika malas merawat atau mengeceknya sobat bisa memilih Accu model kering. Tidak lupa sebaiknya baut Accu diberikan gemuk agar tidak karatan atau korosi.
9. Minyak Rem



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
Biasanya motor keluaran terbaru sudah menggunakan cakram pada roda depan dan belakang namun banyak sekali pemiliknya yang mehiraukan kondisi minya remnya. Padahal jika ini terjadi akan beresiko rem cakramnya menjadi tidak berpungsidan akan membahayakan keselamatan saat berkendara. Memang sih oli cakram jarang sekali habis namun memeriksanya lebih baik daripada berakibat hal buruk terjadi.
10. Kondisi Ban dan Tekanan Angin



Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat
Ban memiliki peran penting dalam kenyaman saat berkendara, sebab jika ban sudah tidak layak untuk digunakan akan berakibat pada kesetabilan motor akan menurun malahan kebanyakan orang merasakan motor serasa goyang bahkan serasa ngebuang. Tidak sampai disitu, jika sobat melakukan pengereman mendadak, ban yang sudah jelek tentunya sudah tidak mampu mencengkram atau menggigit sehingga hal ini akan menimbulkan kecelakan patal. Namun yang bikin bt jika ban jelek, akan berimbas motor sering bocor apalagi jika digunakan saat kondisi jalanan panas. Untuk tekanan angin tidak boleh terlalu kempes dan tidak boleh terlalu keras namun harus di sesuaikan dengan kebutuhan, misalkan jika digunak untuk boncengan ataupun jika gunakan sendiri. Untuk ukuran ideal sebuah ban bisa dilihat disamping ban, karena setiap ban beda-beda tekanan yang dianjurkan pihak pabrik.
Seperti yang penulis tulis diatas, hal-hal itu sangat mempengaruhi sekali untuk kesehatan motor. Untuk itu sobat wajib melakukannya supaya kondisi motor tetap prima dan mampu menemani aktivitas sobat sehari-hari. Nah ok sob mungkin itu sedikit artikel tentang Cara Mudah Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Sehat dan semoga artikel ini bermanfaat ya sob.
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-mudah-merawat-motor-agar-tetap-prima-dan-sehat/

2. Tips dan Trik Cara Merawat Motor Matic Dengan Mudah

  • Service karburator adalah hal wajib untuk kendaraan roda dua, biasanya karburator mudah sekali kotor apalagi bila jarang sekali ganti filter udara.
  • Filter udara sangat penting sekali untuk menjaga udara yang masuk ke ruang pembakaran, karena kebanyakan orang suka menyepelekan hal satu ini, padahal ini bisa menyebabkan kerusakan lebih parah dan memerlukan biaya cukup besar.
  • Klep juga perlu diperhatikan juga ya sob, karena lama kelamaan klep suka renggang atau kendor. Biasanya tanda-tandanya bisa terdengar dari bunyi mesin menjadi kasar atau mengeluarkan suara crek-crek, nah bila kedengeran suara mesin seperti itu mintalah bengkel untuk menyeting ulang.
  • Karena motor matic tidak menggunakan rantai tapi menggunakan vanbalt, sebaiknya periksalah secara berkala karena lama kelamaan venbalt suka retak atau getas. Ngeri kan kalau tiba-tiba dijalan vanbalt putus.
  • Kampas ganda juga berperan penting dalam melontarkan power motor, karena sekencang apapun motor namun bila kampas ganda abis ya percuma juga kan. Hal yang sangat terasa bila kampas ganda abis, motor tidak memiliki hentakan atau slip pas motor mau jalan atau pas motor di gentak.
  • Loler, nah loler juga berguna terhadap perubahan variable dari variator tentunya akan sangat berpengaruh ke performace yang akan dihasilkan motor matic. Loler juga memiliki gram yang berbeda-beda tergantung trek yang sering dilalui, seperti bila sobat sering melewati jalanan macet bisa menggunakan loler 12 atau 13 gram namun jika sobat membutuhkan top speed bisa menggunakan loler 14gram.
  • Perangkat CVT diwajibkan dibersihkan minimal 2 bulan sekali dan diwajibkan di lumasin ulang atau dikasih gemuk, awas ya gemuk nya ada khusus buat CVT. Biasanya gejala yang terdengar, dari bunyi motor atau bersuara critcrit kaya suara tikus pas pertama jalan motor.
  • Kampas rem juga wajib diperhatikan sob, apalagi kampas rem yang belakang, sangat mudah sekali kotor sehingga pengereman menjadi tidak maksimal atau menjadi tidak pakem. So, bersihkan kampas rem motor minimal 3 bulan sekali apalagi bila motor sering banget dipergunakan. Sayang sekali rem belakang motor matic belum menggunakan disc break hanya motor matic premium aja yang menggunakannya, seperti Yamaha Nmax dan Honda PCK 150
  • Air aki perlu diperhatikan juga sob, biasanya sih motor agak tua masih menggunakan aki basah. Cek secara berkala air aki dan jangan sampai kekeringan karena dapat merusak komponen pada aki dan jangan lupa juga baut aki sebaiknya diberikan gemuk biar tidak berkarat.
  • Jangan lupa juga untuk mencucinya, tentunya untuk menjaga rangka tetap bersih dan untuk menjaga agar rangka motor tidak berkarat.


mesin-kanan
Tips dan Trik Cara Merawat Motor Matic Dengan Mudah
Semakin rajin kita menjaga dan merawatnya, bisa dipastikan motor akan tetap prima dan akan selalu siap menemani aktifitas kita sehari-hari. Pokoknya rajin-rajin untuk mengganti oli mesin, jangan sampai oli mesin kehabisan karena sangat berakibat fatal terhadap kelangsungan umur parts mesin sobat.
Bila mesin sobat mengalami kerusakan pada bagian mesin tentunya sobat harus mengeluarkan biaya cukup besar. Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Tips dan Trik Cara Merawat Motor Matic Dengan Mudah.
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-merawat-motor-matic/



3. Cara Merawat Motor Dengan Benar

untitled-1
otoplanet – Di zaman sekarang kendaraan roda dua sudah menjadi kendaraan masal, hampir setiap orang memiliki kendaraan tersebut, mungkin alasan sederhana dikarenakan harganya yang terbilang murah dan biaya perawatan nya juga tergolong ramah di kantong. Aplagi di kota-kota besar roda dua menjadi pilihan yang sangat bijak dikarenakan jalanan yang semakin padat sehingga bisa meminimalisir waktu tempuh.
Walapun biaya service yang terjangkau ada baiknya kendaraan sobat di cek secara berkala, untuk meminimalisir biaya service atau penggantian parts yang seharusnya atau belum waktunya untuk diganti. karena banyak sekali faktor terjadinya kerusakan diakibatkan kesalahan atau keteledoran pengguna. Apa aja sih parts yang harus rutin di cek , mari simak sedikit pengalaman dari teman-teman yang pernah mengalami nya.

Parts yang harus rutin dicek

Mengganti Oli – Ini yang sering terjadi akibat kesalahan pengguna kadang menyepelekan waktu penggantian oli padahal jarak tempuh sudah wajib untuk mengganti oli, berapa sih waktu atau jarak yang pas untuk mengganti oli? Pada dasarnya untuk petunjuk pemakaian biasanya 1500/km-4000/km . Untuk jarak tempuh 200-500km sebaiknya anda mengganti oli setiap 1,5 bulan . Apabila jarak yang anda tempuh diatas 500 km per bulannya maka syarat ganti oli yaitu setiap sebulan sekali.
Berbeda lagi jika jarak tempuh yang terlalu jauh hingga 200 km / hari sebaiknya anda mengganti oli motor setiap dua minggu sekali atau setiap 1200 km dan untuk motor matic untuk penggantian oli gardan maksimal 2 banding 1. Bila sobat ingin mengganti oli sendiri di rumah sebaiknya dalam kondisi mesin dingin dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal buanglah oli ketika sobat beristirahat di malam hari, biarkan oli yang kotor di dalam mesin menetes sampai pagi hari.
20151209_021240
Service Karburator – Nah ini juga tidak kalah penting dengan pengantian oli pada motor sobat. Karburator bisa di ibaratkan jantung pada manusia gak kebayangkan kalau tiba-tiba peredaran darah tersumbat. Nah untuk karburator di motor juga kalau misalkan tersumbat pasokan bahan bakarnya yang ada motor brebet dan lebih patal nya motor tidak bisa hidup.
Untuk motor yang mengunakan ijeksi sih sebenernya tidak sulit karena tidak usah di bersihkan karena hanya sebuah sensor, Pastikan pompa bahan bakar dan filter udara selalu dalam kondisi yang baik, segera ganti apabila sudah kurang layak. Hindari kehabisan bahan bakar, karena dapat menimbulkan kekosongan pada saluran injeksi.
Jaga kondisi kelistrikan pada kendaraan, seperti control kelayakan batrey/aki, busi, dan jangan merubah perkabelan /(menambah konsumsi daya untuk kebutuhan yang lain seperti membesarkan watt pada lampu, dsb). Jadi biarkanlah kendaraan anda sesuai standard pabrikan saja.
Kampas Rem – Berbicara masalah rem pasti sudah kepikiran dengan masalah keselamatan padahal di balik itu juga ada sesuatu hal yang sangat penting penting, kadang orang suka menyepelekan mengganti kampas rem padahal harganya tidak seberapa dibandingkan mengganti piringan cakram, so periksalah secara rutin kampas rem sobat.
Rantai dan Gear – Pernah mengalami putus rante di jalan? pasti pernah kan? penulis juga pernah mengalaminya ”sakit nya tuh disini”.
Kenapa sih bisa terjadi hal seperti itu dan sebenernya banyak banget faktor yang mengakibatkan hal itu terjadi, seperti kondisi rantai sudah tua, setelan rantai tidak pas atau terlalu kencang dan atau tidak memakai pelumas sehingga rantai menjadi panas, untuk lebih baiknya seringlah mencuci atau membersihkan rantai lalu berikanlah chain lube, penulis sendiri sih memakai minyak sayur alasanya sih lebih mudah untuk dibersihkan.
Bearing – Menurut penulis ini parts yang tidak kalah penting, karena dia mengatur perputaran roda, kebayang kan kalau roda ban berputar tapi bearing nya rusak atau goyang, untuk lebih baiknya bisa diberikan gemuk / grease. So sering-sering lah periksa bearing kendaraan sobat.
20151214_182500
Service Besar – Nah ini yang wajib atau harus dilakukan minimal setahun sekali, apa sih sebenernya yang disebut service besar, service besar meliputi, head, noken as, klep/katup blok dan seher+ ring , semua parts dibersihkan dan untuk ring seher semestinya di ganti untuk mejaga masalah yang kerap muncul seperti keluarnya asap dari kenalpot. Umumnya, jika asap putih yang keluar, maka masalahnya adalah ada oli yang bocor ke ruang bakar diakibatkan ring seher melemah atau ada luka di dinding slinder blok. Dan yang gak kalah pentingnya adalah skir klep karena hal ini pun dapat mengakibatkan terjadiany kebocoran kompresi pada motor sobat. Untuk biaya perbaikannya sih tergantung kebijakan bengkel dan parts apa aja yang perlu diganti.
Mungkin itu sedikit tips dan trik yang penulis bisa bagikan ke sobat semuanya, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa feedbacknya untuk kemajuan blog ini. Terimakasih
sumber: https://www.otoplanet.com/cara-merawat-motor/

 

4. Membuat Performa Motor Matic Tetap Top Periksa 5 Komponen Ini

Agar motor matic tetap primaMeningkatkan, menambah atau membikin performa tenaga motor matic lebih kencang maksimal dan tetap stabil memerlukan setting yang tepat dan saling berhubungan diantara beberapa komponen mesinnya.
Untuk keperluan harian memang tidak perlu melakukan ubahan yang besar atau terlalu ekstrim terhadap mesin, cukup dengan beberapa tindakan kecil agar performa yang dihasilkan lebih optimal saja.
5 komponen yang sangat berperan penting untuk membuat performa motor matic lebih mantap yaitu:
[checklist]
  • Busi
  • Filter Udara
  • CVT
  • Oli (Pelumasan)
  • Ban
[/checklist]

Membuat motor matic tetap stabil dan optimal dengan tips sederhana

1. Busi

Komponen yang satu ini wajib mendapat perhatian khusus karena fungsi utama adalah sebagi pusat penyalaan (pengapian) dari bahan bakar yang sudah di suplai di dalam blok silinder.
Jangan tunggu sampai busi mati, idealnya, mengganti busi dilakukan setiap 8 ribu – 10 ribu kilometer agar pengapian tetap prima. Simak juga ulasan tentang masalah busi cepat hitam dan mati.

2. Filter udara

Sesuai dengan namanya, filter adalah penyaring. Komponen ini berperan penting untuk menghasilkan udara murni menjadi muatan segar yaitu campuran bahan bakar dengan udara yang bebas dari debu atau material lainnya.
Jika udara yang terhisap kedalam ruang bakar bercampur dengan debu atau kotoran maka sangat beresiko akan mempengaruhi proses pembakaran dan tentunya akan meninggalkan kerak.
Indonesia dengan iklim tropis tentu saja membuat komponen filter udara pada motor jadi perhatian. Apabila kotor, filter udara bisa dibersihkan menggunakan kompresor.
Tapi, sebagaimana aturan pabrikan, gantilah filter udara motor matik setiap mencapai jarak tempuh 15.000 kilometer.

3. CVT Unit

Bila pada motor manual menggunakan gear dan rantai sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang, maka motor matik menggandalkan CVT untuk mentransfer tenaga menjadi putaran roda belakang.
Kotornya area CVT berpengaruh pada performa motor matik. Biasanya, komponen yang perlu diperhatikan adalah roller, v-belt, dan kampas kopling. Baca juga tentang tanda kerusakan V-belt dan komponen CVT.

4. Oli (pelumasan)

Sudah menjadi kebutuhan pokok pada setiap mesin bermotor agar dapat meredam semua bentuk gesekan menjadi lebih minim serta membuat suhu mesin tetap stabil.
Oli mesin untuk motor telah dibedakan menjadi bermacam jenis dan type sesuai dengan fungsi dan zat adiktif pelengkapnya. Simak lebih lengkap pada artikel tentang memilih oli terbaik untuk motor matic.

5. Ban

Ban merupakan komponen yang langsung berhubungan dengan jalan. Kerusakan pada karet bundar ini beragam. Bisa bocor, kurang angin, hingga tapak ban yang sudah gundul.
Memilih ban tidak boleh sembarangan karena juga memiliki karakter yang beragam sesuai dengan fungsinya.
sumber: http://maticmotor.com/bikin-performa-tenaga-lebih-top-kencang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar